Translate »

Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Disadari Masih Sering Dilakukan (Bagian 2)

Ini adalah sambungan dari Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Disadari Masih Sering Dilakukan

Pics: http://biostressimagery.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengubah kebiasaan pada diri seseorang memanglah tidak semudah membalik telapak tangan dan memerlukan usaha serta waktu yang tidak sebentar. Disamping itu, ada juga kebiasaan buruk berdampak langsung kepada kesehatan sehingga ada baiknya menerapkan komitmen untuk bisa merubahnya.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang tanpa disadari masih sering dilakukan dan dapat mengganggu kesehatan:

1. Menggigit kuku

Pics: http://beautyranger.com

Menggigit kuku adalah sebuah kebiasaan yang banyak dilakukan dan bisa jadi merupakan aktivitas saat seseorang mengalami stress atau ketakutan. Sayangnya, kuku tangan mengandung banyak sekali kuman dan bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh tanpa disadari. Masuknya bakteri-bakteri tersebut juga bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih buruk.

2. Sering membungkuk

Pics: http://www.coachingforinspiration.com

Membungkuk boleh saja memberikan rasa nyaman bagi tubuh Anda ketimbang duduk tegak lurus ataupun berdiri, namun sayangnya, tidak demikian dengan saraf dalam tubuh. Dalam posisi membungkuk, berat kepala manusia sudah cukup untuk membuat otot-otot leher untuk menahan beban tersebut dan bisa menyebabkan kram pada saraf yang biasanya timbul dalam bentuk sakit kepala. Sedikit trik agar tidak sering membungkuk terutama saat duduk adalah dengan melakukan gerakan pengalih perhatian seperti memperbanyak sandaran dan juga menyilangkan kaki terutama saat berada seharian di kantor.

3. Makan terlalu cepat

Pics: http://maxcdn.fooyoh.com

Disaat sedang sibuk, Anda mungkin sering makan terburu-buru dan menghabiskan makanan dengan cepat. Masalahnya, kelakuan demikian tidak cukup memberi waktu kepada pertu Anda untuk mengirim sinyal kepada otak  bahwa Anda sebenarnya sudah kenyang. Akibatnya, Anda akan makan lebih banyak dari seharusnya dan memungkinkan untuk mengalami kembung, mual dan bertambahnya berat badan. Cobalah untuk makan sedikit pada waktu tertentu dan jangan menunggu hingga terlalu lapar sebelum makan.

4. Mengemil seharian

Pics: http://www.mindfulmum.co.uk

Mengemil makanan tidak sehat sepanjang hari seperti biskuit, cokelat dan sebagainya sebelum jadwal makan yang teratur membuat tubuh menjadi sulit untuk mendeteksi rasa lapar yang muncul secara alamiah. Akibatnya, tubuh akan terus merasa lapar dan Anda akan terus menginginkan makanan yang dapat membuat Anda menjadi kelebihan berat badan. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat saat sarapan, makan siang dan malam secara teratur dan hindari kebiasaan mengemil, terutama makanan yang tidak sehat.

5. Wanita juga memerlukan pembentukan kekuatan otot

Pics: http://www.bloglet.com

Biasanya, wanita lebih senang melakukan aktivitas olahraga untuk menjaga kesehatan dan menjaga bentuk tubuh. Sayangnya, tubuh wanita bekerja cukup berbeda dengan pria sehingga wanita tidak dengan mudah dapat membentuk otot saat berolahraga. Melakukan aktivitas pembentukan kekuatan otot bagi wanita dapat membantu untuk membakar lemak dalam tubuh dengan debih mudah serta memperkuat tulang dan bahkan, mencegah terjadinya diabetes.

6. Melakukan diet yang tidak teratur

Pics: http://1.bp.blogspot.com

Melakukan diet secara tidak teratur (yo-yo diet) sangat tidak baik bagi tubuh. Melakukan diet yang baik harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan dan bukan melakukannya sesekali, berhenti, lalu memulainya dari awal lagi. Hal ini dapat menyebabkan Anda lebih sulit untuk menurunkan berat badan kedepannya. Beberapa artis peran seperti Tom Hanks bahkan dikabarkan pernah mengalami Diabetes Type II karena melakukan program pengurangan berat badan yang terlalu cepat dan mengembalikannya ke berat semula terlalu cepat juga saat pembuatan salah satu filmnya. Jika Anda memang ingin melakukan diet, lakukan dengan sehat dan teratur, atau lupakan untuk melakukan diet dan perbanyaklah aktivitas olahraga.

Demikianlah beberapa contoh lagi dari kebiasaan buruk yang sering terabaikan dalam aktivitas sehari-hari.

Ingatlah bahwa banyak dari kebiasaan tersebut yang mungkin tidak menunjukkan akibat buruk dalam waktu dekat tetapi dalam jangka panjang. Jangan lupa juga bahwa yang namanya kebiasaan buruk harus diubah, terutama yang dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan Anda.

Semoga bermanfaat.

Source: TheRichest

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440