Translate »

Fakta Unik Yang Perlu Diketahui (Bagian 1)

Hidup seorang manusia memang tidak dapat ditebak dengan beragam pengalaman dan rintangan yang ditemui hampir di setiap harinya.

Pics: http://www.lipstickanddishes.com

Jika Anda menyadari, selama kecil bersekolah hingga perguruan tinggi, Anda sudah dibekali dengan banyak ilmu pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalani karir dan hidup. Sisanya, dalam aktivitas keseharian dan pekerjaan, Anda akan dibekali dengan beragam pengalaman untuk menjadikan Anda seseorang yang lebih baik kedepannya.

Lucunya, diluar dari pendidikan dan pengalaman, ada beberapa fakta unik yang sering disebut juga sebagai ‘common knowledge’ yang tidak selalu diketahui oleh semua orang. Jika ada beberapa dari antaranya belum pernah Anda ketahui, Anda bisa menggunakannya untuk menambah ‘common knowledge’ Anda.

Berikut adalah beberapa diantaranya:

1.  Indera Penciuman Tidak Bekerja Saat Tidur

Pics: http://blog.bradleygauthier.com

Indera penciuman manusia tidak bekerja saat seseorang sedang dalam tidurnya, jika ada aroma yang tercium, itu adalah aroma yang masuk entah sebelum ataupun saat baru terbangun dari tidur. Itulah sebabnya sangat penting untuk memiliki alarm dan detektor asap disaat terjadi emergency karena indera pendengar akan selalu bisa menangkap suara sekalipun dalam keadaan tertidur pulas.

2. Kucing Selalu Mendarat Dengan Kaki Terlebih Dahulu

Pics: http://pussingtonpost.com

Kucing dan hewan-hewan pemanjat lainnya memiliki peluang untuk terjatuh lebih besar sehingga tubuh merekapun ikut menyesuaikan dengan keadaan. Jatuh dari ketinggian berapapun, kucing memiliki peluang untuk hidup lebih besar karena selain memiliki perhitungan arah yang akurat, kaki dan tubuh kucing juga cukup fleksibel untuk membuat gerakan yang akan mengurangi efek dari benturan.

3. Cokelat Dapat Meracuni Anjing

Pics: https://s3.amazonaws.com

Cokelat memiliki kanduingan theobromine yang dapat membunuh hewan seperti anjing yang mencernanya secara perlahan. Cokelat mampu membuat anjing merasakan masalah pada otot, hyperthermia dan akhirnya berujung kematian. Jika anjing Anda tidak sengaja memakan cokelat, segera usahakan untuk membantunya memuntahkannya kembali.

4. Pasir Hisap Tidak Menghisap Secara Cepat

Pics: http://www.zionadventures.com

Pasir hisap atau ‘quicksand’ memang membahayakan, namun bisa diakali agar tidak menghiap Anda kedalam. Dalam situasi darurat, cobalah untuk mengangkat kaki dan rebahkan tubuh Anda dengan sangat perlahan. Jangan coba untuk terlalu banyak bergerak atau mencoba berenang saat terhisap karena Anda mungkin akan terjebak dan kesulitan bernafas.

5. Orang Buta Juga Bermimpi

Pics: http://loudcryofthethirdangel.com

Sesorang yang mengalami kelumpuhan pengelihatan terutama yang tidak buta sejak lahir tetap bermimpi seperti orang lainnya. Hanya saja, orang yang buta sejak lahir akan lebih sulit membayangkan bentuk sesuatu karena mereka lebih banyak mendapatkan bayangan pengelihatan dari bentuk kreasi yang dihasilkan oleh pikiran saja.

6. Uang US Dollar Kertas Tidak Terbuat Dari Kertas

Pics: http://wwp.greenwichmeantime.com

Kertas diciptakan dengan menyatukan serat seperti kayu, rumpu dan rug pulps untuk dijadikan bentuk lembaran. Uang kertas US Dollar dibuat dengan bahan kapas 75 persen dan linen 25 persen! Hal itu juga yang membuatnya lebih sukar untuk dipalsukan. Faktor ini juga yang membuatnya lebih sering disebut ‘cash’ daripada uang kertas.

7. Christopher Columbus Tidak Menemukan Amerika

Pics: http://resources0.news.com.au

Hal pertama yang perlu diingat adalah bahwa sudah ada jutaan orang yang tinggal di benua Amerika sebelum Columbus tiba. Iapun bahkan dikabarkan tidak pernah menginjakkan kakinya di daratan yang kini menjadi Amerika Serikat. Columbus mencari jalan dari Eropa ke Asia meskipun akhirnya tersasar ke Amerika, namun, Ia perlu dihormati karena jasanya mewujudkan sebuah perjalanan trans atlantik dan merubah Amerika Serikat menjadi seperti sekarang.

8. Langit Biru Tidak Sepenuhnya Biru

Pics: http://static1.squarespace.com

Saat langit sedang cerah, maka Anda mungkin akan melihat warna biru disana dan warna biru sangat identik dengan langit. Nyatanya, warna yang dilihat adalah sinar dari matahari yang memiliki banyak warna dan mengalami banyak gangguan di atmosfer dan terpencar ke segala arah. Warna biru yang dilihat adalah karena warna tersebut memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dan terpencar lebih jauh dibanding warna lainnya.

9. Gunung Tertinggi Bukan Gunung Everest

Pics: https://penningtonplanetarium.files.wordpress.com

Gunung Everest memanglah yang tertinggi hanya jika Anda menghitung masuk dari fitur yang terdpat di atas tanah dan bukan laut. Perlu diingat bahwa di dalam laut juga terdapat jurang dan bukit yang tinggi yang terkadang lebih hebat dari yang terlihat di atas daratan. Sebuah gunung berapi bernama Mauna Kea memiliki tinggi 10,210 meter di dalam laut, lebih tinggi 1,360 meter dari gunung Everest.

10. Buaya Sering Makan Bebatuan

Pics: http://news.bbcimg.co.uk

Buaya memakan batu bukan karena mereka kelaparan tetapi mereka memerlukan berat dari bebatuan tersebut untuk bisa menyelam lebih dalam untuk mencari mangsa. Uniknya, bebatuan juga dikabarkan membantu proses pencernaan buaya menjadi lebih baik.

Demikianlah beberapa fakta unik yang baik untuk diketahui.

Semoga saja bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda dan menghibur juga untuk dibaca tentunya.

Bersambung ke bagian 2

Source: TheRichest

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus