Translate »

Berburu Lumpia di Kota Semarang

Setiap kota pasti memiliki kuliner khasnya masing–masing, misalnya kota Palembang yang terkenal dengan empek–empeknya, kota Surabaya yang terkenal dengan rujak cingurnya, serta kota Yogyakarta terkenal dengan gudegnya.

Masih banyak kota lain di Indonesia yang juga memiliki makanan khasnya dan kali ini kami akan membahas tentang makanan yang populer dari kota Semarang, Jawa Tengah, yaitu Lumpia. Lumpia semarang sangat dikenal dan banyak ditemui di berbagai tempat. Berbeda dengan lumpia dari kota lainnya, lumpia dengan isi rebung, daging ayam dan terkadang daging kepiting ini memang terasa lebih spesial. Karena itu juga, konon hidangan ini memang asli dan pertama kali berasal dari kota Semarang.

Saat berkunjung ke kota Semarang, akan banyak pilihan penjual lumpia yang bisa Anda pilih. Masing-masing hadir dengan cita rasanya masing-masing yang diakibatkan proses pengolahan dan bumbu rahasianya masing-masing.

Pics: https://hqeemstamps.files.wordpress.com

Rasanya jika Anda berkunjung ke kota Semarang, kurang afdol bila tidak mencobanya langsung disana. Ataupun Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Lumpia di Semarang bisa ditemui mulai dari pedagang di pinggir jalan hingga kedai makan yang ramai pengunjung dengan harga yang tentunya juga beragam.

Apa sebenarnya bumbu yang membuat racikan lumpia Semarang ini berbeda? Kabarnya, perpaduan citarasa Tionghoa dan tradisional Jawa lah yang memberikan rasa gurih serta nikmat dalam adonannya. Perpaduan kedua budaya tersebut jugalah yang membuktikan bahwa budaya Indonesia sangatlah beragam dan sangat penting untuk terus dilestarikan.

Jangan lupa juga bahwa lumpia Semarang memiliki bumbu penunjang rasa yang harus dinikmati bersamaan dengan lumpia pada saat masih panas. Tambahkan juga daun bawang dan cabai rawit untuk semakin membuat lumpia Semarang menjadi lebih lezat.

Pics: http://www.anekawisata.com/

Meskipun lumpia sekarang tidak langsung di buat oleh ‘penemu’ lumpia yang bernama Tjoa Thay Youe, tetapi Anda masih bisa merasakan rasa lumpia yang cukup otentik  di banyak tempat di kota Semarang.

Karena rasanya yang lezat serta produknya yang mudah untuk dibawa, sangat cocok untuk dinikmati sembari Anda menikmati waktu Anda di kota tersebut.

Pics: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/

Berniat untuk mampir ke kota Semarang? Jangan lupa untuk berburu lumpia di kota asalnya tersebut.

Source: Tempo.co

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus