Translate »

5 Tips Menghemat Kuota Untuk Ponsel Android

Di zaman teknologi modern saat ini kita seperti tak bisa hidup tanpa kuota dan internet. Terkadang memang internet dibutuhkan untuk memberitahu kabar kepada keluarga ataupun teman, jadi bisa kebayangkan bila disaat genting kita tidak mempunyai kuota untuk mengabari keluarga.

Untuk info tambahan, terkadang kita tidak mengetahui ada beberapa aplikasi yang secara diam-diam menyedot kuota dan tentunya itu sangat menyebalkan.

Selain aktif menghindari konten berukuran besar saat tidak tersambung dengan Wi-Fi, ada beberapa cara lain yang bisa dicoba untuk menghemat jatah kuota. Berikut adalah tipsnya, khusus untuk smartphone Android :

1. Aktifkan Data Saver 

Pics: https://assets.jalantikus.com

Peramban Chrome yang populer dengan fitur penghemat daya yang cukup praktis dan bisa diaktifkan dengan mudah, Data Saver adalah namanya. Jadi Anda cukup membuka Chrome, lalu pergi ke menu Settings> Data Saver.

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa menghemat data hingga 50%.

2. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan 

Pics: https://assets.jalantikus.com

Opsi sinkronisasi bisa menjadi salah satu faktor terus berkurangnya kuota internet Anda tanpa sepengetahuan Anda. Jadi caranya Anda harus menon-aktifkan sinkronisasi akun Anda dengan aplikasi yang memiliki opsi sinkronisasi tersebut. Pilih aplikasi sinkronisasi yang menurut Anda penting saja.

Caranya dngan masuk menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu.

3. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya 

Pics: https://assets.jalantikus.com

Untuk melakukan ini, Anda harus paham tentang fitur data usage warning dan limit system. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan Anda peringatan saat pemakaian data Anda sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya Anda bisa mausk ke Settings > Data Usage > Celular Data > Set Cellular Data Limit.

4. Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan Wi-Fi 

Pics: https://assets.jalantikus.com

Jika Anda menggunakan aplikasi Google Play Store, maka smartphone Anda akan meng-update secara otomatis seluruh aplikasi yang terinstal di perangkat. Beberapa Update akan membutuhkan banyak kuota, dan itu bisa menguras kuota Anda. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi Only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya hanya pada saat smartphone Anda  terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya Anda bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

5. Batasi penggunaan data di Background (Restrict Background Data) 

Pics: https://assets.jalantikus.com

Anda juga dapat memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya Anda bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > Ok. Dengan cara ini Anda akan bisa menghemat kuota Anda, namun kekurangannya adalah notifikasi Anda akan sedikit terlambat datang.

Semoga informasi ini membantu dalam menghemat kuota Anda.

Source: jalantikus.com

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus