Translate »

Mainan Jaman Dahulu Mengingatkan Anda Masa Kecil

Masa kecil memang merupakan masa yang membahagiakan karena banyak waktu diisi dengan bermain. Mungkin Anda masih ingatkah dengan masa kecil Anda dan mainan apakah yang dulu gemar Anda mainkan sendiri ataupun bersama dengan teman?

Sebelum era modern seperti sekarang ini, manian masa kecil Anda dulu memang masihlah sangat sederhana, tetapi bukan berarti tidak seru untuk dimainkan. Terlebih lagi bermain dengan anak-anak sebaya membuat permainan yang simpel pun terasa lebih hangat dan seru. Boleh jadi masa-masa tersebut lebih berkesan dan mengena dibandingkan dengan permainan di dunia maya seperti sekarang ini.

Meski tergolong sederhana, sebenarnya mainan jaman dulu bisa terbilang cukup mengasah keterampilan dan kreatifitas juga, serta tentunya sembari mengolah tubuh agar lebih bugar. Bagi Anda yang mungkin kangen dengan mainan jaman dulu, berikut adalah beberapa yang mungkin gemar Anda mainkan di masa kecil Anda:

1. Gasingan

Pics: http://tango.image-static.hipwee.com/

Terbuat dari kayu dan bisa dibuat sendiri, bentuknya bermacam–macam model dan dimainkan dengan menggunakan tali yang di anyam dan biasa di sebut dengan tali pati. Memainkannya cukup digulungkan pada kayu dengan posisisi yang pas lalu tarik dan gasingan akan berputar kencang. Biasanya mainan ini sering dimainkan beberapa orang dan diadu, barang siapa yang gasinganya jatuh atau berhenti lebih dulu maka Ia akan kalah. Mainan ini juga sudah tersedia dengan bahan plastik, tapi mungkin sekarang ini sudah sedikit sekali peminat atau bahkan sudah tidak ada peminatnya lagi.

2. Yoyo

Pics: http://tango.image-static.hipwee.com/

Siapa yang tidak kenal mainan yoyo? Dahulunya, bahannya menggunakan kayu dan cara memainkanya cukup dengan menggunakan tali benang yang tebal lalu lempar kebawah maka yoyo akan berputar dengan kondisi masih berada di benang. Yoyo ini banyak di lombakan dan walupun kelihatanya sepele tapi popularitasnya juga sampai ke luar negeri bahkan cara bermainya lebih profesional. Yoyo ini telah menarik perhatian pengusaha untuk membuat yoyo dengan bahan plastik, sekarang banyak di jual dengan bahan plastik lalu ada lampunya juga, lampu akan menyala ketika yoyo di mainkan.

3. Layangan

Pics: http://s.kaskus.id/

Pembuatanya mudah tapi perlu keseimbangan karena jika asal–asalan maka layangan tidak akan bisa terbang. Di desa sering di buat dengan berbagai bentuk dan di sebut ‘bapangan’ yaitu layangan yang besar. Untuk menerbangkanya pun perlu menggunakan tali yang kuat. Permainan akan seru ketika benang layanganada yang putus, kamudian sembari teriak–teriakan mengejar layangan tersebut bersama–sama dengan teman, tidak menganal apa saja yang menghalanginya semuanya di terjang demi mendapatkanya.

Selain di lingkungan pedesaan, layangan juga banyak di jual di perkotaan. Sering juga anak–anak memainkanya meski hanya musiman. Sayangnya. suasana kota tidak sama dengan di desa yang banyak lapangan luas. Di perkotaan, anak – anak sembarangan menerbangkanya lalu banyak yang tersangkut pada kabel listrik sehingga membuat kota menjadi terlihat kotor.

4. Lompat Tali Karet

Pics: https://2.bp.blogspot.com

Lompat tali ini biasanya lebih sering di mainkan anak perempuan. Permainanya menggunakan karet yang telah di anyam lalu berbentuk tali panjang, permainan ini membutuhkan orang minimal 3 atau juga bisa dengan 2 orang saja. Meloncat–loncat menghindari tali yang di putar 360 derajat. Sekarang ini, permainan ini sudah sedikit peminatnya padahal permainan ini membuat tubuh banyak bergerak dan menjadi sehat.

5. Gatrik

Pics: http://kkcdn-static.kaskus.co.id/

Gatrik dalam bahasa Jawa di kenal dengan bentik. Permainan ini mungkin sudah tidak di kenali dengan anak–anak di jaman sekarang, padahal, memainkannya sebenarnya cukup mudah dan membutuhkan pemain minimal 2 orang saja. Tapi mungkin Anda yang dulu pernah bermain sekarang sudah lupa, karena sekarang sudah tidak ada lagi yang memainkan permainan ini.

6. Egrang

Pics: http://budaya-indonesia.org

Egrang mungkin masih cukup banyak dimainkan hingga sekarang ini baik di desa maupun di kota. Permainan yang membutuhkan keterampilan dalam menggunakannya ini memang tidak mudah dimainkan apalagi bila Anda tidak terbiasa. Namun di jaman modern ini, permainan egrang sering divariasikan misalnya dalam pertunjukkan sirkus. Bmbu yang digunakan haruslah kuat dan selanjutnya, Anda tinggal beradu kecepatan dengan teman Anda.

7. Pletokan

http://2.bp.blogspot.com/

Bahanya menggunakan bambu kecil dan cara memainkannya yaitu bambu kecil yang berlubang tersebut di isi peluru dengan kertas yang di basahi atau biji–bijian lalu di sodokkan hingga keluar peluru seperti sedang menembak. Peluru akan melayang tetapi tidak berbahaya dan pemain tidak merasa sakit ketika peluru terkena kulit. Masih ingatkah saat Anda memainkan permainan ini dulu?

8. Ular tangga dan Monopoli

https://lh3.googleusercontent.com

Ular tangga adalah permainan yang asik di jaman dulu, apalagi bila dimainkan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Permainan ini menggunakan kertas yang sudah tergambar dan menggunakan lemparan seperti dadu lalu anda berlomba untuk berjalan sampai finish.

Monopoli masih bertahan hingga sekarang bahkan semakin banyak dikembangkan. Bermainnya dengan adu banyak menguasai lahan dan nantinya dilihat siapa yang akan memiliki uang terbanyak di akhir permainan. Selain menyenangkan, permainan monopoli juga bisa membantu mengasah insting Anda dalam berbisnis.

Seakan tidak ada habisnya, masih banyak permainan jaman dulu yang mungkin pernah Anda mainkan, namun, semoga beberapa permainan di atas dapat membangkitkan sedikit rasa nostalgia Anda akan masa kecil dulu.

Sangat disayangkan beberapa permainan tradisional tidak lagi dilestarikan dan mulai beralih ke permainan modern. Namun tidak apa-apa karena tentunya, pengalaman memainkannya dulu bersama teman akan Anda ingat hingga waktu yang lama dan mungkin bisa Anda ceritakan kepada anak cucu Anda nantinya.

Source: Dari Berbagai Sumber

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus