Translate »

12 “Shopping Cities” Tebaik Di Dunia

groupshoppingtour

Source: Seeknewyorktours

Berbelanja mungkin sudah menjadi hobi tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Setiap akhir pekan hampir seluruh Shopping mall terutama di Jakarta penuh dikunjungi. Pengalaman berbelanja terkadang dapat menjadi pengalaman yang buruk bagi seseorang. Seperti jalanan yang macet, antrian yang panjang, parkir yang penuh, dan juga dalam hal keamanan karena penuhnya pusat perbelanjaan. Kadang kita semua memerlukan suasana baru dalam berbelanja yang dapat membuat nyaman.

CNN melakukan penilaian dengan melakukan konsultasi dengan pakar-pakar “shopping” ternama untuk menentukan 12 Kota Berbelanja terbaik di Dunia. Penilaian tersebut dibagi kedalam beberapa kategori seperti dalam sisi transportasi dan akses, sisi harga seperti sale dan promosi lainnya, sisi variasi barang seperti banyaknya brand, kategori dan kuantitas serta sisi pengalaman seperti indahnya kota, window displays, dekorasi, keramahan warga dan pekerja, makanan dan juga akomodasi. Setelah menilai didalam kategori-kategori tersebut dan juga melakukan konsultasi dari para ahli, ini adalah 12 kota berbelanja terbaik di Dunia.

12. Seoul, Korea Selatan

Izzy bday 2012-29

Seoul, Korea Selatan (Source: groovekorea.com)

Akses transportasi = 4 ; Harga = 7 ; Variasi barang = 4 ; Pengalaman berbelanja = 6

Korea Selatan adalah negara yang warganya sangat mencintai “shopping”. Korea Selatan adalah negara yang transaksi kartu kredit-nya paling banyak di antara negara lain pada tahun 2011. Seoul mempunyai banyak tempat berbelanja. Dari beberapa deparment store mewah dengan TV LED besarnya, shopping mall besar yang bertingkat-tingkat sampai tempat belanja pinggir jalan yang trendy. Barang-barang bermerek biasanya dibanderol dengan harga lebih tinggi dari biasanya, Sedangkan barang produksi lokal biasanya lebih murah dan tetap mempunyai kualitas tinggi. Barang-barang tradisional juga banyak ditemui di beberapa pasar Seoul.

11. Milan, Italia

milanShop1

Milan, Italia (Source: Journeyaroundtheglobe.com)

 Akses transportasi = 5 ; Harga = 5 ; Variasi = 4 ; Pengalaman berbelanja : 8

Milan adalah rumah bagi beberapa merk ternama seperti Prada, Dolce & Gabbana dan Versace. Tidak dapat dipungkiri kota ini menjadi salah satu kota belanja terbaik di Dunia dengan merk-merk ternamanya dan juga merk-merk lokal lainnya. Salah satu tempat berbelanja yang banyak dikunjungi terdapat di Quadrilatero della Moda dan juga Quadrilatero d’Oro, yang disebut orang-orang sebagai fashion district yang penting di Dunia. Selain itu milan juga memiliki banyak toko-toko di pinggir jalan seperti toko perhiasan, butik dan juga lifestyle.

10. Madrid, Spanyol

principe-pio-shopping centre

Madrid, Spanyol (Source: gomadrid.com)

Akses Transportasi = 6 ; Harga = 6 ; Variasi = 4 ; Pengalaman berbelanja = 7

Madrid berada diperingkat ketiga untuk harga terbaik barang-barang mahalnya menurut Globe Shopper Index. Selain barang-barang mewah, madrid juga terkenal dengan barang-barang unik dan tradisionalnya. Seperti di toko Capas Sesena yang berdiri pada tahun 1901. Toko tersebut menjual jubah berbulu yang terbuat dari wol dan juga katun untuk pria dan wanita. para pelanggannya termasuk Pierce Brosnan dan juga Hilary Clinton. Kabarnya, Picasso dimakamkan dengan mengenakan mantel buatan toko ini.

9. Dubai, UAE

131114123915-best-shopping-cities-dubai-horizontal-gallery

Dubai, UAE (Source: CNN.com)

 Akses Transportasi= 6 ; Harga = 6; Variasi = 8; Pengalaman Berbelanja = 4

Mall Dubai adalah shopping mal terbesar di dunia dengan wahana permainan, air terjun, air mancur, ice rink dengan size olimpic, aquarium, bazaar, dan juga mall di dalam mall. Selain mall Dubai, terdapat juga Mall of The Emirates yang memiliki Ski Resort dalam ruangan.. Dubai juga selalu mengadakan festival tahunan yang diadakan pada January dan February dengan acaranya yang dihiasi dengan kembang api dan juga diskon barang elektronik, pakaian dan juga barang populer lainnya.

8. Vienna, Austria

Vienna3

Vienna, Austria (Source: Photographyblogger.net)

Akses transportasi = 6 ; Harga = 8 ; Variasi: 3 ; Pengalaman berbelanja: 8 

Menurut Globe Shopper Index, Vienna adalah “Shopping Cities” dengan jam tutup paling cepat di antara kota yang lain. Tetapi, Vienna adalah salah satu shopping cities dengan harga terbaik diantara kota-kota di Eropa lainnya di dalam kategori barang-barang mewah. Jika Anda berkunjung kemari, Anda harus mengunjungi Naschmarkt. Disana, Anda dapat memilih makanan yang ingin Anda santap dari 120 restoran di sepanjang 1.5 kilometer.

7. Buenos Aires, Argentina

abastos en buenos aires

Akses Transportasi = 6; Harga = 8 ; Variasi = 6 ; Pengalama berbelanja = 7

Anda harus pergi ke Buenos Aires jika mencari pakaian kulit yang berkualitas tinggi dengan harga yang tinggi. Seperti di toko Mocasines Guido yang berdiri pada tahun 1952 menjual sepatu-sepatu kulit dengan kualitas tinggi. Anda dapat menemui banyak sekali toko pakaian kulit lainnya di sepanjang jalan dan mall Buenos Aires,

6. Hong Kong

131114125254-best-shopping-cities-hong-kong-horizontal-gallery

Hong Kong (Source: CNN.com)

Akses Transportasi = 10 ; Harga = 5 ; Variasi = 6 ; Pengalaman Berbelanja = 7

Anda akan terus diikuti oleh penjaga kios atau toko jika Anda tidak mau membeli suatu karena mahal. Walaupun mereka terlihat seperti stalker, Anda bisa mendapatkan harga yang relatif murah jika Anda pandai menawar. Akses transportasi yang mudah memberikan Anda kenyamanan untuk pergi ke pusat perbelanjaan. 76% dari turis yang datang ke HongKong menyatakan bahwa mereka sangat puas dengan harga barang yang mereka beli.

5. Paris, Perancis

GALERIES

Paris, France (Source: paris-saint-honore.com)

 Akses transportasi = 6 ; Harga = 6 ; Variasi = 8 ; Pengalaman berbelanja = 9

Butik-butik di Perancis tidak menjual pakaian. Mereka menjual Lifestyle. Butik-butik di Perancis biasanya menjual pakaian yang di rancang oleh para designernya sendiri. Selain butik, toko-toko di sepanjang jalan Perancis juga menjual berbagai macam buku, bunga dan juga cafe dengan makanan yang layak dicoba.

4. Kuala Lumpur, Malaysia

oneutama

Kuala Lumpur, Malaysia (Source: timeoutkl.com)

Akses transportasi = 6 ; Harga = 10 ; Variasi = 8 ; Pengalaman berbelanja = 6

Kuala Lumpur mempunya 3 dari 10 shopping mall terbesar di Dunia. Termasuk 1 Utama, shopping mall terbesar ke-empat di Dunia dengan 650 tokonya, Rock Climbing indoor terbesar di Asia, taman dalam ruangan dengan 500 tanaman unik, dan hutan hujan dengan kolam ikan dan akuariumnya. Kuala Lumpur mempunyai pusat perbelanjaan dengan barang berkualitas tinggi dan harga yang terjangkau.

3. London, England

Oxford_Street_December_2006

London, England (Source: wikimedia.org)

 Akses Transportasi = 6 ; Harga = 6 ; Variasi = 10 ; Pengalaman berbelanja = 9 

London yang termasuk kota termahal di Dunia ini dapat membuat Anda bangkrut saat pergi berbelanja disana. Termasuk harga taxi saat Anda menuju ke tempat berbelanja. Tetapi, menurut Globe Shopper Index, London memiliki jumlah toko yang paling banyak diantara negara Eropa lainnya sehingga kota ini memiliki nilai 10 untuk kategori variasi.

2. Tokyo, Jepang

3053_03

Tokyo, Japan (Source: japan-guide.com)

Akses Transportasi = 8 ; Harga = 8 ; Variasi = 9 ; Pengalaman berbelanja = 9 

Yang paling terkenal diantara tempat berbelanja di Jepang adalah Department Store-nya. Salah satu department store yang terkenal adalah Global Chain Isetan. Dengan 8 gedung yang terpisah sepanjang dua blok, Isetan memiliki pelayan dengan bahasa inggris, chinese dan juga bahasa korea. Selain itu mereka juga mempunyai konsultan yang akan memberikan Anda saran tentang semua produk yang Anda inginkan mulai dari sepatu sampai ikan. Tidak kalah dari itu, Jepang juga memiliki deretan toko makanan yang sangat lezat. Jangan lupa untuk membeli kimono mewah saat pergi ke kota ini.

1. New York, USA

nyc_timessquare

New York, USA (Source: exploringmonkey.com_

Akses Transportasi = 8 ; Harga = 7 ; Variasi = 10 ; Pengalaman berbelanja = 10 

Di kota mana lagi Anda dapat melihat anak balita berlari dengan sepatu balet Tory Burch? “New York memiliki variasi barang yang banyak dengan gaya yang berbeda untuk para turis berbelanja” Kata fashion editor dari New York Stella Lee. Stella merekomendasikan para turis untuk mengunjungi Rare Vintage yang memiliki variasi pakaian desainer seperti Galanos, Dior, Givenchy, Ungaro, Pierre Cardin dan lain-lain.

Nah, itulah 12 “shopping cities” terbaik di dunia versi CNN. Mungkin ulasan blog ini dapat membantu Anda untuk memilih kota mana yang akan Anda kunjungi pada liburan Lebaran ataupun Natal nanti. Oh iya, jangan lupa oleh-olehnya ya!!

Source: cnn.com

About the author /


10 Comments

  1. Jackson

    Masa Singapore gak masuk ya? padahal kan malnya ada dimana-mana?

    • DrZeus

      Mungkin dari segi kemewahan, suasana berbelanja dan variasi Singapore kurang bagus gan. jadi gak masuk. Malay mungkin masuk gr2 malnya gede2. wkwkwk.

      • Dani

        ahh sotoy lo Zeus, Singapore tempat belanjanya lebih banyak dmana-mana..
        penelitian dari mana tuh komentar lo? mabok

        • DrZeus

          Yeh Ane udah ke Singapore 158 x gan. wkwkwk.. tempat belanjanya sih dimana2 tp variasi barangnya gt2 doank, malnya gk mewah2 sm suasananya gk terlalu enak. gak lita nama ane Dr? saya professor gan gak kaya ente penyanyi. wkwkwk. piss :)

  2. Robin

    Ide bagus nih buat liburan lebaran :)

  3. Babe88

    Ini mungkin perlu dijelasin shoppingnya barang-barang high end atau barang-barang yang biasa2. Kalo kayak HongKong kan campur semua, tapi kalo belanja apa aja ada mungkin di China lebih banyak. Boleh lebih dijelasin lagi.

    • ivan reinnaldi

      Ini berdasarkan variasi barangnya dinilainya bro babe88. Jadi dilihat dari campuran barang high end dan biasa. Semakin banyak variasinya semakin tinggi nilai di kategori variasi. Tetapi variasi banyak tidak membuat masuk ke 12 besar. Surveynya menilai dari semua sisi seperti akses ke tempat belanja, pengalaman berbelanja, keindahan tempat perbelanjaan, keramahan warga dan penjual, harga dan seringnya promosi dll. Jadi nilai tersebut dijumlahkan, di total dan diurutkan siapa yang paling tinggi. Untuk jenis barang seperti yang sudah ditulis di atas Madrid dan Paris lebih banyak menjual produk2 desainer yang kualitasnnya tinggi. Sedangkan kota seperti Seoul lebih menjual produk2 dalam lokal. Menurut penilaian sumber, kota-kota dengan nilai variasi tinggi seperti London, New York dan Tokyo itu lebih menjual variasi barang. begitu bro babe88 kira2. semoga membantu. :)

  4. Gozali

    Wih, nyantai donk isi commentnya.. Ane sih belanja di Indo aja, barangnya murah2 kualitas oke. keluar negri berat di ongkos gan.

  5. biantara

    mnurut saya ini sangat tidak akurat tentang malaysia.
    di banding malaysia saya lebih memilih LA MOSCOW ROME.
    terima kasih.
    salam sejahtera no2.

    • Chairul

      Saya setuju sama bro Biantara. Malaysia emang kayaknya agak kurang ya.. Moscow blanjanya banyak gt bro? kalo LA sama Rome gw agree deh. Tp itungan nilai tuker dollar sama euro lg mahal bos.

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440