Translate »

5 Hal Yang Seharusnya Tidak Anda lakukan Setelah Makan Kenyang

Rasa kenyang yang timbul setelah Anda makan yang banyak biasanya membuat Anda akan merasa ngantuk dan ingin tidur setelah Anda makan. Tapi apakah Anda tahu tidur setelah makan kenyang bisa memberikan efek negatif untuk Anda?

Untuk Anda yang mempunyai toleransi tinggi atau bisa dibilang Anda memang doyan makan sehingga terjadi kegemukan bisa lebih berbahaya lagi. Sehingga Anda bisa bebas melakukan apasaja setelah makan banyak tanpa mengetahui efek-efek negatif dari hal yang Anda lakukan setelah Anda makan banyak.

Padahal setelah makan, Anda harus memikirkan juga agar makanan bisa terserap and tercerna secara sempurna. Oleh karena itu Anda harus mengetahui 5 kegiatan ini yang sebaiknya tidak Anda lakukan setelah Anda makan:

1. Tidur 

Pics: http://www.pidipedia.com/

Tidur setelah makan akan membuat perut Anda bekerja sepanjang malam sehingga bisa menyebabkan perut tak nyaman, kembung, hingga pola tidur yang tak teratur. Studi di Universitas Ioannina Medical School menyebutkan orang yang menunggu beberapa jam setelah makan sebelum tidur lebih rendah kemungkinan menderita stroke.

2. Merokok 

Pics: http://cdn2.tstatic.net/

Merokok adalah hal yang paling umum orang lain lakukan di ruang publik setelah makan. Coba Anda pergi ke tempat makan outdoor, pasti ada orang yang kebanyakan bapak-bapak setelah makan langsung menyalakan rokoknya. Padahal, nikotin di rokok mengikat kelebihan oksigen yang dibutuhkan untuk pencernaan. Ini menyebabkan tubuh menyerap lebih banyak karsinogen dari kondisi normal.

Menurut studi, merokok setelah makan setara dengan menghisap 10 rokok sekaligus. Hal ini juga meningkatkan resiko kanker usus dan paru-paru.

3. Mandi 

Pics: http://www.cintamela.com/

Mengapa mandi menjadi salah satu yang sebaiknya Anda hindari setelah Anda makan? Karena saat mandi, tubuh meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh serta menurunkan pasokan aliran darah ke bagian perut. Tentu hal ini akan melemahkan sistem pencernaan dan menyebabkan bekerja tidak efisien sehingga dapat membuat sakit perut.

4. Makan buah 

Pics: http://gendies.com/

Inilah yang paling sering tertukar oleh masyarakat sekitar bahwa sebaiknya makan buahn setelah makan. Ini adalah hal yang salah.

Sebaliknya, bahwa sebaiknya makan buah tidak setelah makan tetapi sebelum makan dan beberapa jam setelah makan buah. Karena makan buah saat perut kosong karena buah butuh enzim berbeda untuk dicerna. Gula sederhana di buah pun butuh waktu untuk diserap sepenuhnya untuk tubuh.

Dengan tidak ada apapun di perut Anda, manfaat semua nutrisi, serat, dan gula sederhana di buah dapat diserap.

Tapi jika dimakan setelah makan, buah akan tetap di perut dalam waktu lama dan membusuk dalam usus menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, sendawa, dan ketidaknyamaan lainnya.

5. Minum Teh 

Pics:http://kemanaajaboleeh.com/

Minum teh setelah makan mengganggu penyerapan zat besi. Asam tannic di dalam the mengikat protein dan zat besi pada makanan mencegah tubuh menyerap manfaat saat mencernanya.

Hasilnya, penyerapan zat besi turun 87%. Rendahnya penyerapan zat besi dapat picu anemia, kekurangan sel darah merah di darah, yang dapat menyebabkan kelelahan ekstrim, kulit pucat, dada nyeri, pusing, tangan dan kaki dingin, serta kurangnya nafsu makan.

Semoga info ini membantu Anda untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Source: detik.com

 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440