Translate »

Inilah Alasan Mengapa Sandwich Dipotong Diagonal

Pernah terpikiran mengapa rata-rata sandwich selalu di jual dengan bentuk potongan yang diagonal, tidak sejajar sisi roti, tapi di potong dengan model yang diagonal?

Pics: http://3.bp.blogspot.com/

Bukan sembarang saja, ternyata selama ini ada alasan ilmiahnya mengapa hampir semua sandwich dipotong dengan model seperti itu. Berikut adalah beberapa alasannya mengapa sandwich dipotong dengan cara diagonal:

Lebih mudah dicelupkan apabila ingin makan dengan tambahan susu atau teh dalam cangkir

Terkadang kita ingin makan roti dengan tambahan-tambahan yang manis seperti gula dan susu, terkadang juga ingin susu cair. Selain membuatnya lebih manis, bisa juga agar tidak terasa seret saat dikonsumsi.

Jadi bentuk diagonal tersebut adalah agar mudah menaruh roti sandwich  lewat mulut gelas atau cangkir yang besar. Jadi apabila sandiwch tersebut berbentuk utuh persegi, akan lebih susah untuk masuk ke mulut gelas tersebut. Jadi, kemudahan dalam bentuk diagonal sandwich salah satunya apabila Anda menginginkan untuk makan roti di tambah susu cair.

Saling menopang agar tidak lembek

Dengan dipotong dengan cara diagonal dan dimasukkan ke dalam plastik untuk dibawa sebagai bekal, bentuk potongan diagonal akan saling mendukung sehingga membuat bentuknya tetap utuh isinya tidak berantakan.

Berbeda ketika dipotong secara membujur, ketika dibawa dengan ditenteng, gaya gravitasi akan membuat kedua potongan tertarik ke bawah sehingga isinya pun menjadi tercerai berai.

Pics: http://www.thepotato.ie/

Potongan diagonal memberikan kontak ke lidah lebih panjang

Dengan potongan secara diagonal, bidang yang bersentuhan dengan mulut akan lebih panjang dibandingkan dengan dipotong membujur apalagi melintang. Kabarnya, bidang yang lebih panjang membuat sensai gigitan menjadi lebih terasa.

Celah yang lebih panjang memungkinkan keju meleleh membentuk semacam jembatan

Untuk roti yang sering dimakan oleh orang-orang barat biasanya diisi dengan telur, daging ataupun keju meleleh. Bentuk diagonal lebih memudahkan keju itu jadi semacam jembatan bila rotinya ditarik memisah. Lelehannya tidak akan langsung meluncur jatuh begitu saja.

Sementara untuk roti yang dipotong secara persegi panjang, akan lebih sulit untuk tejadinya jembatan keju meleleh ini.

Pics: http://newyork.seriouseats.com/

Awal gigitan yang sempurna

Potongan meruncing pada empat ujung membuat gigitan awal yang sempurna. Bagaimana caranya? Cobalah memotongnya dengan secara membujur dan gigitlah untuk pertama kali. Akan ada munculnya remah-remah yang terjatuh.

Itulah beberapa alasan mengapa sandwich itu banyak dipotong secara diagonal. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda setuju dengan model sandwich yang demikian?

Source: Tribunnews.com

 

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , , , , , ,

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus