Translate »

Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Disadari Masih Sering Dilakukan

Pics: http://coachrisa.com

Mengubah kebiasaan pada diri seseorang memanglah tidak semudah membalik telapak tangan dan memerlukan usaha serta waktu yang tidak sebentar.

Namun terlalu sering kebiasaan buruk berdampak langsung kepada kesehatan sehingga ada baiknya menerapkan komitmen untuk bisa merubah kebiasaan buruk tersebut dengan lebih cepat. Sayangnya, apa yang dikatakan buruk oleh satu orang belum tentu dipandang buruk oleh orang lain, misalnya saja saran bahwa meminum red wine setiap hari baik untuk kesehatan tetapi orang lain beranggapan bahwa hal terserbut bisa mengakibatkan diabetes.

Beberapa hal memang harus dilihat baik buruknya terutama seberapa cocok hal tersebut dengan individu yang bersangkutan. Namun untuk kasus yang lebih umum, masih banyak juga kebiasaan buruk yang menggangu kesehatan namun sering terabaikan. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Tidur dengan lensa kontak masih terpasang

Pics: http://i.dailymail.co.uk

Meskipun terdengar sepele dan bisa saja terjadi tanpa disadari, tidur dengan lensa kontak masih terpasang bisa mengakibatkan banyak hal buruk seperti infeksi pada mata hingga luka pada bagian kornea yang dapat mengakibatkan kebutaan. Cobalah untuk lebih memperhatikan hal ini agar kesehatan mata Anda bisa lebih terjaga.

2. Tidak cukup bergerak

Pics: http://thespineandhealthcenter.com

Berolahraga selama setengah jam hingga satu jam per hari mungkin saja baik untuk menjaga kesehatan. Tetapi bagi seseorang yang menghabiskan waktu untuk duduk selama 8 hingga 10 jam per harinya, aktivitas gerak termasuk olahraga perlu ditambahkan lagi porsinya untuk mencegah peluang terjadinya serangan jantung dan stroke. Beberapa hal simpel yang bisa dilakukan untuk menyiasatinya antara lain memperbanyak gerakan saat sedang duduk, naik tangga daripada lift, serta lakukan olahraga tambahan saat sepulang kerja.

3. Tidak memperhatikan perlengkapan olahraga yang sesuai

Pics: http://www.active.com

Berolahraga untuk kesehatan merupakan sebuah bentuk investasi yang sangat penting bagi tubuh seseorang. Sebagai bentuk investasi, ada modal yang harus dikeluarkan dalam bentuk waktu dan keperluan yang sesuai. Menggunakan perlengkapan olahraga tidak hanya harus nyaman, tetapi juga bisa mengindari diri dari risiko cedera. Pakaian yang dipakai saat berolahraga harus memiliki sirkulasi udara yang cukup, begitu juga dengan kaos kaki untuk menggunakan yang sesuai agar tidak terjadi kapalan. Sepatu olahraga pun perlu diperhatikan karena meskipun masih terlihat dalam kondisi bagus, jika masa penggunaannya sudah habis, akan lebih memungkinkan untuk terjadinya cedera.

4. Berjemur terlalu lama

Pics: http://showandtellonline.s3.amazonaws.com

Bagi Anda yang gemar untuk berjemur di bawah sinar matahari tanpa perlindungan yang cukup, mulailah merubah kebiasaan itu. Paparan langsung terhadap sinar UV akan dapat merusak jaringan DNA kulit dan dapat menyebabkan dampak yang buruk pada kulit. Selalu siapkan pelindung kulit seperti sun protection (tabir surya) ataupun pelindung dari sinar matahari secara langsung seperti pakaian dan juga payung.

5. Tidak cukup waktu tidur

Pics: http://www.standard.co.uk

Waktu tidur yang berkualitas lebih penting daripada hanya tidur dalam waktu yang lama. Terkadang, gangguan pekerjaan dan hal lainnya bisa menyebabkan Anda kekurangan tidur dan tanpa terasa, dapat merasa pusing dan sulit untuk berkonsentrasi. Cobalah sedikit membiasakan diri untuk mendapatkan 6-8 jam waktu tidur yang tidak terputus dan rasakan khasiatnya bagi kesegaran dan kebugaran tubuh untuk menjalani aktivitas.

6. Tidak menyempatkan untuk mem-floss

Pics: http://faresedental.com

Menyikat gigi secara teratur memang penting tetapi mem-floss juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan gusi terutama di usia lanjut nantinya. Floss juga dapat membantu menghindarkan Anda dari ancaman seperti pengerasan pada carotid arteri, kanker pankreas dan juga stroke.

7. Masih melewatkan sarapan

Pics: http://health.ninemsn.com.au

Setiap waktu makan termasuk sarapan, makan siang dan malam juga sama pentingnya untuk diperhatikan. Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk terus beraktivitas dan memulainya dengan sarapan yang sehat dan bergizi akan memberikan tenaga ekstra pada diri Anda. Melewatkan sarapan bisa berakibat menurunnya level insulin dalam tubuh dan membuat Anda merasa cepat lapar sehingga akan makan dengan porsi berlebih saat makan siang. Sebuah penelitian bahkan mengatakan bahwa melewatkan sarapan merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang mengalami obesitas.

Demikianlah beberapa kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan tetapi masih sering dilakukan tanpa disadari.

Seperti juga halnya merubah kebiasaan memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar, gunakan sedikit waktu Anda untuk mengingat kembali apakah kebiasaan-kebiasaan diatas masih sering Anda lakukan? Jika iya, cobalah untuk merubahnya sedikit demi sedikit karena masih banyak kebiasaan buruk lainnya yang akan kami bahas.

Bersambung ke bagian 2.

Source: TheRichest

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440