Translate »

Beberapa Fakta-Fakta Menjadi Pramugari dan Pramugara

Pics: kokabali.wordpress.com

Mungkin saat ini menjadi pramugari atau pramugara adalah pekerjaan yang membuat Anda terlihat menjadi keren. Terkadang orang lain pun akan iri melihat teman atau orang lain berhasil menjadi pramugari dan pramugara, apalagi menjadi pramugari di sebuah maskapai pesawat yang terkenal.

Apa yang kadang membuat sedikit rasa iri terhadap pekerjaan tersebut? Seperti mereka memiliki kesempatan jalan-jalan ke berbagai kota dan negara dengan gratis, bahkan dibayar dengan harga diatas rata-rata pekerjaan kantoran. Belum lagi gaya dan eksistensi menjadi lebih tinggi, tak ayal banyak pramugari dan pramugara menjadi terkenal.

Tapi, apakah benar profesi ini selalu menyenangkan seperti yang selalu dibayangkan orang-orang? Berikut beberapa fakta-fakta menjadi seorang pramugari dan pramugara:

1.Pesaingan Yang Keras Untuk Menjadi Pramugari/a

Karena kebutuhan awak kabin yang memang banyak dan tinggi, bukan berarti maskapai dengan gampang menerima begitu saja, ternyata ada banyak cara penyeleksian yang Anda harus lewati dan itu tidak mudah, bahkan sangat ketat.

Beberapa data informasi tentang profesi tersebut bahwa satu posisi menjadi pramugari rata-rata direbutkan oleh 10 hingga 15 orang kandidat. Untuk maskapai yang lebih bagus dan bintang lima, satu posisi di maskapai tersebut bisa direbutkan oleh 50 hingga 60 orang.

Pics: http://jurnalpagi.com

2.Postur Tubuh Menentukan

Bukan untuk mendiskriminasikan tetapi postur tentu menjadi hal yang penting, karena dengan postur  yang tepat akan mempermudah dalam melakukan pekerjaan sebagai pramugari dan pramugara.

Persyaratan hal postur adalah tinggi namun juga tidak terlalu tinggi. Postur tinggi akan membuat pramugari sanggup meraih kompartemen bagasi yang berada di bagian atas kabin, terutama membantu untuk mengangkat barang bawaan penumpang.

3.Dipecat Karena Masalah Sepele

Bagi para pramugari dan pramugara yang baru dalam pekerjaanya, enam bulan pertama mereka bagaikan hal-hal yang paling sulit karena setiap langkah yang mereka lakukan dan bahkan penampilan mereka akan dinilai secara ketat. Bahkan, bisa dipecat karena meminta izin tidak masuk karena sakit, atau melakukan sesuatu yang tidak sesuai.

Pics: http://surabayaonline.co

4.Resiko Lebih Besar dari Penumpang

Bagi seorang pramugari, nyawa dan keselamtan penumpang lebih penting dari nyawa dan keselamatannya sendiri. Oleh karena itu, tidak heran disetiap sebuah insiden maupun kecelakaan pesawat, angka perbandingan pramugari yang cidera akan lebih tinggi dan banyak daripada penumpang.

5.Sopan Santun

Bukan berarti sopan santun dalam harfiah yang memang kita diharuskan bersopan santun setiap harinya. Sedikit perbedaanya adalah para pramugari dan pramugara memang harus dan wajib menjaga sopan santun, tata krama, sikap yang ramah, dan menyenangkan apapun kondisi dari pramugari dan pramugara tersebut. Tidak peduli pramugari dan pramugara sedang ada masalah pribadi ataupun mood yang baik, kenyamanan para penumpang lebih diutamakan.

Pics: https://ndayeng.files.wordpress.com

6.Waktu Yang Fleksibel

Fleksibel disini bukan berarti pramugari dan pramugara bisa ikut penerbangan sesuka hati mereka. Malahan sebaliknya, waktu operasional maskapai berlangsung setiap hari tanpa henti, hampir 24 jam. Di penerbangan jarak jauh, mereka diharus berada dan melayani di dalam kabin hingga lebih dari 14 jam.

Rata-rata pramugari bekerja 65 hingga 90 jam per bulan. Ditambah rata-rata 50 jam melakukan persiapan and menunggu hingga jam terbangnya dihitung. Bagi Anda orang kantoran, tentu hal ini terdengar sangat melelahkan.

Jadi, jangan anggap profesi sebagai pramugari dan pramugara itu sebagai pekerjaan yang mudah dan menyenangkan saja. Ada sebuah resiko dalam setiap pekerjaan dan begitu pula sebagai seorang pramugari,  apalagi mengingat tanggung jawabnya yang besar untuk kelancaran penerbangan serta kenyamanan penumpang.

Source: tribunnews.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440

facebooktwittergoogle_plus