Translate »

Biasakan Mencuci Alpukat Sebelum Dimakan

Biasanya orang-orang yang membeli buah alpukat untuk dimakan tak mencuci alpukatnya terlebih dahulu. Hal ini karena mereka berpikir bahwa alpukat terlindungi oleh kulitnya yang tebal. Hal tersebut memang benar, namun apakah Anda tahu bahwa meskipun begitu Anda bisa berisiko keracunan makanan akibat bakteri dan pestisida?

Pics: http://www.buonissimo.org

Buah alpukat memang memiliki kulit tebal dan keras sehingga bahan kimia yang berbahaya seperti pestisida pada umumnya tidak akan bisa menembus ke permukaan daging buah alpukat.

Namun apakah Anda tahu meskipun begitu ada cara lain bakteri dan pestisida bisa menempel di alpukat?

Kulit alpukat memiliki kulit yang bergelombang dan dapat membuat pestisidan dan bakteri terperangkap. Sehingga saat Anda memotong dengan pisau tanpa dicuci terlebih dahulu, pisau dapat menarik unsur-unsur berbahaya tadi ke dalam daging buah.

Para peneliti dari Institut Pertanian dan Sumber Daya Alam di Universitas Nebraska-Lincoln, dalam panduan untuk mengupas dan memotong alpukat, mereka merekomendasikan untuk mencuci alpukat terlebih dahulu secara menyeluruh sebelum dipotong.

Mencuci buah alpukat sangat sederhana. Cukup gunakan air dingin atau air hangat dan gosok permukaan kulit dengan spons lembut. Namun jangan lupa, bahwa tangan Anda harus dicuci terlebih dahulu sebelum Anda memotong dan mengolahnya.

Pics: whstatic.com

Dan jika Anda ingin menyimpan alpukat segar yang sudah Anda potong, simpanlah alpukat tersebut dalam wadah tertutup bersama irisan bawang agar aging buah tetap segar dan tak menghitam.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda menikmati buah alpukat tanpa efek berbahaya dari pestisida dan bakteri.

Source: kompas.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus