Translate »

Jangan Remehkan Apabila Anda sering Nyeri Pinggang

Apakah Anda akhir-akhir ini sering merasakan nyeri pinggang? Mungkin yang Anda kira nyeri ini karena Anda salah tidur atau salah duduk saja? Atau mungkin Anda terlalu lelah jadi Anda merasa hal seperti ini biasa saja dan tidak perlu menanganinya secara serius? Perlu diketahui bahwa nyeri pinggang yang terlalu sering ini bisa menjadi penyebab penyakit-penyakit tertentu!

Pics: http://www.andasehat.com/

Dahulu, nyeri pinggang ini identik dengan penyakit kaum lansia atau orang tua. Alasannya, penyakit ini identik dengan punggung dan dikarenakan kekebalan tubuh lansia sudah berkurang.  Tapi sekarang, penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan usia berapa saja serta penyebab dan penanganannya pun beragam.

Bahkan para atlet atau orang yang sering olahraga untuk menjaga tubuh pun bisa merasakan nyeri pinggang. Ahli saraf dari Rumah Sakit Pantai Kapuk, Dr. Melani Yustina, Sp.S menyebut ada beberapa jenis nyeri pinggang yang perlu diketahui:

1. Nyeri Pinggang Non Spesifik 

Pics: freshlifegreen.blogspot.com

Nyeri pinggang jenis ini umumnya disebabkan oleh cedera otot, ligamen, dan kram. Gejala ini biasanya berupa nyeri mendadak jika seseorang melakukan kegiatan berat dan lama. Nyeri ini merupakan 85 persen dari kasus yang ada.

Untuk jenis nyeri ini, pengobatannya cukup dengan istirahat, konsumsi obat analgetik serta kompres daerah nyeri dengan air hangat, dan apabila terpaksa, bisa digunakan suntik lokal.

2. Nyeri Pinggang Hernia Nucleus Pulposus (HNP) 

Pics: monaziters.blogspot.com

Untuk nyeri yang seperti ini adalah akibat nyeri pinggang yang menjalar hingga ke tungkai kaki. Untuk nyeri ini diperlukan diagnoas dengan MRI untuk mendapat hasil yang paling tepat, apakah benar apabila Anda memang sedang mendapatkan penyakit nyeri ini.

Pengobatannya untuk nyeri seperti ini bisa dengan obat analgesik, istirahat, dan fisioterapi. Bila pengobatan tersebut tidak berhasil, bahkan terlihat gejara bertambah parah, maka diperlukan tindakan operasi.

3. Nyeri Pinggang akibat Osteoporosis 

Pics: http://img.webmd.com/

Nyeri pinggang ini biasanya menyerang pada wanita sesudah masa menopause, kaum perokok, peminum alkohol, orang yang kurang berolahraga, dan pengkonsumsi obat-obatan mengandung steroid yang digunakan dalam jangka lama.

Nyeri pinggang ini bisa menyebabkan tulang mudah patah dan tulang mudah menjadi gepeng. Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan densitas tulang, terutama bagi kaum lansia.

4. Nyeri Pinggang akibat Tumor Ganas 

Pics: http://obattumor.org/

Untuk nyeri ini merupakan tingkatan yang paling berat dan juga menyakitkan. Selain akibat tumornya, akibat dari nyerinya pun menyakitkan. Nyeri ini bisa terjadi karena tumor payudara, tumor prostat, dan lainnya.

Untuk pengobatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli untuk dipertimbangkan langkah selanjutnya.

5. Nyeri Pinggang Psikogenik 

Pics: documents.tips

Nyeri ini ditemukan pada penderita depresi dan cemas, biasanya sudah kronis dan berlangsung lebih dari 3 bulan. Hal ini terjadi karena gejala yang terjadi tidak sesuai dengan pemeriksaan klinik.

Disarankan untuk mengatasi masalah depresi atau kecemasan yang dialami oleh pasien terlebih dulu.

Untuk Anda yang sering nyeri pinggang, jangan anggap remeh. Bila terjadi terlalu sering, coba untuk berkonsultasi dengan dokter yang tepat sesegera mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Source: tribunnews.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus