Translate »

48 Jam Antara Beijing Dan Moskow

Ibukota Tiongkok, Beijing dan ibukota Russia, Moskow memiliki jarak antar kota yang cukup jauh untuk ditempuh.

Pics: http://www.thetranssiberiantravelcompany.com

Dengan penghitunggan yang diberikan dari travelmath, Perjalanan dari kota Beijing menuju Moskow akan menempuh jarak 5,806 km (7 jam 43 menit) dengan menggunakan pesawat terbang serta jarak 7,236 km (86 jam 6 menit) dengan mengendarai mobil. Jarak yang cukup jauh tersebut rencananya akan dipangkas dengan perjalanan menggunakan sarana kereta api hingga waktu 48 jam saja.

Pics: http://d.ibtimes.co.uk

Kereta api yang digunakan tentu saja akan berkecepatan tinggi dan dinamakan Eurasia. Rencana kerjasama pembangunan jalur kereta lintas negara ini merupakan hasil kesepakatan kedua negara seperti sebelumnya telah dibahas dalam pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang pada Oktober 2014 silam.

Proyek ambisius ini juga merupakan kelanjutan dari rencana lain yang sudah dijalin tiongkok dengan Amerika Serikat dan Kanada untuk pembangunan terowongan bawah laut yang nantinya akan melalui samudera Pasifik. Infrastruktur pembangunan rel Beijing-Moskow sendiri diperkirakan akan rampung dalam waktu lima tahun jika tidak terkendala masalah dana yang konon bisa mencapai USD 230 Milyar atau sekitar 2,915 Triliun Rupiah.

Pengerjaannya sendiri direncanakan akan dilakukan oleh BUMN asal Tiongkok, China Railway dan bekerja sama dengan perusahaan asal Russia, Uralvagonzavod.

Pics: http://www.beijingabode.com

Proyek ini tentu saja akan menjadi rekor baru dari segi panjang lintasan yaitu tiga kali lebih panjang dari kereta super cepat yang menghubungkan kota Beijing dengan Guangzhou yang saat ini masih memegang rekor lintasan kereta terpanjang di dunia. Proyek tersebut juga akan memangkas waktu tempuh antara kedua kota sedari sebelumnya yaitu tujuh hari menggunakan kereta api Trans-Siberia.

Kereta tersebut juga nantinya bisa digunakan untuk pengangkutan barang misalnya pengangkutan mobil dengan pabrik yang terletak di tiongkok untuk diantarkan masuk ke benua Eropa.

Source: Kompas

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , , ,

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus