Translate »

Inilah Layang-Layang Terpanjang Pemecah Rekor Dunia

“Bermain…berlari

Bermain layang layang

Bermain kubawa ke tanah lapang

Hati gembira dan riang”

Mungkin Anda masih ingat dengan penggalan lagu di atas yang sudah dikenal sejak lama. Ya, itu adalah lagu berjudul Layang-Layang yang sangat populer dan diajarkan kepada anak-anak saat masih kecil dulu.

Pics: http://rivista-cdn.sandiegomagazine.com

Banyak yang menganggap layang-layang yang memang sempat sangat populer pada zamannya popularitasnya kini mulai meredup, tetapi nyatanya, pencinta layang-layang sebenarnya masih cukup banyak ditemui di berbagai belahan dunia.

Pics: http://cdn.metrotvnews.com

Baru-baru ini, para pecinta layangan berkumpul untuk merayakan Chongqing International Kite Festival di kota Chongqing, Tiongkok. Dan dari festival itu, muncullah sebuah rekor dunia baru untuk layang-layang terpanjang dengan panjang total 6,000 meter.

Pics: http://www.chinadaily.com.cn

Menurut kantor berita Chinanews, layang-layang yang dinamakan “Chinese Dream” tersebut diterbangkan oleh dua orang profesional dari provinsi Shandong dan telah berhasil memecahkan rekor Guinness World Record untuk yang baru dari rekor terpanjang terpanjang sebelumnya yaitu  5,000 meter.

Ukuran panjang tersebut cukup menjadi perbincangan karena banyak yang meragukan apakah benar ada layangan yang memiliki panjang sampai enam kilometer. Namun terlepas dari benar atau tidaknya, angka tersebutlah yang dilaporkan. Pembuatan layang-layang itu sendiri menghabiskan biaya hingga 100,000 Yuan dengan lebih dari 2,000 bagian potongan yang menyusun keseluruhan model layangan tersebut.

Layangan dengan desain kepala naga tersebut juga sangat teliti dalam memilih bahan dasar untuk pembuatannya. Karena ukurannya yang besar tersebut, layangan ini dikabarkan memerlukan tenaga tiga orang dan waktu lebih dari enam jam untuk dapat diterbangkan! Acara festival ini sendiri berlangsung pada tanggal 4 April di Fair Mountain National Forest Park di kota Chongqing dengan banyak peserta yang berdatangan dari banyak negara.

Pics: https://thenanfang.com

Tampaknya, penggemar layangan terutama di negara Tiongkok tidak main-main dengan hobinya tersebut. Belum lama ini, rekor layangan terbesarar juga telah dipecahkan di kota Guangdong dengan ukuran 2,600 meter persegi dan dinamakan “Chinese Knot”.

Bagaimana menurut Anda?

Source: Shanghaiist

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus