Translate »

Kampung Warna–Warni Jodipan di Kota Malang

http://cdn-2.tstatic.net/

Mungkin Anda senang untuk bertravelling dengan mengunjungi tempat-tempat di pedesaan? Ada satu tempat yang sangat unik dan berbeda dari kampung-kampung lain yang mungkin pernah Anda kunjungi.

Ya, namanya adalah Kampung Warna-Warni yang terletak di desa Tiga RT Jl. Juanda, kelurahan Jodipan, Kota Malang. Sesuai dengan namanya, kampung ini memang menawarkan banyak paduan warna-warni nan cerah karena merupakan hasil kreativitas anak muda dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dengan unsur ceria dan keunikannya itu, tak ayal bila tempat ini menjadi tujuan menarik untuk melakukan selfie.

http://www.indonesia-heritage.net/

Kreasi para mahasiswa ini berawal dari sebuah tugas praktikum PR dan Event Management. “Meski praktikum, kliennya harus nyata,” terang Nabila Firdausiyah, Ketua Pelaksanaan ditemani Dinni Anggraeni, rekannya yang bertugas sebagai PDD (Publikasi Dekorasi dan Dokumentasi) ketika bertemu SURYAMALANG.COM di kampung Jodipan, Kamis (20/7/2016). Cukup simpel, 8 mahasiswa ini menghiasi kampung jodipan dengan malukakan pengecetan dengan cat yang berbeda – beda warna. Walaupun belum 100 persen melakukan pengecetan, akan tetapi desa ini sudah lebih berbeda dengan keadaan sebelumnya.

http://www.hipwee.com/

Kawasan ini sendiri terletak di bantaran sungai Brantas, dengan kontur bertingkat–tingkat sehingga membuat pemukiman padat di kampung Jodipan terlihat bagus dari kejauhan. Jika di lihat dari bantaran sungai, kampung ini terlihat indah karena konsep yang bertingkat–tingkat tersebut sehingga hampir semua rumah terlihat oleh mata. Mahasiswa tersebut mengusung konsep “Decofresh Warnai jodipan”, yaitu dengan mewarnai rumah–rumah yang ada di kampung Jodipan tersebut. Pengecatan tersebut menghabiskan cat sekitar 2 ton terdiri dari 15 warna yang berbeda.

Kolonghttps://3.bp.blogspot.com

Uniknya, ternyata tidak hanya dinding–dinding yang di cat, termasuk juga kolong-kolong sempit yang ada. Dengan antusias, warga ikut membantu program pengecetan tersebut yang berlangsung pada hari pertama puasa Ramadhan 1437H (2016). Atap rumah yang dahulunya hitam nyaris tidak terlihat bentuk dari atap genteng sekarang telah berubah warna–warni dan akan tampak indah jika didokumentasikan menggunakan drone.

https://thumb.netz.id

Untuk menuju kampung Jodipan sebenarnya tidak sulit.  Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Malang maka Anda bisa turun di Stasiun Kota Baru Malang. Dari situ, Anda bisa mencapai Kampung Jodipan selama 5-10 menit dengan kendaraan bermotor, baik pribadi ataupun umum, seperti angkot dan ojek. Setelah Anda sampai di desa Jodipan, Anda akan di tarik uang sebesar 2 ribu rupiah per orang. Anda mungkin diharuskan membayar biaya perkir apabila datang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Desa ini perharinya telah di kunjungi ratusan orang yangingin melihat pesona indahnya desa Jodipan dengan warna-warni cerianya.

Masih mencari ide untuk berlibur di akhir pekan? Tunggu apalagi, segera kunjungi desa Jodipan dan dapatkan foto dengan angle terbaik Anda sebelum warna cerah catnya memudar.

Source: Dari Berbagai Sumber

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus