Translate »

Cek Kondisi Rumah Untuk Persiapan Musim Hujan

Pada musim penghujan, banyak hal yang harus di persiapkan untuk rumah Anda menghadapinya.

Di antaranya adalah mengecek kesiapan kondisi fisik dari rumah Anda apalagi jika rumahnya rumah tua, hal ini tentunya harus lebih Anda perhatikan. Hal–hal yang biasanya di alami ketika musim penghujan tiba di antara adanya kebocoran, dinding rembes air atau bahkan saluran air yang terhambat. Meskipun terdengar sepele, namun hal-hal seperti ini tidak boleh Anda biarkan, karena selain tidak merasa nyaman rumah Anda lama kelamaan akan cepat rusak.

Dengan adanya air yang menetes, bahan–bahan dalam ruangan maka kondisi bagian dari rumah tersebut akan cepat rapuh. Terlebih dalam memnghadapi datangnya musim penghujan, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda cek dari fisik rumah anda kesiapannya.

http://3.bp.blogspot.com/

1. Atap Rumah

Cek kondisi atap rumah dengan mengetahui apakah ada genteng bergeser, retak atau harus segera di ganti yang baru. Untuk lebih menjaga tingkat keamanan dan keawetan, tidak ada salahnya jika anda melapisi genteng atau atap rumah Anda dengan waterprof atau anti bocor. Perhatikan di sekeliling atap rumah apakah Anda memiliki pohon yang dahanya berada sampai atap tersebut, jika mengganggu sebaiknya segera di bersihkan karena dahan sangat rentan patah dan atap akan rusak dan bahaya bagi penghuni rumah. Selain itu daun yang berjatuhan diatap akan menyebabkan penyumbatan saluran air.

http://architectaria.com/

2. Saluran Air

Kondisi saluran air menjadi sangat penting yang harus di perhatikan saat musim hujan. Saluran air yang tidak lancar akan beresiko menimbulkan genangan lalu akan menyebabkan banjir atau atap rusak karena tidak sanggup menahan genangan air yang terlalu banyak. Periksalah kotoran yang berada di saluran air tersebut, jika Anda tidak sanggup sebaiknya panggil orang untuk membersihkan saluran air dan kerusakan–kerusakan lain. Cek pipa saluran pembuangan air sehingga nantinya cukup untuk menghantar air. Sebaiknya pemasangan pipa di miringkan agar tidak terjadi genangan air yang membawa sampah atau kotoran.

http://lovelybogor.com/

Selain saluran pada atap rumah Anda, ada baiknya juga mengecek saluran di luar rumah, pengecekan sebaiknya juga mengajak warga setempat. Karena jika saluran air terdapat hambatan kotoran karena tidak pernah di bersihkan maka akan menimbulkan kebanjiran. Kebajiran menyebabkan tidak nyaman dan sumber penyakit karena air yang mengenang adalah air kotor yang campur dari berbagai saluran air.

http://architectaria.com/

3. Dinding Rumah

Pastikan Anda sudah melapisi dinding rumah Anda, terutama dinding fasad yang rentan terkena cipratan atau siraman air hujan dengan cat weathercoat yang anti air. Jika dinding dibiarkan tanpa perlindungan maka dinding akan menjadi lembab, mengelupas, dan menjamur. Sebaiknya untuk dinding periksa secara rutin 5 atau 6 bulan sekali, karena di khawatirkan ada cat yang mengelupas akhirnya merambat ke bagian lainnya.

https://theloenkz.files.wordpress.com

4. Jaringan Kabel Listrik

Meskipun terlihat sepele, namun jaringan kabel listrik akan menimbulkan masalah yang sangat fatal. Oleh sebab itu cek kondisi jaringan kabel listrik Anda yaitu pada lampu taman, teras dan sambungan–sambungan kabel sehingga pemasangan harus aman dan tertutup, dengan kabel tertutup maka Anda tidak khawatir jika kabel di gigit oleh tikus atau hewan–hewan lain. Biasanya untuk pemasangan kabel selalu di lapisi dengan paralon kecil karena hal tersebut membuatnya lebih aman. Gunakan juga aliran DC untuk lamp– lampu taman karena tidak menghantarkan listrik.

Hujan bisa datang kapan saja dan tidak harus menunggu di musim–musin penghujan untuk memperbaiki fisik rumah Anda. Sebaiknya lakukan pengecekan sekarang juga karena untuk menghindari jika suatu yang tidak mengenakkan saat terjadinya hujan turun. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Source: Majalahasri.com

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus