Translate »

Macam-macam Olahan Teh Mancanegara

Jenis teh yang beraneka ragam menjadikan mereka diseduh dengan beraneka cara pula. Olahan dan seduhan teh tersebut pun tidaklah mudah dan sederhana. Ide-ide baru selalu dikembangkan untuk menyeduh teh menjadi minuman yang lebih enak dan dicari masyarakat. Di setiap negara pun begitu, mereka mempunyai cara tersendiri dalam mengolah teh dan menjadikannya minuman khas negara tersebut. Namun apa sajakah seduhan teh tersebut? Berikut kita simak macam-macam olahan teh mancanegara. Enjoy !!

Teh Tarik, Malaysia

1570

Photo courtesy of comesingapore.com

Munculnya banyak restoran kopitiam menjadikan teh tarik menjadi populer di Indonesia. Tak hanya di Indonesia teh tarik sangatlah populer di seluruh dunia terutama di negara-negara Asia. Walaupun begitu tak banyak yang tahu bahwa dalam asal-usulnya olahan teh ini berasal dari Malaysia. Teh tarik adalah campuran bubuk teh hitam dengan susu kental manis. Nama teh tarik berasal dari cara dalam pembuatannya yang unik. Proses penuangan teh yang dilakukan dengan cara ditarik, yaitu teh dan susu dioper dari satu cangkir ke cangkir lainnya. Cangkir yang dipakai berukuran cukup besar dan berbahan dasar alumunium. Biasa makanan ini dimakan dengan nasi lemak ataupun roti canai. Teh ini dapat diminum baik panas maupun dingin dan sangat terkenal di daerah Penang, Malaysia.

Thai Tea, Thailand

thai tea

Photo courtesy of thaicuisine

Thai tea adalah teh olahan khas Thailand yang sajiannya sekilas mirip dengan teh tarik tetapi memiliki rasa yang berbeda. Sama dengan teh tarik, teh ini pun sangat terkenal di negaranya dan juga mancanegara karena rasanya yang cocok dengan lidah kebanyakan orang. Berbeda dengan teh tarik, Thai tea adalah campuran teh hitam dengan bunga lawang, gula dan juga susu evaporasi. Teh ini memeiliki rasa pahit yang tak pekat dan cenderung manis. Teh ini dapat di sajikan baik panas maupun dingin. Thai tea dapat ditemukan di sekitar Bangkok dan biasanya di jual oleh pedagang kaki lima.

Noon Chai, Kashmir

Sheer-Chai

photo courtesy of storypick

Teh Noon Chai adalah teh olahan khas Kashmir. Kashmir adalah wilayah yang terbagi oleh tiga Negara yaitu Pakistan, India dan juga Tiongkok. Teh Noon Chai adalah teh susu yang bewarna merah dan memiliki aroma yang semerbak. Warna kemerah-merahan teh Noon Chai menjadikan teh ini seringkali disebut pink tea ataupun kashmir tea. “Noon” disini berarti garam dalam bahasa lokal. Ini dikarenakan untuk membuatnya dibutuhkan bubuk teh, susu dan juga garam yang direbus bersama. Sedangkan warna merah jambu didapat karena penambahan baking soda. Rasa pahit teh berpadu gurih karena susu dan garam begitu terasa dalam seduhan minuman ini. Minuman ini juga dapat ditambahkan dengan potongan kacang almond, pistachio, sedikit rempah dan kayu manis. Minuman ini biasanya dihidangkan di acara-acara istimewa seperti pernikahan dan juga saat kumpul keluarga.

Teh Rosella dari Lebanon

teh rossella

Photo courtesy of drinkhealthy

Teh rosella adalah salah satu teh yang cukup populer di Indonesia. Teh rosella memiliki manfaat yang banyak sekali untuk peminumnya. Teh rosella ini juga banyak di sediakan di beberapa kedai teh Indonesia karena tanaman teh ini juga tumbuh di negara-negara beriklim tropis. Teh rosella ini memiliki rasa masam. Semakin pekat warna merah pada kelopak Rosella, rasanya akan semakin asam dan kandungan antioksidannya semakin banyak. Kadar senyawa berkhasiat yang terkandung dalam kelopak Rosella berada pada tingkat tertinggi jika dikonsumsi dalam keadaan yang masih segar. Maka dianjurkan menyeduhnya dengan kelopak yang masih segar.

Matcha Tea dari Jepang

matcha-green-tea-set-450x297

Photo courtesy of sleepwarrior

Jepang memiliki teh yang sangat beragam dan juga terkenal di seluruh dunia. Salah satu olahan teh yang terkenal adalah Matcha Tea. Hampir semua restoran jepang menawarkan matcha teh sebagai salah satu hidangan minumannya. Di Jepang, pohon teh biasanya tumbuh pada tempat yang tidak langsung terkena matahari , oleh sebab itu, warna daun teh biasanya menjadi hijau terang. Match Tea dibuat melalui proses pengeringan dan penumbukan daun teh yang menjadi bubuk. Untuk menyeduhnya di perlukan beberapa langkah sederhana. Pertama-tama bubuk Matcha Tea dalam cangkir dituangkan air mendidih dan diaduk rata lalu diamkan dengan menutup cangkir tersebut selama kurang lebih 3 menit. Biasanya teh ini di konsumsi dengan tawar dan tanpa tambahan gula.

Masala Chai dari India

Spiced-Chai-3-800

Photo courtesy of djfoodie

Walaupun setiap daerah di India memiliki komposisi yang berbeda untuk minuman khas ini. Namun pada umumnya, Masala Chai terdiri dari teh hitam pekat yang dicampur dengan susu dan juga tambahan kayu manis, kapulaga, cengkeh, jahe, lada hitam, juga rempah lainnya dalam seduhan. Teh ini terkenal dengan aromanya yang luar biasa. Biasanya teh ini sangat terkenal di kawasan Kolkata India.

Po Cha dari Tibet

110811-178098-tea-tibetan-salty-butter-yak-tea-primary_edited-1

Photo courtesy of drinks.seriouseats

Dalam soal teh, Tibet memiliki tradisi sendiri. Po Cha yang juga dikenal dengan butter tea ini bewarna putih susu. Komposisi Po Cha ini sangatlah unik,  karena merupakan campuran dari daun teh, garam dan juga mentega yang diseduh dalam teko. Untuk mengolah teh ini, tidak hanya diperlukan air hangat biasa. Tetapi harus dimasak selama berjam-jam sampai tekstur air menjadi kental. Mungkin bagi sebagian dari Anda menganggap rasa teh ini sedikit aneh. Tetapi teh ini memiliki kashiat dalam menjaga stamina dan memenuhi kebutuhan kalori pada tubuh. Teh Po Cha ini biasa menjadi hidangan tuan rumah saat tamu datang. Tamu yang dijamu dengan sajian ini harus menghabiskan tiga cangkir Po Cha, jika tidak, tuan rumah akan merasa terhina dan tamu dianggap sombong.

Nah itulah beberapa olahan teh mancanegara yang terkenal, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian para penggemar teh.

Jika Anda membutuhkan perlengkapan untuk meminum teh yang unik dan berkualitas cari di SINI !!

Jika Anda membutuhkan perlengkapan makan dan minum yang berkualitas cari di SINI !!

Sourcel: Kompas

Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"