Translate »

Jenis dan Cara Memilih Ikan Koi

Pada umumnya setiap orang memiliki hobi masing-masing, mulai dari yang sifatnya umum sampai dengan yang bersifat unik.  Salah satu hobi yang populer adalah memelihara ikan hias, baik yang dipelihara di dalam akuarium atau yang di kolam. Bagi penduduk di kota-kota memelihara ikan koi di dalam kolam merupakan hobi yang banyak diminati, karena selain dapat menikmati indahnya ikan koi yang dipelihara, kolamnya sendiri dapat menambah asri halaman rumah.

Courtesy of www.thegardenspot.co.uk

Courtesy of www.thegardenspot.co.uk

Koi adalah jenis ikan yang  berasal dari Jepang dan dapat dinikmati para penghobinya  saat di rumah untuk mengurangi kepenatan dan tekanan dalam kehidupan yang serba komplek terutama di kota-kota besar. Untuk memelihara ikan koi biayanya cukup variatif, tergantung dari jenis, keindahan dan bibit ikan koi yang dipelihara. Pada umumnya harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu rupiah sampai jutaan rupiah per ekor. Akan tetapi untuk memelihara ikan koi tersebut diperlukan kolam yang cukup luas sehingga ikan koi tersebut dapat leluasa untuk bergerak dan berkembang.

Untuk membuat kolam inilah yang cukup memakan anggaran mulai jutaan sampai puluhan juta rupiah, tergantung pada ukuran, kualitas, model dan kelengkapan kolam tersebut. Sedangkan ikan koi yang berkualitas tinggi yang didatangkan dari negeri asalnya Jepang, harganya bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Di berbagai negara di luar negeri, ikan koi bahkan telah secara rutin diperlombakan untuk memilih koi terbaik di dunia, termasuk di Indonesia pun secara berkala sering diperlombakan untuk menarik dan meningkatkan animo masyarakat dalam memelihara ikan koi.

Berikut adalah beberapa hal dan petunjuk mengenai ikan koi yang perlu menjadi perhatian bagi peminat ataupun kolektor pemula ikan koi:

JENIS VARIETAS KOI

 

Courtesy of 13-koiphen.com

Kohaku

Kohaku adalah varietas koi yang mempunyai badan putih dengan bercak merah pada badannya. Kohaku merupakan ratunya ikan koi karena paling populer di antara varietas koi karena perpaduan warna putih dan merahnya yang menawan, dan sering dianggap sebagai representasi bendera negara Jepang.

 

 

 

 

 

Courtesy of konishi-koi.com

Koromo

Koromo adalah nama yang diberikan bagi keturunan Asagi dengan Kohaku atau peranakan dari Asagi dengan salah satu Sanshoku. Macam-macam jenis Koromo adalah Ai-goromo (Blue-Koromo), Sumi-Goromo (Dark-Koro-mo), Budo-Sanshoku, Koromo-Sanke, Koromo-Showa (Ai-Showa).

 

 

 

 

Courtesy of koianswers.com

Shusui

Shusui adalah koi yang sisik-nya besar-besar dan kulitnya lembut, yang ditemulan pada tahun 1910 oleh Yoshigori Akiyama hasil mengawinkan koi Asagi-Sanke dengan karper kaca dari Jerman.

 

 

 

 

 

 

Courtesy of -koi-garden.it

Asagi

Asagi adalah koi yang mempunyai badan berwarna biru atau biru cerah dengan pipi, perut, dan lipatan sirip berwarna merah. Sisik-sisiknya berwarna biru cerah dan membentuk susunan yang tidak bercacat.

 

 

 

 

 

Courtesy of niigata-nishikigoi.com

Bekko

Bekko masih keluarga Taisho-Sanke. Warna dasarnya merupakan perpaduan putih, merah, dan kuning. Sementara itu warna hitam menjadi penghias di antara warna-warna tersebut.

 

 

 

 

 

 

Courtesy of koi-oasis-costa-rica.beepworld.de

Courtesy of koi-oasis-costa-rica.beepworld.de

Utsurimono

Yang termasuk dalam Utsurimono adalah Shiro-Utsuri, Ki-Utsuri, dan Hi-Utsuri. Masing-masing jenis ini mempunyai ciri sendiri-sendiri.

 

 

 

 

 

 

Courtesy of mykoikichi.com

Showa-Sanke

Showa-Sanke atau Showa-Sanshoku adalah koi yang berwarna hitam dengan hiasan warna putih dan merah di badannya dan secara sepintas koi ini mirip dengan Taisho-Sanke.

 

 

 

 

 

Courtesy of momotaro-koi.org

Taisho Sanke

Taisho-Sanke adalah koi yang badannya berwarna putih dan dihiasi dengan warna merah dan hitam. Pola dasarnya merah pada bagian kepalanya, dan garis lebar hitam pada bagian dadanya. Taisho-Sanke termasuk salah satu varietas yang terkenal, seperti halnya Kohaku.

 

 

 

 

 

CARA MEMILIH KOI

Berikut adalah beberapa petunjuk yang perlu diperhatikan dalam memilih / membeli koi:

Kualitas Koi

Bagaimana memilih kualitas koi yang baik sesungguhnya sulit dijelaskan dengan kata-kata. Namun untuk menentukan kualitas yang tinggi, pada prinsipnya merupakan perpaduan antara bentuk fisik/badan yang sempurna (tidak cacat, tidak terlalu gemuk/ kurus), warna-warnanya harus muncul atau tidak pucat/ pudar, gerakannya gesit/ lincah (menandakan koi tersebut sehat).

Pola Warna Koi

Perpaduan pola warna pada tubuh koi harus seimbang, bagian putih pada mulut dan bagian ekor paling penting.

Warna Koi

Warna koi yang dianggap bagus adalah yang benar-benar cemerlang, maksudnya jika warna putih, maka putihnya harus tebal dan putih sempurna (seperti putih salju), tanpa ada bayangan/gradasi kehitam-hitaman yang disebabkan oleh warna putih yang tipis. demikian juga untuk warna-warna lainnya

Bentuk Badan Koi

Dalam menentukan bentuk badan yang baik bisa diperhatikan pada saat koi tersebut bergerak / berenang, karena bentuk badan yang sempurna akan berpengaruh langsung pada gaya berenangnya. Seperti halnya manusia, ikan koi dengan bentuk badan yang ideal haruslah balance (kedua sisi badan simetris), maksudnya tidak terlalu gemuk atau kurus serta tidak ada cacat seperti mulut, mata, dan badan / ekornya bengkok.

Courtesy of bp.blogspot.com

Courtesy of bp.blogspot.com

Walaupun seekor koi mempunyai corak dan komposisi warna yang sangat indah dan badannya montok, tapi jika siripnya tidak lengkap, koi tersebut dinilai jelek karena kurang sempurna. Perlu pula diketahui bahwa seekor induk betina yang sedang “bunting”, bentuk perutnya lebih buncit. Hal ini jangan disalahartikan bahwa ikan koi tersebut badannya tidak normal.

Harus diingat ada dua bentuk badan yang abnormal yaitu: karena memang cacat atau karena kurang makan. Jika seekor koi tak bersirip atau matanya rusak, jelas koi tersebut cacat dan jangan sekali-kali dipilih meskipun harganya murah. Namun jika ada koi berperut buncit di salah satu sisi badannya, atau ada sebuah rongga kecil pada kepalanya, kalau kita suka dengan koi seperti itu masih boleh dipertimbangkan dengan harga yang miring tentunya.

Secara rinci, bentuk badan yang harus diperhatikan adalah seperti berikut:

1. Garis punggung lurus dan punggung melengkung wajar

Jika kita perhatikan dari atas, garis punggung koi harus terlihat lurus dan ketika bergerak meliuk punggungnya melengkung dengan wajar. Jika dilihat dari samping, maka garis sebelah atas badannya dan bawah badannya membentuk lengkung yang wajar. Artinya, bagian sebelah atas dan bawah badannya tidak boleh terlalu melengkung, dan jangan sampai membentuk garis lurus. Koi yang ketika berenang membentuk lengkungan yang tajam pada badannya sendiri bukan koi yang layak untuk dipilih.

2. Sirip tumbuh sempurna dan cantik

Sirip yang cantik dan besarnya sesuai dengan badannya, menjadikan koi tampil menawan. Yang terpenting adalah sirip dada. Sirip ini tidak boleh cacat, baik karena penyakit atau cacat bawaan. Beberapa koi yang karena kekurangan asupan makan biasanya mempunyai sirip yang lebih kecil.

Sering ditemukan cacat pada sirip ekor dan sirip punggung koi. Demikian juga halnya dengan sirip perut atau sirip anal. Pilihlah koi yang mempunyai bentuk sirip yang sempurna.

3. Kepala berbentuk sempurna

Apabila kita perhatikan wajah koi, ada yang “enak” dilihat dan ada juga yang tidak. Ada koi yang hidungnya bersandar/ pesek, dan sebagian lagi ada yang mancung. Kedua bentuk hidung koi ini dianggap kurang bagus. Yang bagus adalah koi dengan bentuk hidung yang wajar, tidak terlalu menonjol, tapi juga tidak tenggelam dalam timbunan daging.

Cacat pada rahang juga dianggap paling menentukan, meskipun bisa saja cacat ini disebabkan oleh penyakit gill root (akar insang) yang menyerang koi ketika masih kecil. Cacat yang diakibatkannya pengaruhnya sangat besar terhadap penilaian koi. Kepala koi menjadi besar dan lebar, tentunya tidak enak dipandang. Penyakit ini memang mempengaruhi bentuk mulut dan insang. Antara mata, mulut, dan rahang harus sama bagusnya dan membentuk tubuh yang serasi dan sempurna.

4. Perbandingannya serasi

Perbandingan antara panjang, lebar, dan tinggi merupakan kunci bagus tidaknya koi. Yang dimaksud di sini adalah angka paling besar antara perbandingan panjang badan dan tinggi adalah satu. Itu yang paling bagus dan pada umumnya angka rasio ini berkisar antara 1-2,6 hingga 1-3,0 dan rasio ini biasanya dinilai sudah cukup memadai.

 

 Semoga petunjuk di atas dapat bermanfaat bagi seluruh penggemar koi di manapun Anda berada. Untuk makanan Koi Berkualtias tinggi anda bisa dapatkan disini

Source: diolah dari berbagai sumber

About the author /


1 Comment

  1. Rini

    Not much detail on the fish, but its a great shot. I like the curloos of the two fish to the right and left of the centre one. The visable waves make it interesting. I have enjoyed your zoo shots making me want to go to the zoo. Just checked the Belfast Zoo website and they are allowing kids to wrap presents and watch the gorillas and chimpanzees open them. I was pleased when i saw Students 2 for 1 then I saw For the month of november But I may go soon.

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440