Translate »

Akuarium Dengan Ukuran Paling Besar Di Dunia

Bagi Anda pencinta akuarium dan dunia bawah air, memiliki akuarium di rumah ataupun kantor mungkin merupakan sebuah hal wajib.

Akuarium selain memberikan rasa sejuk dan santai kepada pemiliknya, juga banyak digunakan sebagai media untuk mengoleksi ikan hias. Selain itu, akuarium dalam ukuran besar juga merupakan sarana edukasi yang bagus untuk anak-anak dalam mempelajari ekosistem di bawah air.

Pics: http://media-cdn.tripadvisor.com

Wisata hiburan akuarium bisa ditemukan di banyak kota-kota besar di seluruh dunia, tetapi tahukah Anda yang manakah yang memiliki kapasitas akuarium paling besar?

Berikut telah kami siapkan daftar 10 akuarium paling besar di seluruh dunia:

10. Aquarium of Western Australia

Pics: http://facinatingamazinganimals.files.wordpress.com

Akuarium ini berlokasi di bagian pantai dari kota Perth di bagian Barat Australia. Biasa disebut juga dengan AQWA, akurium ini memiiki kapasitas tangki air paling besar di negara tersebut. Dengan ukuran tangki 40 x 20 meter, tangki air ini bisa menampung hingga 3 juta liter (783,000 galon) air laut. Sebagai tambahan, terdapat lorong dengan panjang 98 meter untuk pengunjung melihat koleksi hewan dan tanaman laut di dalamnya. Jika Anda ingin merasakan langsung sensasi berenang di kolam utama dan berdekatan dengan ikan hiu dan ikan pari, Anda bisa mengambil paket menyelam dengan ditemani oleh seorang instruktur dengan membayar biaya ekstra.

9. Aquarium of Genoa

Pics: http://www.gotsaga.com

Akuarium yang terletak di negara Italia ini merupakan salah satu yang terbesar di Eropa. Akuarium yang dibangun untuk Expo di tahun 1992 ini merupakan rumah dari 6,000 lebih jenis hewan yang tinggal disana. Di dalamnya juga terdapat sebuah tangki besar untuk menjadi tempat hidup dari ikan hiu, lumba-lumba dan anjing laut.

8. Shanghai Ocean Aquarium

Pics: http://www.crossleyarchitects.com

Shanghai Ocean Aquarium yang terletak di kota Shanghai ini merupakan salah satu yang terbesar di benua Asia. Di dalamnya, akuarium akan dibagi ke dalam 9 zona berbeda dari seluruh dunia seperti zona China, Antartika dan Australia. Hebatnya, beberapa jenis hewan di dalamnya juga merupakan spesies yang hampir punah di daerah Asia. Di dalamnya juga terdapat sebuah terowongan air laut sepanjang 155 meter dan dinobatkan sebagai terowongan air laut terpanjang di dunia.

7. Ushaka Marine World

Pics: http://media.travelblog.it

Akuarium ini terletak di kota Durban, Afrika Selatandan merupakan akuarium paling besar di Afrika dengan 32 tangki akuarium. Hewan lautnya pun bervariasi dari mulai kuda laut hingga lumba-lumba dan hiu. Model akuarium ini cukup unik dengan desain seperti kapal yang tenggelam. Di dalamnya juga terdapat kafe dan sebuah restoran ikonik, The Cargo Hold dengan dinding akuarium yang berisikan beberapa ikan hiu untuk menemani Anda makan.

6. Monterey Bay Aquarium

Pics: http://img1.sunset.timeinc.net

Meskipun lokasinya merupakan bekas tempat pengalengan ikan sarden di wilayah Monterey, California, akuarium ini merupakan salah satu yang paling ikonik di dunia. Salah satu tangki akuarium ini memiliki tinggi 10 meter dan mampu menyimpan hingga 1.3 juta liter air. Koleksi hewan airnya pun beragam dari mulai ubur-ubur, ikan pari hingga berang-berang ada di akuarium ini.

5. Turkuazoo

Pics: http://www.fazturkey.com

Dibuka di tahun 2009, Turkuazoo merupakan akuarium pertama di negara Turki yang menghadirkan wahana rimba tropis serta zona laut di dalamnya. Akuarium ini terletak di kompleks belanja Istanbul Shopping Mall dan memiliki terowongan air sepanjang 80 meter di dalamnya. Spesies air yang ditawarkan cukup unik termasuk ikan pari raksasa, hiu macan dan ikan piranha! Tangki air yang paling besar bisa mnyimpan hingga 5 juta liter air.

4. L’Oceanografic

Pics: http://www.viajes.net

Akuarium ini terbilang berbeda dengan akuarium lainnya karena akuarium yang terletak di kota Valencia, Spanyol ini juga terintegrasi dengan bangunan di kompleks sekitarnya. Akuarium ini juga memiliki tangki dengan ukuran paling besar di Eropa dan merupakan habitat dari 45,000 mahkluk air. Di dalamnya juga terdapat sebuah terowongan sepanjang 35 meter yang menampung hingga 7 juta liter air dan dipenuhi oleh banyak jenis hiu.

3. Okinawa Churaumi Aquarium

Pics: http://www.japan-guide.com

Akuarium ini dibuka pada tahun 2002 dan terletak di dalam kompleks Ocean Expo Park, Jepang. Tangki utama akuarium memiliki 7.5 juta liter air dengan panel akrilik setinggi 22.5 meter dan ketebalan 60 cm. Dengan ukuran itu, panel kaca ini merupakan yang terbesar di dunia sebelum dikalahkan oleh Dubai Mall Aquarium. Koleksi ikan sendiri cukup beragam dengan banyak ikan yang hidup di habitat aslinya, Laut Kuroshio.

2. Dubai Mall Aquarium

Pics: http://3.bp.blogspot.com

Akuarium raksasa di dalam sebuah pusat perbelanjaan? Tentu saja bukan hal mustahil yang bisa dilakukan oleh salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia, Dubai Mall. Tangki akuarium raksasa itu menampung 10 juta liter air dengan lebih dari 400 ikan hiu, pari dan spesies lain di dalamnya. Akuarium ini juga memiliki sebuah panel kaca setinggi 33 meter dengan ketebalan 75 cm dan berhasil mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Okinawa Churaumi Aquarium di Jepang. Pada tahun 2010 lalu, pernah dilakukan penutupan sementara dari Mal ini karena terjadi kebocoran disana.

1. Georgia Aquarium

Pics: http://1.bp.blogspot.com

Akuarium yang terletak di kota Atlanta ini merupakan yang terbesar di dunia dengan lebh dari 100,000 spesies laut yang hidup disana. Akuarium ini mendapat suntikan dana yang cukup besar dari beberapa perusahaan ternama dan dibuka untuk umum di tahun 2005 lalu. Akuarium ini juga merupakan satu-satunya akuarium di luar benua Asia yang memiliki spesies hiu paus yang diletakkan di dalam sebuah tangki raksasa dengan kapasitas 24 juta liter air.

Bagaimana menurut Anda para pencinta dunia bawah air? Apakah ada dari antara list di atas yang pernah Anda kunjungi?

Ataukah mungkin akuarium-akuarium di atas bisa menjadi ide tujuan wisata untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Source: Akuariumhiasku.blogspot.com

Bagi Anda yang membutuhkan bantuan untuk mendesain akuarium berikut dengan dunia Aquascape di dalamnya, Anda bisa menghubungi kami disini atau melihat koleksi standard akuarium kami.

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus