Translate »

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Gosocioers yang sebentar lagi akan menjadi seorang bunda pasti merasakan banyak kerepotan di saat-saat kehamilan. Namun di balik semua kerepotan itu, ada berkah dan kebahagiaan yang tidak ternilai harganya.

Pics: http://www.gospelherald.com

Maka itu, wanita yang sedang mengandung ada baiknya memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi karena asupan yang baik akan dapat berpengaruh baik juga kepada bayi di dalam kandungannya. Pilihan makanan sehat dan berkhasiat seperti oats, kacang-kacangan, daging, ikan, sayuran perlu diperhatikan dan diatur volume konsumsinya agar nutrisinya bisa mencukupi dan tidak berlebihan.

Disamping makanan-makanan tersebut, wanita yang sedang mengandung juga disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang baik untuk ibu hamil dan menghindari konsumsi buah yang tidak baik. Apa sajakah pilihan buah-buahan yang baik dan tidak untuk kandungan?

Buah-buahan Yang Disarankan

Kurma

Pics: http://www.bbcgoodfood.com

Buah yang satu ini sudah lama dikenal karena kandungan gizinya yang baik untuk kesehatan. Adanya kalium akan membantu ibu hamil untuk mengurangi rasa keram yang sering timbul sedangkan zat besi membantu untuk memproduksi hemoglobin yang bisa menghindarkan ibu hamil dari anemia. Buah kurma sangat disarankan untuk dikonsumsi di trimester pertama serta trimester akhir dikarenakan kandungan Vitamin B nya yang dapat membantu memperkuat dinding rahim.

Alpukat

Pics: http://www.womenshealthmag.com

Selain karena rasanya yang lezat, buah ini juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan dalam alpukat sangat baik untuk menjaga kecantikan serta gizinya dalam bentuk asam folat, kalium dan Vitamin B Kompleks memang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. Terlebih asam folat sangat penting karena akan membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin. Pada trimester pertama, buah ini juga membantu untuk mengurangi rasa mual dan muntah.

Manggis

Pics: http://pluslifestyles.com

Buah manggis mengandung kadar Vitamin C yang tinggi dan jenis Vitamin ini ternyata mampu menjaga elastisitas kulit tubuh wanita selama masa kehamilannya. Manggis juga memiliki kandungan asam folat yang baik bagi perkembangan janin serta menghindari risiko bayi terlahir prematur atau cacat.

Buah Naga

Pics: http://renegadehealth.com

Buah naga selain baik untuk kesehatan sehari-hari juga penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain dapat membantu ibu hamil untuk mengeluarkan dahak yang sering muncul dan terasa mengganjal, buah naga juga aman untuk dikonsumsi karena proses pertumbuhannya yang sangat jarang menggunakan pestisida. Sangat disarankan untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan.

Apel

Pics: http://media.jrn.com

Apel baik untuk dikonsumsi sebagai asupan sehari-hari. Selain kandungan Vitaminnya yang banyak, apel juga memiliki kandungan serat yang tinggi untuk mengatasi masalah sembelit atau diare. Buah apel juga dapat dijadikan pilihan cemilan sehat bagi ibu hamil karena dapat membantu menjaga berat badan ideal tubuhnya.

Buah-buahan Yang Tidak Disarankan

Nanas

Pics: http://www.medicalnewstoday.com

Buah berwarna kuning yang enak untuk dijadikan rujak ini memiliki kandungan bromelain yang dipercaya merupakan penyebab terjadinya keguguran ataupun persalinan dini.

Pepaya

Pics: http://healthypk.com

Buah pepaya memiliki kandungan zat bernama lateks yang dapat memicu kontraksi pada ibu hamil sehingga dapat mengakibatkan keguguran dan persalinan dini, sama halnya dengan buah nanas.

Demikianlah beberapa pilihan buah yang baiknya dikonsumsi dan dihindari oleh ibu hamil.

Berikan nutrisi terbaik bagi bayi di dalam kandungan Anda agar kondisinya senantiasa sehat selama masa kehamilan maupun selepas persalinan.

Source: Dedaunan.com

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus