Translate »

Bahaya Tidur Terlalu Lama

Pada artikel sebelumnya, kami pernah membahas tentang bagaimana kurang tidur dapat berdampak buruk pada Anda, pada artikel ini, kami akan membahas tentang hal sebaliknya.

Apapun hal yang dilakukan, jika terlalu sedikit ataupun berlebih maka hasilnyapun tidak akan baik, begitu juga dengan tidur. Mungkin ada dari Anda yang sangat sibuk dengan kegiatan sehari-hari sehingga waktu tidur di hari kerja sangat tidak mencukupi. Untuk menebusnya, maka Anda mencoba untuk tidur lebih panjang dan lama pada akhir pekan.

Pics: http://www.stripes.com

Perlu diketahui bahwa sistem kerja tubuh tidak berfungsi selayaknya hutang-piutang demikian. Hal yang paling efektif untuk menjaga kesehatan adalah untuk memberi waktu tidur lebih di hari sibuk dan tidak memaksakan tidur terlalu lama di akhir pekan atau hari libur.

Selain berakibat buruk membuat tubuh menjadi terasa lesu, tidur terlalu lama juga mempengaruhi banyak aspek dalam hidup Anda. Berikut adalah akibat buruknya (Boldsky):

1. Risiko Diabetes

Pics: http://images.netdoctor.co.uk

Menurut sebuah studi, orang yang tidur lebih dari 9 jam dalam semalam memiliki 60 persen risiko mengidap diabetes yang lebih tinggi.

2. Kehilangan Gaya Hidup Aktif

Pics: http://diaryofasocialgal.com

Tidur berlebih membuat waktu untuk beraktivitas jadi berkurang. Ini akan menyebabkan energi yang dihasilkan lebih sedikit untuk memberi tenaga dalam beraktivitas.

3. Meningkatkan Berat Badan

Pics: http://images.hngn.com

Menurut sebuah studi, orang yang sering tidur diatas 8 jam dalam semalam memiliki 21 persen risiko untuk mengalamai kelebihan berat badan.

4. Sakit Kepala

Pics: http://s2.hubimg.com

Saat seseorang tertidur, maka jaringan neutransmitter di dalam otak tidak bekerja. Jika hal ini didiamkan terlalu lama maka Anda akan lebih sering mengalami sakit kepala.

5. Sakit Pinggang

Pics: http://media.philly.com

Tidur yang terlalu banyak dan lama juga mengakibatkan sakit pinggang. Berbeda pada setiap orang tingkatannya, sakit pinggang ini bisa dicegah dengan lebih mengatur waktu berisitirahat yang cukup.

6. Membuat Depresi

Pics: https://sophimania.lamula.pe

Terlalu banyak tidur meningkatkan potensi untuk mengalami depresi.

7. Menurunnya Fungsi Jantung

Pics: http://www.creativecrash.com

Terlalu banyak beristirahat membuat kerja jantung dalam memompa darah  menjadi lambat dan berkurang sehingga bisa berakibat terjadinya penyakit jantung koroner.

8. Sulit Fokus

Pics: http://www.personal.psu.edu

Tidur terlalu lama selain membuat pusing juga bisa membuat Anda serasa mengawang-awang yang tentu saja akan menggangu aktivitas sehari-hari.

Demikianlah akibat yang mungkin ditimbulkan jika Anda memilih untuk MEnimbun waktu tidur Anda.

Demi kesehatan Anda, baik-baiklah mengatur waktu terutama untuk kapasitas tidur yang pas dan berkualitas sehingga tubuh akan senantiasa sehat dan segar dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Source: Dream.co.id

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440