Translate »

Foto Smartphone Tak Kalah Dengan DSLR

Apakah Anda pecinta fotografi? Bila iya, Anda pasti menginginkan hasil foto yang bisa memuaskan hati Anda dan juga yang lebih menyenangkan bagi Anda adalah bagaimana foto Anda juga dinilai bagus dan memuaskan bagi teman atau yang melihat foto Anda, akan ada sebuah kebanggaan pada diri sendiri.

Pics: http://techredefined.com/

Namun apabila kita berbicara tentang fotografi, adalah yang terbenak dalam pikiran adalah alat-alat yang membantu sehingga bisa mendapatkan foto yang bagus dengan mudah. Contoh seperti kamera DSLR yang keluaran terbaru, namun permasalahannya adalah tentu harganya yang selangit.

Namun di perkembangan zaman yang semakin canggih ini, sudah ada beberapa smartphone yang mempunyai kualitas kamera yang tidak kalah dengan DSLR, meskipun tetap tidak secanggih DSLR. Nah bagi Anda yang memang menyukai foto sana-sini, Anda bisa menggunakan kamera smartphone Anda untuk mendapatkan foto yang bagus. Terkadang, mungkin hasilnya bisa lebih bagus dari DSLR sendiri. Tapi jangan anggap semua foto selalu bagus, tidak asal-asalan dalam mengambil foto, sehingga hasilnya bisa kurang maksimal.

Meskipun foto dengan smartphone memang tidak akan bisa menyaingi kualitas foto dari kamera plus lensa yang mahal, tapi ada beberapa tips dan trik yang selalu ditemukan oleh para fotografi smartphone. Meskipun rata-rata para fotografi tidak menyetujui menggunakan filter, namun ada beberapa yang memakai filter hasil foto akan lebih bagus. Tapi akan lebih baik tidak menggunakan filter, karena hasil akan lebih alami.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar foto dari smartphone Anda lebih baik lagi:

1. Ketahui perbedaan snapshot dan fotografi 

Pics: http://popwuping.com/

Apa perbedaanya? Perbedaanya seperti apakah Anda pernah melihat fotografi handal sedang melakukan pekerjaanya? Mereka menuju ke sana-sini, mencari satu spot yang bagus dan tepat, sehingga obyek foto akan menjadi bagus. Ya, perbedaanya adalah bagaimana fotografi mempunyai rencana, rancangan, sudut yang sudah di rencanakan dengan baik meskipun kadang memakan waktu yang agak lama. Ini semua demi mendapatkan hasil foto yang bagus.

Berbeda dengan snapshot yang memang foto tersebut memang asal-asalan. Memeotret secara asal.

Oleh karena itu, bila Anda ingin mendapatkan foto yang bagus dengan smartphone Anda, perlakukan smartphone Anda sebagaimana Anda mempunyai kamera DSLR yang mahal plus lensa tercanggih. Dan jangan ragu mencari ilmu tentang fotografi.

2. Komposisi

Pics: https://www.zopini.com

Fotografer profesional sealu bilang, yang membedakan foto dahsyat dan foto biasa adalah komposisinya. Untungnya untuk menyusun komposisi foto yang keren tidak ada syarat harus menggunakan kamera DSLR. Pelajari lagi lalu terapkan semua teori komposisi fotografi yang ada memotret dengan smartphone Anda.

3. Filter 

Pics: http://sev.h-cdn.co/

Beberapa fotografer profesional mengharamkan pemakaian filter seperti filter di Instagran dan sejenisnya. Namun sejatinya tidak masalah, apalagi tidak untuk keperluan jurnalistik. Tapi apabila memang filter bisa menjadi lebih baik kenapa tidak?

Namun tidak semua filter akan cocok dengan foto yang sudah Anda dapatkan. Jadi tetap pilih filter yang tepat untuk foto Anda.

4. Coba Angle yang ekstrim 

Pics: http://pixeltango.com/

Apakah Anda pernah terpikirkan kalau smartphone ini ada satu kelebihan dari DSLR, yaitu ukuran dan berat yang lebih kecil dan mungil. Nah, gunakan kelebihan itu untuk gunakan smartphone dengan angle yang tidak bisa dilakukan DSLR.

5. Manfaatkan app fotografi yang ada 

Pics: www.brepea.com

Kamera bawaan yang ada di smartphone memang sudah lebih baik setiap pengeluaran produk terbaruknya, namun aplikasi-aplikasi yang ada biasanya memiliki fitur yang lebih baik. Ada yang memiliki kontrol exposure yang lebih kaya, ada yang menawarkan filter yang lebih oke dan fitur lainnya. Manfaatkan beragamnya aplikasi fotografi yang ada di masing-masing platform untuk memperkaya hasil foto Anda.

Itulah beberapa tips bagi Anda pecinta fotografi maupun bagi Anda yang hany asekedar ingin mengabadikan momen spesial dengan smartphone Anda.

Source: belfot.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus