Translate »

Inilah 5 Phobia Yang Paling Sering Dialami

Rasa takut akan sesuatu adalah hal yang biasa dialami oleh manusia. Rasa takut adalah rasa gelisah yang berlebihan akan sesuatu yang bisa mengakibatkan perasaan tidak mengenakkan dan bisa mengakibatkan tidak bisa mengontrol diri sendiri.

Rasa takut biasa disebut juga dengan fobia atau phobia. Phobia adalah rasa takut pada suatu hal atau fenomena yang berlebihan dan akan berdampak pada emosi seseorang. Phobia biasanya disebabkan karena seseorang mengalami trauma masa lalu dan biasanya trauma itu membekas didalam kesadarannya. Berikut adalah 5 phobia yang paling sering dialami:

1. Takut hewan 

Pics: http://visionpsychology.com/

Rasa takut pada hewan biasanya hanya pada hewan tertentu saja disebut Zoophobia. Beberapa riset yang mengerjakan riset kepada Zoophobia ini sering ketakutan dengan binatang seperti ular dan tikus. Namun ada juga orang-orang yang mengalam phobia pada hewan lain, semisal anjing atau disebut Cynophobia, burung (Ornitophobia), laba-laba (Acarhnophobia), serta lebah (Apiphobia).

2. Ketinggian 

Pics: http://chromehorse.typepad.com/

Selain hewan, hal lain yang menjadi biang keladi ketakutan adalah ketinggian atau juga dikenal dengan istilah Acrophobia. Seseorang yang menderita phobia jenis ini akan berusaha menghindari tempat-tempat tinggi. Mereka akan merasa ketegangan yang luar biasa jika terpaksa harus berada di tempat tinggi. Tak hanya itu, rasa mual, pusing, keringat dingin, serta ritme jantung yang tidak beraturan juga dialami pengidap Acrophobia.

3. Kegelapan 

Pics: http://img11.deviantart.net/de04/i/2008/305/b/1/achluophobia_by_psychiclexa.jpg

Selama ini, rasa takut akan gelap sering dialami oleh anak-anak. Namun, nyatanya, banyak orang dewasa yang juga takut gelap, terlebih ketika mereka ditinggal sendiri dalam ruangan tertutup dan gelap gulita. Istilah penderita penyakit ini adalah Achluophobia. Penderita ini akan merasakan lemas pada seluruh tubuhnya.

4. Badai, Petir, Kilat 

Pics: http://s26.postimg.org/evkb17tcp/image.jpg

Seseorang yang mengalami phobia pada petir dikenal juga dengan istilah pengidap Brontophobia. Saat berhadapan dengan petir, penderita mengeluarkan keringat dingin dan jantung akan berdegup kencang. Karenanya, mereka akan menolak keluar ruangan jika terjadi hujan badai petir. Mereka bahkan bisa bersembunyi di balik pintu, menutup kepala dengan bantal atau melakukan semua hal untuk menghindari petir.

5. Jarum Suntik

Takut jarum suntik ini biasa disebut Balonephobia. Penderita akan merasakan ketakutan yang berlebihan pada jarum suntik juga sering dialami sebagian orang. Seorang yang menderita phobia jarum suntik akan merasakan takut yang luar biasa ketika harus melihat ataupun berhubungan dengan jarum suntik tersebut. Apabila secara fisik bersentuh memang menakutkan dan menimbulkan rasa sakit apabila ditusukkan ke bagian tubuh kita. Rasa sakit itu yang selalu terpikirkan oleh penderita.

Bagaimana dengan Anda Gosocioers? Apakah Anda juga memiliki phobia akan sesuatu? Boleh bagikan informasinya dan bagaimana menyiasatinya agar bisa berguna bagi sesama.

Source: Sindonews.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus