Translate »

5 Hal Yang Seharusnya Tidak Anda lakukan Setelah Makan Kenyang

Rasa kenyang yang timbul setelah Anda makan yang banyak biasanya membuat Anda akan merasa ngantuk dan ingin tidur setelah Anda makan. Tapi apakah Anda tahu tidur setelah makan kenyang bisa memberikan efek negatif untuk Anda?

Untuk Anda yang mempunyai toleransi tinggi atau bisa dibilang Anda memang doyan makan sehingga terjadi kegemukan bisa lebih berbahaya lagi. Sehingga Anda bisa bebas melakukan apasaja setelah makan banyak tanpa mengetahui efek-efek negatif dari hal yang Anda lakukan setelah Anda makan banyak.

Padahal setelah makan, Anda harus memikirkan juga agar makanan bisa terserap and tercerna secara sempurna. Oleh karena itu Anda harus mengetahui 5 kegiatan ini yang sebaiknya tidak Anda lakukan setelah Anda makan:

1. Tidur 

Pics: http://www.pidipedia.com/

Tidur setelah makan akan membuat perut Anda bekerja sepanjang malam sehingga bisa menyebabkan perut tak nyaman, kembung, hingga pola tidur yang tak teratur. Studi di Universitas Ioannina Medical School menyebutkan orang yang menunggu beberapa jam setelah makan sebelum tidur lebih rendah kemungkinan menderita stroke.

2. Merokok 

Pics: http://cdn2.tstatic.net/

Merokok adalah hal yang paling umum orang lain lakukan di ruang publik setelah makan. Coba Anda pergi ke tempat makan outdoor, pasti ada orang yang kebanyakan bapak-bapak setelah makan langsung menyalakan rokoknya. Padahal, nikotin di rokok mengikat kelebihan oksigen yang dibutuhkan untuk pencernaan. Ini menyebabkan tubuh menyerap lebih banyak karsinogen dari kondisi normal.

Menurut studi, merokok setelah makan setara dengan menghisap 10 rokok sekaligus. Hal ini juga meningkatkan resiko kanker usus dan paru-paru.

3. Mandi 

Pics: http://www.cintamela.com/

Mengapa mandi menjadi salah satu yang sebaiknya Anda hindari setelah Anda makan? Karena saat mandi, tubuh meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh serta menurunkan pasokan aliran darah ke bagian perut. Tentu hal ini akan melemahkan sistem pencernaan dan menyebabkan bekerja tidak efisien sehingga dapat membuat sakit perut.

4. Makan buah 

Pics: http://gendies.com/

Inilah yang paling sering tertukar oleh masyarakat sekitar bahwa sebaiknya makan buahn setelah makan. Ini adalah hal yang salah.

Sebaliknya, bahwa sebaiknya makan buah tidak setelah makan tetapi sebelum makan dan beberapa jam setelah makan buah. Karena makan buah saat perut kosong karena buah butuh enzim berbeda untuk dicerna. Gula sederhana di buah pun butuh waktu untuk diserap sepenuhnya untuk tubuh.

Dengan tidak ada apapun di perut Anda, manfaat semua nutrisi, serat, dan gula sederhana di buah dapat diserap.

Tapi jika dimakan setelah makan, buah akan tetap di perut dalam waktu lama dan membusuk dalam usus menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, sendawa, dan ketidaknyamaan lainnya.

5. Minum Teh 

Pics:http://kemanaajaboleeh.com/

Minum teh setelah makan mengganggu penyerapan zat besi. Asam tannic di dalam the mengikat protein dan zat besi pada makanan mencegah tubuh menyerap manfaat saat mencernanya.

Hasilnya, penyerapan zat besi turun 87%. Rendahnya penyerapan zat besi dapat picu anemia, kekurangan sel darah merah di darah, yang dapat menyebabkan kelelahan ekstrim, kulit pucat, dada nyeri, pusing, tangan dan kaki dingin, serta kurangnya nafsu makan.

Semoga info ini membantu Anda untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Source: detik.com

 

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus