Translate »

Aktivitas Seru Yang Membakar Banyak Kalori

Pics: http://thehappinesscoach.biz

Siapa bilang berolahraga untuk membakar banyak kalori harus selalu melelahkan, menyakitkan dan terkadang menyiksa?

Jika Anda adalah seseorang yang mempunyai hobi tertentu, bisa jadi aktivitas dari melakukan hobi tersebut juga bisa membakar banyak kalori.

Berikut adalah beberapa aktivitas yang membakar banyak kalori tetapi tidak ‘menyakitkan’:

1. Bersepeda

Pics: http://www.backexperts.co.uk

Bersepeda di jalan apalagi bersama dengan teman mungkin bisa menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika dilakukan sambil menikmati pemandangan indah di pegunungan, bonusnya, Anda bisa membakar 483 kalori per jam tergantung dari kecepatan dan resistance yang Anda inginkan. Jika Anda hanya ingin menaiki sepeda statik, tidak masalah karena kalori yang dibakarpun masih sekitar 398 kalori per jam, hampir sama dengan Anda melakukan jogging.

2. Bermain Jet Ski

Pics: http://www.middlemoor.co.uk

Bisakah Anda menebak berapa kalori yang Anda bakar saat bermain jet ski? 398 kalori per jam. Mengapa demikian? Para ahli mengatakan bahwa aktivitas olahraga air memerlukan gerakan dari semua otot tubuh kita termasuk otot tubuh bagian atas, bawah, paha dan perut. Tubuh kita juga harus senantiasa menjaga keseimbangan saat kita bermain jet ski.

3. Berjalan Menanjak

Pics: http://media.treehugger.com

Mungkin Anda senang berjalan-jalan dengan cara backpacking? Cobalah menambah 4.5 kg isi tas Anda dengan buku atau minuman lalu cobalah berjalan menaiki bukit. Hasilnya, 415 kalori akan terbakar dalam 1 jam hanya dengan kecepatan jalan normal.

4. Bermain Roller Blade

Pics: http://sinewtherapeutics.com

Masih ingat dengan roller blade? Permainan yang memerlukan keseimbangan tubuh ini bukan hanya menyenangkan tetapi juga membakar banyak kalori saat dimainkan. Kalori yang dibakar bisa mencapai 426 kalori per jam dan tentu saja ‘berlari diatas roda’ lebih menyenangkan daripada jogging.

5. Menari

Pics: http://aeroyoga.com

Tarian aerobik bisa membakar hingga 443 kalori per jam. Hebatnya, tarian yang Anda lakukan saat menghabiskan waktu di malam akhir pekan juga terhitung.

6. Panjat Tebing

Pics: http://isucceedbook.com

Anda seorang yang senang menguji adrenalin? Panjat tebing selain menyenangkan dan menegangkan, juga memberi Anda pembakaran kalori sebesar 454 per jam saat naik, dan 284 kalori per jam saat turun.

7. Lompat Tali

Pics: http://www.kermany.com

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa permainan masa kecil Anda yang satu ini adalah media olahraga yang sangat efektif membakar kalori. Tergantung dari intensitas permainan Anda, lompat tali bisa membakar hingga 670 kalori per jam. Untuk hasil terbaik, cobalah untuk melakukan 100 lompatan per menit.

8. Mendayung

Pics: http://www.complete-coherence.com

Walaupun sebagian besar dari aktivitas ini dilakukan dengan posisi duduk, tetapi mendayung membakar jumlah kalori dengan cukup fantastis. Gerakan lengan yang berulang dan ditopang oleh otot kaki bisa membakar hingga 682 kalori dalam 1 jam.

9. Tinju

Pics: https://www.womenssportsfoundation.org

Permainan tinju tidak hanya keras, tetapi juga membakar banyak kalori. Habiskan waktu sejam di ring tinju dan Anda bisa membakar 727  kalori atau lakukanlah kickboxing yang membakar 585 kalori dalam 1 jam.

10. Berenang

Pics: http://www.uiltexas.org

Menyenangkan? Tentu saja karena jenis olahraga yang satu ini tidak membutuhkan intensitas yang terlalu tinggi dan menyiksa otot tubuh kita. Berenang dengan gaya dada bisa membakar hingga 585 kalori per jam, gaya punggung membakar 540 kalori per jam dan yang paling ekstrim, gaya kupu-kupu dengan intensitas 784 kalori per jam.

11. Berlari Menaiki Tangga

Pics: http://www.naturallyradiant.info

Mungkin aktivitas yang satu ini terdengar menyakitkan tetapi tidak membosankan. Aktivitas inipun bisa dilakukan sehari-hari misalnya jika Anda tinggal di apartemen yang bertingkat atau bekerja di kantor yang beritngkat. Imbalannya? 852 kalori yang bisa dibakar per jamnya dan itu hampir 300 kalori lebih banyak daripada berlari biasa.

Sebagai catatan tambahan:

  • Estimasi kalori yang terbakar didasarkan pada hitungan seorang dengan berat badan 57 kg sesuai dengan penelitian yang dilakukan dan ditampilkan di Medicine and Science in Sports and Exercise tahun 2011.
  • Jika Berat badan Anda lebih dari 57 kg, maka kalori yang dibakar bisa lebih banyak, sedangkan jika berat badan Anda kurang dari 57 kg maka kalori yang dibakarpun lebih sedikit.
  • Jika Anda hanya mengabiskan 30 menit untuk melakukan aktivitas diatas maka kalori yang terbakarpun hanya separuh dari yang tertera diatas.

Rajin-rajinlah dan sempatkanlah waktu untuk berolahraga karena selain membantu mengatur berat badan Anda, olahraga teratur juga membuat Anda bugar dan fleksibel.

Jika memang aktivitas di atas merupakan salah satu dari hobi Anda, lakukanlah karena hasilnya pun tidak mengecewakan.

 

Untuk Anda yang gemar berolahraga maupun melakukan kegiatan outdoor, lihat koleksi perlengkapannya disini.

Source: YahooHealth

 

 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440