Translate »

Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Raja Ampat

Raja Ampat Merupakan ekspedisi bawah laut terbesar di dunia dan merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Raja Ampat letaknya terpencil di Papua Barat. Kawasan ini menyimpan sejuta keindahan pesona dan kekayaan alam bawah laut, inilah yang menjadi andalan Pulau Raja Ampat menembus persaingan dunia pariwisata di Indonesia dan dunia melalui wisata diving yang bisa dilakukan di indonesia bagian timur ini.

Tidak hanya jenis-jenis ikan, Raja Ampat juga kaya akan keanekaragaman terumbu karang, hamparan padang lamun, hutan mangrove, dan pantai tebing berbatu yang indah. Raja Ampat sering disebut Blue Magic karena keindahan bawah lautnya,  Raja Ampat juga mempunyai kemenarikan tersendiri lho.. ini dia diantaranya :

1. Alam Yang Terjaga Kelestariannya

Lestari

 

Pemerintah setempat mengambil kebijakan bersama Greenpeace untuk menjaga kelestarian alam bawah laut Raja Ampat untuk memastikan penjagaan ekosistem laut dari aktivitas perusakan dan mengakhiri penangkapan ikan berlebihan (overfishing) dan menangani illegal fishing. Terdapat dua lembaga internasional yang fokus dengan kelestarian alam Raja Ampat, Conservation International (CI) dan The Nature Conservancy (TNC).

2. Ikan Pari Manta

Ikan Pari

Ikan pari manta (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai hampir 7 meter (kemungkinan lebih karena ada laporan yang mengatakan bahwa ada manta yang lebar tubuhnya mencapai 9,1 meter). Bobot terberat manta sendiri yang pernah diukur mencapai 3 ton. Pari manta belakangan dikategorikan sebagai “dekat dengan ancaman” (near threatened) oleh IUCN karena walaupun jumlahnya belum masuk kategori terancam punah, namun pada masa depan diperkirakan populasinya akan menyusut hingga akhirnya terancam punah. Banyaknya ikan pari bertanduk yang hidup membuat Raja Ampat dikenal sebagai rumah terbesar di dunia bagi hewan laut.

3. Pulau Ayau

Pulau Ayau

Pulau Ayau terkenal dengan karang-karangnya yang sangat besar. Diving menjadi alasan utama sebagian besar wisatawan berkunjung ke Raja Ampat. Dengan kekayaan dan keanekaragaman hayati lautnya membuat Raja Ampat memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Siapa yang tak takjub jika dalam sejam sekali menyelam dapat menemukan 283 jenis ikan, ini hanya terjadi di Raja Ampat. Untuk Anda pecinta pemandangan bawah laut dan diving, Kami sarankan Anda wajib untuk mengunjungi Raja Ampat :)

4. Birdwatching Cendrawasih

Birdwatching Cendrawasih

Di Beberapa desa wisata di Raja Ampat ada juga atraksi melihat Cendrawasih menari. Ada rumah – rumah kayu yang telah disediakan untuk Anda menonton atraksi. Atraksi Cendrawasih menari sebenarnya ritual di mana pejantan akan berkumpul untuk bersaing memerlihatkan bulu – bulunya yang cantik demi menarik perhatian betina.

Atraksi ini hanya bisa dilihat pada pukul 07.00 – 09.00 dan 16.00 – 17.00. Ada empat jenis Cendrawasih yang bisa dilihat atraksinya, yakni Cendrawasih merah yang menjadi maskot Desa Sawing Rai, Cendrawasih besar, Cendrawasih kecil, dan Cendrawasih belah rotan.

5. Mendaki Wayag

Mendaki Wayag

Kepulauan Wayag lebih terlihat seperti lukisan nyata, keindahannya tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Jika Anda perhatikan, Kepulauan Wayag bisa dilihat dari delapan penjuru mata angin yang berbeda. Kepulauan Wayag adalah salah satu tujuan wisata dengan keistimewaan yang luar biasa dan belum tentu ada di tempat lain. Jadi jika anda ke Raja Ampat jangan lupa ke ikon Raja Ampat ini.

6. Wisata Kuliner

Roti Abon

Wisata Kuliner

Jangan lupa untuk wisata kuliner berbahan sagu, roti abon dan seafood, jangan samakan rasa seafood di Papua dengan seafood di “kota”, rasa seafood di Papua tak ada aroma amis, baunya cenderung segar. Jangan lupa juga mencicipi sagu kering, papeda dan ikan kuah kuning sebagai paduannya. 

Itulah Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Raja Ampat, sebelum Anda coba untuk berkeliling dunia tak ada salahnya apabila Anda mengunjungi berbagai daerah di negeri kita tercinta ini.

Untuk tips travelling bersama si kecil bisa Anda baca disini 

Untuk perlengkapan travelling bisa Anda cari disini

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"