Translate »

Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi?

Gosocioers disini pasti banyak yang suka minum kopi, tidak sedikit pula bahkan yang menjadikan kopi sebagai ritual dalam kesehariannya.

Kopi, selain menyegarkan, memang dapat membantu Anda memberikan energi ekstra untuk menjalani aktivitas keseharian. Maka dari itu, kebanyakan orang mengkonsumsi kopi di pagi hari atau sebelum masuk kantor. Namun ternyata, pagi hari bukanlah waktu terbaik untuk meminum kopi, mengapa bisa demikian?

Pics: http://www.sabusinessindex.co.za

Itu disebabkan karena di pagi hari, jumlah hormon kortisol dalam tubuh sedang dalam angka yang tinggi. Hormon kortisol atau hormon stress inilah yang sebenarnya masih dapat membuat Anda fokus dan waspada sehingga tambahan energi dari stimulan seperti kafein sebenarnya belum dibutuhkan oleh otak dan tubuh. Jika dibiarkan, maka lama kelamaan tubuh akan memproduksi lebih sedikit tingkat kortisol sehingga tubuh akan menjadi kurang segar dan timbul ketergantungan terhadap kopi di pagi hari.

Kurang lebih pada pukul 10 – 11 pagi atau setelah sudah berada di kantor sebenarnya merupakan waktu yang lebih baik untuk mengkonsumsi kopi karena pada rentang waktu tersebut, produksi kortisol serta gula darah sudah menurun. Begitupun di siang hari, sekitar pukul 12 hingga 1 siang, produksi kortisol kembali naik dan akan menurun kembali kurang lebih di antara pukul 2 siang hingga 5 sore.

Pics: http://media2.popsugar-assets.com

Sehingga, ada baiknya untuk mengatur waktu yang terbaik untuk minum kopi agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan alamiah tubuh. Minum kopi juga baiknya dibatasi maksimal 3 cangkir dalam sehari dan tidak diminum pada malam hari karena efek kafein dapat memberikan stimulasi pada otak bahkan hingga beberapa jam setelah meminumnya sehingga sangat memungkinkan Anda untuk mengalami gangguan tidur.

Demikianlah informasi bagi Anda yang ingin menjalankan ritual harian minum kopi dengan sehat dan efektif. Semoga informasi ini bermanfaat.

Source: Detik.com

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , , , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus