Translate »

Sedikit Mengenal Lebih Dekat Virus Zika

Zika.. siapa yang tindak mengenal kata ini ? Mungkin masih ada beberapa kalangan yang belom mengenalnya. Namun, wabah virus yang satu ini semakin berkembang dan mulai menjadi perhatian para pakar kesehatan dunia.. Sebenarnya apa dan bagaimana virus Zika ini ?? GoSocio akan mencoba mengurainya untuk kita semua..

Virus Zika menyebar ke orang melalui gigitan nyamuk. Gejala yang paling umum dari penyakit virus Zika adalah demam, ruam, nyeri sendi, dan konjungtivitis (mata merah). Penyakit ini biasanya ringan dengan gejala yang berlangsung dari beberapa hari sampai satu minggu. Penyakit yang membutuhkan parah rawat inap jarang. Pada bulan Mei 2015, Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) mengeluarkan peringatan tentang infeksi virus Zika pertama dikonfirmasi di Brasil. Wabah di Brasil menyebabkan laporan sindrom Guillain-Barré dan wanita hamil melahirkan bayi dengan cacat lahir dan hasil kehamilan yang buruk. Sebagai tanggapan, CDC telah mengeluarkan pemberitahuan wisata bagi orang-orang yang bepergian ke daerah dan negara tertentu di mana penularan virus Zika sedang berlangsung.

Pics : berita360.com

Dimana virus Zika ditemukan? Sebelum tahun 2015, wabah virus Zika telah terjadi di daerah Afrika, Asia Tenggara, dan Kepulauan Pasifik. Pada bulan Mei 2015, Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) mengeluarkan peringatan mengenai pertama dikonfirmasi. infeksi virus Zika di Brasil. Saat ini, wabah yang terjadi di banyak negara. Virus Zika akan terus menyebar dan akan sulit untuk menentukan bagaimana virus akan menyebar dari waktu ke waktu. Info terbaru mengatakan Zika terdapat di daratan Amerika Serikat, Virus Zika menular telah dilaporkan oleh Commonwealth of Puerto Rico, AS Kepulauan Virgin, dan Amerika Samoa. Dengan wabah baru ini, jumlah yang antara wisatawan mengunjungi atau kembali ke Amerika Serikat kemungkinan akan meningkat dan diperkirakan dapat mengakibatkan penyebaran virus ini di beberapa wilayah di Amerika Serikat lainnya.

Pics : cdn0.vox-cdn.com

Virus Zika ditularkan kepada orang-orang terutama melalui gigitan nyamuk spesies Aedes (A. aegypti dan A. albopictus). Ini adalah nyamuk yang sama yang tersebar berdarah dan chikungunya. Nyamuk ini biasanya bertelur di dekat air seperti ember, mangkuk, pot bunga dan vas. Mereka lebih memilih untuk menggigit orang, dan hidup di dalam ruangan dan di luar ruangan dekat orang. Nyamuk yang menyebarkan Chikungunya, Demam berdarah, dan Zika agresif di siang hari. Mereka juga bisa menggigit di malam hari. Nyamuk ini pun akan menjadi terinfeksi ketika mereka mengigit orang yang sudah terinfeksi virus. Nyamuk yang terinfeksi kemudian dapat menyebarkan virus ke orang lain melalui gigitan. Seorang ibu yang sudah terinfeksi Virus Zika waktu persalinan dapat menularkan virus ke bayinya, tapi ini belum bisa dibuktikan dengan pasti. Ada kemungkin bahwa virus Zika dapat ditularkan dari ibu kepada bayinya selama kehamilan. Hal ini sedang mempelajari bagaimana beberapa ibu dapat menularkan virus ini kepada bayi mereka. Sampai saat ini, belum ada laporan yang mengatakan Virus Zika menular melalui ASI. Karena manfaat dari menyusui, ibu dianjurkan untuk menyusui bahkan di daerah di mana Virus Zika ditemukan. Namun, Penyebaran virus melalui transfusi darah dan hubungan seksual telah dilaporkan.

Pics : ichef.bbci.co.uk

Sekitar 1 dari 5 orang yang terinfeksi virus Zika menjadi sakit (yaitu, mengembangkan Zika). Gejala yang paling umum dari Zika adalah demam, ruam, nyeri sendi, atau konjungtivitis (mata merah). Gejala umum lainnya termasuk sakit otot dan sakit kepala. Masa inkubasi (waktu dari paparan gejala) untuk penyakit Virus Zika belom diketahui, tetapi kemungkinan menjadi beberapa hari sampai seminggu. Penyakit ini biasanya ringan gejalanya selama beberapa hari sampai satu minggu. Orang biasanya tidak merasa cukup sakit untuk pergi ke rumah sakit, dan mereka sangat jarang menyadarinya. Virus Zika biasanya tetap dalam darah dari orang yang terinfeksi selama sekitar satu minggu. Tidak ada vaksin untuk mencegah atau obat khusus untuk mengobati infeksi Zika. Cara sederhana untuk mengobati gejalanya adalah: Istirahat, minum cairan untuk mencegah dehidrasi, Minum obat seperti acetaminophen (Tylenol ®) untuk meringankan demam dan nyeri, Jangan minum aspirin dan obat non-steroid anti-inflamasi lainnya, Jika Anda minum obat untuk kondisi medis lain, berbicara dengan dokter Anda sebelum mengambil tindakan selanjutnya.

Pics : media.myfoxmemphiscom.cmgdigital.com

Ketika bepergian ke negara-negara di mana Virus Zika atau virus lainnya disebarkan oleh nyamuk yang ditemukan, lakukan langkah berikut: Kenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang. Tinggal di tempat-tempat dengan AC atau yang menggunakan jendela dan layar pintu untuk menjaga nyamuk di luar. Tidur di bawah kelambu jika Anda berada di luar negeri atau di luar dan tidak mampu melindungi diri dari gigitan nyamuk. Gunakan Environmental Protection Agency (EPA) -registered penolak serangga. Gunakan penolak serangga EPA yang  terdaftar terbukti aman dan efektif, bahkan untuk wanita hamil dan menyusui. Namun selalu ikuti petunjuk label produk. Jangan menyemprotkan obat nyamuk pada kulit di bawah pakaian. Jika Anda juga menggunakan tabir surya, gunakan sebelum memakai obat nyamuk. Jika Anda memiliki bayi atau anak: Jangan menggunakan obat nyamuk pada bayi kurang dari 2 bulan.

Sekian ulasan GoSocio mengenai Virus Zika. Semoga bermanfaat. Nantikan ulasan yang lainnya ya..

Source: Dari Berbagai Sumber

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus