Translate »

Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Di era kemajuan teknologi yang sudah sangat maju ini, penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari seperti sudah tidak dapat terpisahkan lagi. Sangat banyak orang di segala usia yang menghabiskan waktunya baik di depan layar televisi maupun ponsel.

Tidak mengherankan juga apabila seseorang memiliki ponsel lebih dari satu, belum lagi ditambah dengan perangkat laptop, komputer tablet dan inovasi lainnya. Untuk Anda dengan keperluan yang sangat padat, hal tersebut mungkinlah bisa dimengerti namun tidak demikian bila yang aktif dengan hal tersebut adalah anak-anak.

Pics: https://2.bp.blogspot.com

Memainkan gadget terlalu lama untuk anak tidaklah baik karena dapat menjadi sebuah kebiasaan buruk. Hal tersebut akan membuatnya menjadi anti sosial dan juga malas bergerak yang dapat berakibat pada kebugaran fisiknya. Ada baiknya membatasi penggunaan gadget untuk anak. Untuk para orang tua, berikut adalah beberapa tips singkat yang mungkin dapat membantu Anda:

1. Menyiapkan jadwal rutin

Pics: http://www.gdnonline.com/

Anak kecil adalah sosok yang mudah mencoba melakukan sesuatu yang baru tanpa mengerti efek bagi diri mereka kedepanya. Sebagai orang tua, Anda harus menyesuaikan proses tersebut dengan menciptakan kebiasaan yang baik dengan tidak mengorbankan edukasi untuknya. Salah satu cara mudah adalah memberinya mainan edukatif yang sesuai dengan usianya. Meski terdengar kuno, namun akan lebih baik untuk membiasakan anak agar tidak tergantung dengan gadget di usia yang masih sangat dini. Seringlah juga mengajak anak bermain di luar rumah.

2. Jangan terlalu fokus dengan kegiatan olahraga

Pics: http://www.zwitsal.co.id/

Jika Anda terlalu memaksa si anak untuk melakukan olahraga, hal ini akan membuat si anak menganggap olahraga sebagai suatu tugas yang membebani mereka. Melakukan kegiatan fisik bukan dengan olahraga saja, tetapi bisa juga dilakukan dengan jalan–jalan santai, bermain di taman anak seperti bermain ayunan serta bermain dengan bola. Melakukan hal yang disenangi tentunya akan membuatnya merasa gembira. Usahakan untuk melakukan kegiatan di luar ruang dengan anak hingga 2–3 kali sehari.

3. Memberinya Pilihan

Pics: http://cdn.klimg.com/

Untuk menarik perhatian si kecil untuk terus bergerak dan tidak bermain gadget, Anda bisa memberikan pilihan ke padanya kegiatan fisik apa saja yang ingin ia lakukan. Belajar hal kreatif dengan si anak misalkan seperti bermain teka–teki, menyusun batu, mencari serangga, ataupun bermain petak umpet dapat mengajarkan anak untuk berpikir kreatif sembari menikmati udara segar.

4. Jangan memberikan iming – iming hadiah


Pics: http://www.ibundacerdas.com/

Seperti sudah diungkapkan sebelumnya, berikan pilihan kepada anak untuk memilih aktivitas apa yang disukai. Bila ia sudah memutuskan, bantu dan berikan motivasi untuknya dan pastikan Anda menuntunnya untuk melakukannya apabila baik dan menghidarinya apabila buruk. Jangan juga memberikan iming-iming hadiah kepada anak karena kedepannya dapat menjadikannya tuntutan dari anak Anda.

5. Jangan memaksa anak dengan waktu tertentu

Pics: https://id.theasianparent.com

Aktivitas fisik yang menyenangkan tentunya akan mengalihkan perhatian anak dari gadget. Namun timing waktu juga sangat penting agar aktivitas fisik tidak menjadi terlalu berat. Misalkan, pagi dan sore hari lebih baik untuk bermain di luar rumah karena udaranya masih cukup sejuk. Dengan mengatur waktu yang tepat, anak akan menjadi lebih nyaman melakukan aktivitas tersebut.

Peranan orang tua dalam memberikan bimbingan yang tepat agar anak tidak kecanduan kepada barang-barang elektronik sangatlah penting. Yakinkan anak agar mau mulai belajar hal-hal yang kreatif serta membuat tumbuh kembangnya menjadi cerdas dan sehat. Pastikan juga kegiatan anak cocok dengan kesehariannya, serta pastinya, jangan lebih dulu berikan gadget kepada anak Anda untuk sekedar membuatnya senang karena akibatnya akan cukup berkepanjangan.

Semoga bermanfaat.

Source: tribunnews.com

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus