Translate »

Beberapa Fakta-Fakta Menjadi Pramugari dan Pramugara

Pics: kokabali.wordpress.com

Mungkin saat ini menjadi pramugari atau pramugara adalah pekerjaan yang membuat Anda terlihat menjadi keren. Terkadang orang lain pun akan iri melihat teman atau orang lain berhasil menjadi pramugari dan pramugara, apalagi menjadi pramugari di sebuah maskapai pesawat yang terkenal.

Apa yang kadang membuat sedikit rasa iri terhadap pekerjaan tersebut? Seperti mereka memiliki kesempatan jalan-jalan ke berbagai kota dan negara dengan gratis, bahkan dibayar dengan harga diatas rata-rata pekerjaan kantoran. Belum lagi gaya dan eksistensi menjadi lebih tinggi, tak ayal banyak pramugari dan pramugara menjadi terkenal.

Tapi, apakah benar profesi ini selalu menyenangkan seperti yang selalu dibayangkan orang-orang? Berikut beberapa fakta-fakta menjadi seorang pramugari dan pramugara:

1.Pesaingan Yang Keras Untuk Menjadi Pramugari/a

Karena kebutuhan awak kabin yang memang banyak dan tinggi, bukan berarti maskapai dengan gampang menerima begitu saja, ternyata ada banyak cara penyeleksian yang Anda harus lewati dan itu tidak mudah, bahkan sangat ketat.

Beberapa data informasi tentang profesi tersebut bahwa satu posisi menjadi pramugari rata-rata direbutkan oleh 10 hingga 15 orang kandidat. Untuk maskapai yang lebih bagus dan bintang lima, satu posisi di maskapai tersebut bisa direbutkan oleh 50 hingga 60 orang.

Pics: http://jurnalpagi.com

2.Postur Tubuh Menentukan

Bukan untuk mendiskriminasikan tetapi postur tentu menjadi hal yang penting, karena dengan postur  yang tepat akan mempermudah dalam melakukan pekerjaan sebagai pramugari dan pramugara.

Persyaratan hal postur adalah tinggi namun juga tidak terlalu tinggi. Postur tinggi akan membuat pramugari sanggup meraih kompartemen bagasi yang berada di bagian atas kabin, terutama membantu untuk mengangkat barang bawaan penumpang.

3.Dipecat Karena Masalah Sepele

Bagi para pramugari dan pramugara yang baru dalam pekerjaanya, enam bulan pertama mereka bagaikan hal-hal yang paling sulit karena setiap langkah yang mereka lakukan dan bahkan penampilan mereka akan dinilai secara ketat. Bahkan, bisa dipecat karena meminta izin tidak masuk karena sakit, atau melakukan sesuatu yang tidak sesuai.

Pics: http://surabayaonline.co

4.Resiko Lebih Besar dari Penumpang

Bagi seorang pramugari, nyawa dan keselamtan penumpang lebih penting dari nyawa dan keselamatannya sendiri. Oleh karena itu, tidak heran disetiap sebuah insiden maupun kecelakaan pesawat, angka perbandingan pramugari yang cidera akan lebih tinggi dan banyak daripada penumpang.

5.Sopan Santun

Bukan berarti sopan santun dalam harfiah yang memang kita diharuskan bersopan santun setiap harinya. Sedikit perbedaanya adalah para pramugari dan pramugara memang harus dan wajib menjaga sopan santun, tata krama, sikap yang ramah, dan menyenangkan apapun kondisi dari pramugari dan pramugara tersebut. Tidak peduli pramugari dan pramugara sedang ada masalah pribadi ataupun mood yang baik, kenyamanan para penumpang lebih diutamakan.

Pics: https://ndayeng.files.wordpress.com

6.Waktu Yang Fleksibel

Fleksibel disini bukan berarti pramugari dan pramugara bisa ikut penerbangan sesuka hati mereka. Malahan sebaliknya, waktu operasional maskapai berlangsung setiap hari tanpa henti, hampir 24 jam. Di penerbangan jarak jauh, mereka diharus berada dan melayani di dalam kabin hingga lebih dari 14 jam.

Rata-rata pramugari bekerja 65 hingga 90 jam per bulan. Ditambah rata-rata 50 jam melakukan persiapan and menunggu hingga jam terbangnya dihitung. Bagi Anda orang kantoran, tentu hal ini terdengar sangat melelahkan.

Jadi, jangan anggap profesi sebagai pramugari dan pramugara itu sebagai pekerjaan yang mudah dan menyenangkan saja. Ada sebuah resiko dalam setiap pekerjaan dan begitu pula sebagai seorang pramugari,  apalagi mengingat tanggung jawabnya yang besar untuk kelancaran penerbangan serta kenyamanan penumpang.

Source: tribunnews.com

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus