Translate »

Inilah 6 Keju Paling Mahal di Dunia

Saat ini di dunia kuliner, keju menjadi pilihan baru para pencicip makanan yang lezat. Penggabungan makanan dengan keju membuat kreasi makanan semakin banyak dengan berbagai macam rasa yang membuat lidah Anda siap bergoyang akibat rasa lezat yang diberikan.

Tapi bukan sembarang keju yang bisa dipakai oleh para koki. Penggunaan keju hanya beberapa jenis yang dipakai untuk dibuat sebagai masakan. Biasanya penggunaan keju untuk dipakai dalam masakan hanya berjumlah 6 jenis saja.

Namun apakah Anda tahu bahwa keju-keju tersebut bukanlah keju sembarangan. Melainkan keju spesial yang memiliki harga selangit!

Kenapa bisa memiliki harga yang mahal? Karena keju ini berisikan mulai dari susu keledai langka hingga jamur truffle yang mewah.

Oleh karena itu apabila Anda seorang pencinta makanan dan pecinta keju wajib tahu berbagai jenis keju. Beriku adalah 6 jenis keju yang haranya paling mahal di dunia:

1. Caciocavallo Podolico 

Pics: http://www.top5ives.com/

Keju ini dihargai 42-50 USD atau apabila dirupiahkan sekitar Rp. 561.000-667.000 per 453 gram. Pada umumnya juga disebut keju kuda meskipun dalam pembuatannya tidak dipakai menggunakan susu kuda. Tetapi karena dulunya susu untuk membuat keju diangkut oleh kuda, banyak orang menyebutnya susu kuda.

Keju Caciocavallo Podolico sebenarnya dibuat dari susu sapi keturunan Italia yang langka bernama Podolica. Sapi ini hanya disusui 2 bulan di awal musim panas. Proses pengolahan membuat keju Caciocavallo Podolico terasa mirip Provolene.

2. Bitto Storico 

Pics: tripadvisor.com

Keju Bitto Storico ini dibuat dari kombinasi susu kambing orbic dan susu sapi cokelat asal Swedia. Biasanya disimpan hingga 10 tahun sehingga rasanya legit dan natural. Keju langka Italia ini harganya sekitar 125-150 USD per 453 gram atau sekitar RP. 1,6-2 juta. Namun tahun 1990 seorang importir Hong Kong memborong 20 kg keju ini yang sudah disimpan selama 16 tahun dan dijual lagi ke China.

3. Kreasi eksklusi keju cheddar Wyke Farms 

Pics: http://www.alux.com/

Keju ini dibuat oleh Wye Farms dengan berisikan bukan hanya susu sapi, namun juga dipadukan dengna daun emas dan jamur white truffle dari Perancis. Meski begitu, keju ini tak dijual umum melainkan di tempatkan di Frome Cheese and Gricultura Show. Harga keju ini sekitar 200 USD atau sekitar RP. 2,6 juta per 453 gram.

4. Moose 

Pics: http://www.mostcostly.com/

Keju moose hanya bias ditemui di Elk House di Bjursholm, Swedia. Merupakan keju artisan yang dibuat dari susu rusa Amerika Utara.

Harganya 300-445 US per 453 gram atau sekitar RP. 4-6 juta. Uniknya dari keju ini adalah rusa ini dipelihara sendiri oleh Elk House. Namanya Gullan, Haelga, dan Juna. Ketiganya menghasilkan 272 kg susu setiap tahun. Pemilik Elk House, Chrsiter dan Ulla Johansson menjual 3 jenis keju moose yaitu rind, feta, dan blue.

5. White Stilton Gold 

Pics: pursuitist.com

Keju ini mendapat predikan keju paling “bling” di Inggris karena dibuat dari daun emas sungguhan. Keju ini juga dicampur dengan liqueur emas sehingga harganya mencapai 420-450 USD atau sekitar Rp. 5,6-6 juta per 453 gram.

Makin istimewa karena hanya ada 6 produsen susu yang diizinkan memasok bahan untuk keju ini. Rasanya yang sangat legit membuat keju ini enak dicampur dengan aneka makanan.

6. Pule 

Pics: http://i.dailymail.co.uk/

Bahan istimewa membuat keju Pule ini berharga selaing yaitu 550-600 USD per 453 gram atau sekitar Rp. 7,3-8 juta. Keju Pule ini dibuat dari susu keledai Balkan yang ada hanya di Serbia. Tepatnya di cagar alam Zasavica yang kini dihuni 12 keledai Balkan. Proses pengambilan susu juga masih dilakukan menggunakan tangan 3 kali sehari.

Bagaiamana, Anda sekalian para penggemar kuliner terutama hidangan keju? Tertarik untuk mencicipi beberapa jenis keju mewah tersebut?

Source: detik.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus