Translate »

Ini 5 Tips Saat Mau Diving

Untuk saat ini olahraga diving sudah bisa dilakukan oleh siapa saja dan mulai banyak digemari oleh para wisatawan. Dahulu diving adalah olahraga yang jarang dan hanya bisa dilakukan di bebrapa tempat saja. Sekarang dengan berkembangnya teknologi dan mudahnya transportasi, olahraga diving bisa dilakukan siapa saja dengan lebih banyak pilihan lokasi yang tersedia.

Pics: http://www.fishandshipsdivers.com

Namun diving bukan olahraga yang sembarangan. Anda harus mempersiapkan beberapa hal agar berjalan dengan baik dengan mengurangi kemungkinan kesalahan dan kecelakaan.

Karena selain termasuk dalam kategori olahraga yang berbahaya, diving adalah olahraga yang berada di dalam laut dan membutuhkan keahlian khusus. Pasti menyenangkan melihat hewan-hewan dan tumbuhan laut, namun tetap ada aturan yang harus Anda ikuti kalau Anda tidak ingin suatu kecelakaan.

Untuk itu Anda harus mengetahui beberapa tips sebelum olahraga diving:

1. Cukup tidur 

Pics: Gaya Hidup Sehat | Artikel dan Tips Kesehatan

Dengan mempunyai waktu tidur yang cukup akan mengumpulkan banyak stamina untuk Anda disaat diving. Stamina dibutuhkan disaat sudah menyelam di bawah laut. Dengan tekanan yang lebhi besar dibandingkan di daratan, tentunya membutuhkan kekuatan yang lebih.

Jadi bisa dibayangkan kalau Anda tidak mempunyai stamina dengan kurang tidur. Anda akan mudah lelah di dalam laut dan terlebih lagi Anda tidak bisa menikmati keindahan bawah laut lebih lama.

Selain itu Anda bisa juga pingsan di dalam air. Dan kemungkinan kematian lebih besar apabila tidak ditangani dengan cepat.

2. Jangan minum soda sebelum menyelam 

Pics: http://static.republika.co.id/

Mengapa dianjurkan untuk tidak meminum soda sebelum menyelam? Karena disaat menyelam, tubuh akan dipaksa melawan gravitasi. Soda yang ada didalam soft drink akan membuat tubuh mengeluarkan gas.

Hal ini akan sangat berbahaya saat Anda dibawah Air. Karena saat mengeluarkan gas tersebut, bisa saja Anda akan muntah di dalam air. Tentu hal ini akan sangat berbahaya.

Jadi lebih baik apabila Anda mempunyai rencana menyelam, pastikan 1×24 jam sebelumnya Anda tidak meminum soda.

3. Jangan sentuh terumbu karang 

Pics: Eat . Work . Travel . Repeat

Menyelam adalah olahraga badan sekaligus menikmati keindahan alam bawah laut yang mungkin tidak Anda tiap hari bisa melihatnya. Melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Namun apakah Anda tahu terumbu karang tidak boleh sembarangan disentuh apalagi dipegang.

Alasannya adalah karena karang adalah hewan yang sangat sensitif. Betul, karang adalah hewan bukan batu biasa. Pertumbuhannya sangat lambat. Sekitar 1 cm per tahunnya. Jadi bisa dibayangkan Anda mencabut sebuah karang, Anda akan melihat karang tersebut berukuran sama sekitar beberapa tahun lagi kemudian!

Selain pertumbuhan, ada beberapa karang yang menyengat dan memberikan efek bengkak di kulit. Jadi lebih baik jangan disentuh dan cobalah menikmatin dengan berfoto bersama saja.

4. Lisensi 

Pics: www.godive.com

Ini adalah bagian terpenting untuk Anda ketahui saat ingin menyelam.bagi Anda yang belum memiliki lisensi tidak perlu khawatir kanrea Anda bisa menyewa dive guide sebagai perlindungan Anda sat menyelam.

Hal yang harus Anda perhatikan ketika bersama guide Anda adalah Anda harus melihat dengan jeli dan pahami komunikasi dari guide Anda. Dengen menggunakan body language yang sudah disepakati sebagai bahasa tubuh internasional saat menyelam.

Anda harus mencermati dengan baik disaat guide memberikan instruksi. Sehingga Anda tidak akan menemukan masalah saat menyelam.

5. Cek peralatan menyelam 

Pics: http://www.ronjenjehrvatska.com/

Dan hal yang terakhir, Anda harus perhatikan adalah peralatan menyelam. Kenapa Anda harus mengetahui peralatan tersebut? karena, peralatan menyelam tidaklah sedikit. Mulai dari masker, regulator, BCD, wetsuit, fin sampai tabung. Semua harus Anda cek dengan baik. Cara mengeceknya adalah dengna mencobanya sebelum turun ke dalam air.

Jika ada alat yang di rasa kurang pas seperti fin atau masker yang kendor segera konsultasi dengan guide Anda. Karena untuk keselamatan Anda.

Semoga tips ini membantu Anda untuk dapat menikmati keindahan bawah laut dengan tetap menjaga keamanan diri Anda sendiri.

Source: detik.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus