Translate »

Film Horor Indonesia Ini Ternyata Mendunia

Dunia perfilman di dalam negeri, Indonesia semakin lama semakin berkembang dan maju. Tidak heran bila banyak juga dari film-film garapan lokal yang berhasil menembus pasaran global.

Khusus untuk film layar lebar bergenre horor, jenis film ini sudah lama menuai citra yang cukup negatif. Selain karena alur ceritanya yang terkadang membosankan, terlalu banyaknya bumbu-bumbu adegan vulgar di dalamnya sering pula mendapatkan kecaman pedas.

Namun tahukah Anda, dari sekian banyak film horor yang diproduksi anak Indonesia, ada beberapa yang ternyata memiliki prestasi yang membanggakan dan dikenal luas hingga keluar negeri? Film apa sajakah yang berhasil menuai prestasi tersebut? Berikut adalah daftarnya:

 Takut: Faces of Fear

Pics: https://horrorpediadotcom.files.wordpress.com

Film antologi horor Indonesia yang dirilis di tahun 2008 ini dibintangi oleh cukup banyak nama besar seperti Dinna Olivia, Fauzi Baadila, Marcella Zalianty, Lukman Sardi dan beberapa lainnya. Konsep kompilasi film pendek ini diputar secara premier di Indonesia International Fantastic Film Festival (iNAFFF) dan di International Film Festival Rotterdam tahun 2009.

Modus Anomali

Pics: https://movtastic.files.wordpress.com

Film yang dibintangi oleh Rio Dewanto dan digarap oleh Joko Anwar ini menggabungkan kisah horor dan aroma thriller. Alur kisahnya sendiri berawal dari sebuah keluarga yang tersesat di dalam hutan lalu terpisah sebelum akhirnya pengalaman seru mengantarkan mereka untuk bertemu kembali. Film yang dirilis di tahun 2012 ini berhasil menyabet penghargaan Bucheon Award dari Network of Asian Fantastic Film (NAFF) dan pernah ditayangkan di SXSW Austin Film Festival, Texas.

The Perfect House

Pics: https://amiratthemovies.files.wordpress.com

Tidak seindah namanya, film ini berisikan banyak peristiwa yang sadis dan kelam. Dengan konsep yang memang merupakan psychological thriller itu, film yang dibintangi oleh Cathy Sharon dan Bella Esperance dijamin membuat Anda tidak dapat duduk menonton dengan tenang. Film ini juga menarik perhatian pada perhelatan Puchon International Fantastic Film Festival di tahun 2011.

Rumah Dara

Pics: https://tawvic.files.wordpress.com

Kakter Dara dalam film ini sudah lebih dulu populer dalam salah satu film pendek Takut: Faces of Fear. Kisahnya sendiri tergolong simpel namun banyak sekali intrik yang harus dilewati oleh Julie Estelle dan Emelda Therinne untuk bisa bertahan hidup saat terjebak di rumah seorang pembunuh misterius bernama Dara. Pemeran Dara, Shareefa Daanish berhasil mendapatkan gelar Best Actress pada Puchon International Fantastic Film Festival (PiFan) di tahun 2009 dan film ini sendiri juga menjadi salah satu film official selection dalam acara yang sama.

Pintu Terlarang

Pics: http://blog.pintuterlarang.com

Film horor garapan Joko Anwar ini merupakan adaptasi dari novel berjudul Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara. Tidak tanggung-tanggung, nama-nama beken seperti Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu dan Tio Pakusadewo turut ikut serta mengisi peran dalam film ini. Meskipun sambutan film ini tidak begitu baik di dalam negeri, film ini berhasil menyabet sederet penghargaan internasional seperti Best Film pada Puchon International Fantastic Film Festival 2009 serta official selection dalam Golden Kinnaree Award di Bangkok International Film Festival 2009 dan Rotterdam International Film Festival. Film inipun pernah dinobatkan sebagai satu dari 100 fim terbaik dunia versi majalah “Sight and Sound” Inggris di tahun yang sama.

Demikianlah beberapa judul film yang meski asing terdengar di telinga kita namun cukup membanggakan prestasinya di kancah internasional.

Semoga prestasi baik bisa terus ditorehkan oleh film-film lokal karya anak bangsa dan akan dikenal di kancah internasional.

Source: Muvila.com

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus