Translate »

Jangan Lewatkan Waktu Sarapan Anda

Pics: http://acorninternational.co.uk

Sarapan di pagi hari bukan hanya penting bagi anak-anak. Meskipun Anda mungkin telah berhenti tumbuh, tubuh terus menerus memperbaharui dirinya, mengganti sel kulit, rambut dan kuku, mengganti jaringan lama dengan yang baru, dan membangun kembali tulang, yang secara umum akan menjaga tubuh dalam bentuk yang terbaik.

Sarapan sangatlah penting karena setelah tidur malam yang panjang, tubuh kekurangan energi, protein, vitamin, dan mineral. Berikut ini sedikit alasan mengapa kita perlu sarapan, diantaranya:

1. Melewatkan sarapan picu kegemukan
Meskipun tidak ada efek langsung, tapi sebuah penelitian mengindikasikan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Satu penelitian besar lainnya mengungkapkan, orang yang melewatkan sarapan memiliki bobot tubuh 4,5 kali lebih berat daripada yang sarapan.

2. Membantu menyeimbangkan protein
Kebanyakan orang cenderung memakan protein saat makan siang atau malam. Protein sangat penting untuk mengembangkan dan menjaga bentuk otot pada tingkat maksimum. Ketika Anda mendapat protein di malam hari, sebagian besarnya justru akan terbuang karena tubuh menggunakannya sangat banyak hanya satu kali.

Jadikan waktu sarapan untuk menyantap makanan berprotein, seperti telur, susu, yogurt, keju, dan daging tanpa lemak. Manfaat lainnya dari protein yakni menjaga Anda tetap kenyang dalam waktu cukup lama.

Pics: http://upload.wikimedia.org

3. Mencukupi nutrisi
Kue-kue dan sarapan dengan daging berlemak tidak termasuk. Tetapi jika Anda tetap bertahan dengan sarapan seperti karbohidrat kompleks dan susu, buah dan yogurt, atau telur dan sayuran rebus, Anda akan mendapatkan kebutuhan nutrisi harian yang cukup.

Orang yang sering melewatkan sarapan cenderung memiliki tingkat kalsium, potasium, magnesium, fosfor dan zinc, vitamin A, E, B6, C, dan folat yang lebih rendah.

4. Bermanfaat bagi gula darah dan tingkat kolesterol.
Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa wanita sehat dan ramping yang melewati sarapan, gula darah puasa mereka lebih tinggi. Begitu juga dengan kolesterolnya. Melewatkan sarapan menyebabkan wanita makan lebih banyak sepanjang hari daripada wanita lainnya yang sarapan.

5. Melewatkan sarapan tak akan mengurangi kalori.
Sepertinya menghindari makan besar bisa menyebabkan kita lebih mudah menurunkan berat badan, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak sarapan justru makan lebih banyak dalam satu hari. Akibatnya mereka juga mudah gemuk.

Pics: http://www.thefuss.co.uk

Suatu studi mengungkapkan, melewatkan sarapan terkait dengan peningkatan risiko penyakit kronis seperti diabetes, sindrom metabolisme, dan tekanan darah tinggi. Namun apakah penyakit tersebut dihasilkan dari berat badan berlebih tanpa sarapan cenderung untuk membawa atau dari melewatkan sarapan itu sendiri perlu penelitian lebih lanjut.

Nah, Gosocioers jangan sampai lewatkan waktu sarapan Anda.

Sumber: Berbagai sumber

Tagged with:     , , , , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440