Translate »

8 Masalah Pada Smartphone Samsung dan Cara Mengatasinya.

sumber: www.chinatimes.nl

Boleh dibilang, Samsung adalah vendor smartphone global terbesar saat ini. Setiap tahun, smartphone andalannya selalu dinantikan oleh para pencinta gadget dimanapun. Hal tersebut dikarenakan Samsung yang mampu memenuhi kebutuhan smartphone di berbagai kalangan dengan banyaknya varian smartphone yang dihadirkannya.

Namun sayangnya, dengan semakin besarnya dan banyaknya varian smartphone yang diproduksi oleh pabrikan asal Korea Selatan ini, semakin banak pula masalah yang dikeluhkan oleh para penggunanya.

Para pengguna mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa Samsung menggunakan beberapa jenis chipset yang berbeda-beda untuk smartphonenya. Selain itu, spesifikasi dapur pacu yang dibawa pun jelas menyesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Dan hasilnya, masalah yang munculpun berbeda-beda.

Dari kesemua masalah tersebut, mungkin ada beberapa yang paling sering ditemui bagi pengguna smartphone Samsung. Berikut adalah 8 masalah yang paling sering terjadi pada smartphone Samsung dan tips untuk mengatasinya:

Sering Restart

sumber: thedroidguy.com

Salah satu masalah yang terjadi pada smartphone Samsung dengan jenis low-end adalah seringnya smarphone restart dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan smartphone tersebut hanya dibekali dengan memori internal 4GB. Karena memori yang terbatas itu, tentu akan membuat smarpthone menjadi lemot dan berujung pada seringnya terjadi restart jika dipaksakan meng-install banyak aplikasi atau menyalakannya secara bersamaan.

Lalu apakah solusinya? Solusinya adalah dengan melakukan Factory Reset. Caranya dengan masuk Settings –  backup and reset – Factory data reset – Reset Device – Erase everything. Setelah semua data kamu hilangkan dan settingan smartphone menjadi seperti baru, install aplikasi yang dibutuhkan saja, dan hindari meng-install aplikasi yang memakan memori besar.

Layar Dead-Pixel

sumber: cdn-images.xda-developers.com

Para pengguna Samsung Galaxy Note 4 banyak yang mengeluhkan tentang kasus Dead-Pixel. Dead-Pixel atau sering juga disebut dengan dot adalah masalah cacatnya fisik pada layar LCD smartphone sehingga ada munculnya titik-titik pada layar.

Untuk mengecek apakah smartphone Anda terkena Dead-Pixel atau tidak, silahkan gunakan aplikasi Dead Pixel Test. Jika terkena, segera bawa ke service center Samsung untuk melakukan klaim garansi.

Boros Baterai

sumber: i-cdn.phonearena.com

Kebanyakan smartphone keluaran Samsung dibekali dengan kapasitas baterai yang terbilang kecil dibandingkan dengan vendor lain. Ditambah denangan penggunaan TouchWiz UI yang kaya fitur dan banyak bloatware (aplikasi bawaan), tak heran jika banyak pengguna mengeluhkan baterai smartphone Samsung yang boros.

Solusinya sebenarnya cukup mudah. Hapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai, atau membuatnya jadi menjadi disable dengan masuk ke menu Settings – Application, lalu pilih aplikasi yang ingin dinon-aktifkan.

Lemot

sumber: cdn.thedroidguy.com

Selain pada model smartphone low-endnya, gejala lemot juga kerap menyambangi pengguna smartphone flagship Samsung. Jika Anda menemukan gejala lemot pada smartphone flagship Samsung, bisa jadi itu karena adanya fitur yang memberatkan. Salah satunya adalah S Voice. Oleh karena itu sebaiknya Anda disable fitur tersebut dengan masuk ke S Voice, lalu disable Open via Home Key.

Kamera Tidak Bisa Dibuka

sumber: innov8tiv.com

Beberapa waktu lalu, tak lama setelah Samsung Galaxy S7 diluncurkan, ada banyak pengguna yang mengeluhkan kamera Samsung tidak bisa dibuka. Saat dibuka, ada keterangan “Warning, Camera Failed”. Solusinya adalah dengan melakukan Clear Cache lewat menu Settings – Application – Application manager, lalu cari Camera dan pilih Clear Cache.

Tombol Volume dan Power Tidak Responsif

sumber: cnet2.cbsistatic.com

Tombol power dan volume adalah hal yang penting pada smartphone dan tablet, jika tidak bisa digunakan maka tentunya akan merepotkan penggunanya. Jika memang kedua tombol ini tidak berfungsi, cobalah untuk lebih dahulu melakukan Factory Reset. Jika masih tidak berhasil, cobalah kunjungi service center terdekat.

Bluetooth Susah Terhubung

sumber: techlife.samsung.com

Bluetooth tentu menjadi sarana berbagai file favorit antar pengguna smartphone ataupun dengan device lainnya. Selain mudah digunakan, penggunannta tentu juga gratis. Bagaimana jika Bluetooth tidak mau terhubung? Solusinya adalah dengan mencoba cek jumlah perangkat yang terhubung dalam jaringan Bluetooth Anda di bagian Settings – Bluetooth. Hapus semua daftar tersebut, lalu restart smartphone.

Wi-fi Susah Terhubung

sumber: www.technobezz.com

Tentu hal ini akan menjadi masalah yang sangat besar. Solusinya mudah yang bisa dicoba adalah dengan melakukan restart pada Smartphone dan Router. Jika ternyata masih tidak bisa terhubung juga, coba lakukan Forget Network dan ulangi lagi proses tersebut. Namun jika masih tetap tidak bisa terhubung juga, silahkan lakukan Factory Reset, dan cek update untuk system operasi.

Demikianlah beberapa masalah yang sering muncul dan menghantui pengguna smartphone Samsung. Jika masalah masih berlanjut terus, ada baiknya untuk dibawa ke service center dan diperiksakan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Source: Dari Berbagai Sumber

Belum memiliki smartphone samsung dan ingin memilikinya? Langsung lihat beragam penawaran menarik disini.

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus