Translate »

Bahaya Tidak Teraturnya Pola Tidur

Gosocioers pasti sudah tahu bahwa manusia sudah dibekali dengan sistem kerja tubuh yang kompleks dan istimewa sehingga mampu untuk melakukan banyak aktivitas dalam keseharian.

Namun perlu diingat juga bahwa di sisi lainnya, tubuh manusia juga memiliki batasan-batasan dan salah satu cara yang paling baik untuk menjaga agar tubuh tidak kelelahan setelah beraktivitas adalah dengan beristirahat. Beristirahat akan mampu mengembalikan energi serta kebugaran tubuh.

Pics: http://topnews.net.nz

Cara beristirahat yang paling lazim adalah dengan tidur yang teratur. Penting diingat bahwa pola tidur yang tidak teratur akan berdampak banyak tidak hanya dalam keseharian tetapi juga bagi kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa bahaya jika pola tidur tidak dijaga dengan teratur:

1. Obesitas

Kurang tidur di malam hari akan menyebabkan penambahan hormon Gherlin yang memicu rasa lapar dan tanpa disadari, Anda mungkin akan mengkonsumsi makanan untuk menemani Anda saat terjaga. Jika pola tersebut terus dibiarkan maka lama-kelamaan Anda bisa mengalami obesitas. Cobalah untuk tidur paling tidak enam jam setiap malam.

Pics: http://finedininglovers.cdn.crosscast-system.com

2. Penyakit

Pola tidur yang tidak teratur dapat mendekatkan Anda dengan berbagai penyakit seperti serangan jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi dan denyut jantung yang tidak teratur.

3. Kerusakan Kulit

Kurang tidur akan memacu produksi hormon Kortisol yang bisa memecah protein dalam kulit sehingga elastisitas kulit menjadi berkurang dan menyemabkan timbulnya kerutan pada kulit.

Pics: https://golivzo.files.wordpress.com

4. Pikun

Otak Anda memerlukan waktu istirahat agar bisa terus berfungsi dengan baik. Jika otak tidak mendapat waktu istirahat yang cukup maka Anda mungkin akan kesulitan mengingat sesuatu atau lebih sering disebut pikun.

5. Depresi

Tidur yang tidak cukup juga akan mempengaruhi mental Anda dan dapat menyebabkan depresi. Tergantung dari berapa parah pola tidur ditambah dengan masalah keseharian yang sedang dihadapi, depresi bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang cukup serius.

Demikianlah beberapa akibat buruk dari pola tidur yang tidak teratur dalam aktivitas sehari-hari.

Sempatkan diri untuk mendapatkan waktu tidur yang eksklusif di malam hari agar Anda terhindar dari segala efek buruk yang mungkin terjadi.

Source: Merdeka.com

Tagged with:     , , , , , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440