Translate »

Makanan Khas Dari DKI Jakarta

DKI Jakarta Sebagai ibukota negara Indonesia dan kota metropolitan juga banyak memiliki makanan khasnya sendiri. Salah satu ciri dari makanan khas Jakarta adalah memiliki rasanya yang gurih dan sedap.

Apa sajakah makanan-makanan khas dari DKI Jakarta? Berikut adalah beberapa diantaranya:

Bubur Ase

pics: google

Bubur Ase, makanan khas Betawi yang sudah langka ini, bukan hanya rasanya yang enak, tetapi bubur yang satu ini jelas beda dan unik. Tidak seperti bubur ayam pada umumnya, bubur ase tergolong unik karena merupakan kombinasi dari tiga jenis makanan. Selain bubur yang terbuat dari nasi yang dilumatkan, ada lagi pelengkap lainnya yaitu kuah semur dan asinan yang terdiri dari irisan wortel, kol, sawi asin, dll. Selain itu jika suka bisa juga ditambahkan kerupuk merah atau emping.

Perpaduan bubur, semur, dan asinan ini ternyata menciptakan rasa yang luar biasa. Rasa manis dari kuah semur bercampur dengan gurih dan asam dari asinan benar-benar terasa enak.

Asinan Betawi

pics: https://id.wikipedia.org

Asinan betawi adalah asinan sayuran yang berasal dari Jakarta. Berbagai jenis sayuran yang diasinkan dan diawetkan sepert sawi, kubis, taoge, tahu, selada, potongan tahu mentah, dengan siraman bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai, ditaburi kacang goreng dan krupuk mi.

Soto Betawi

pics: http://klikhotel.com

Soto Betawi merupakan makanan khas Betawi yang cukup terkenal di Jakarta, dalam soto ini terdapati campuran daging, jerohan sapi dan kuah santan kental yang menjadikanya rasa menjadi lebih terasa gurih dan nikmat.

Kembang Goyang

Pics: http://fimela.com

Kembang Goyang yang renyah dan enak ini berbahan dasar tepung beras, kue kering ini disebut Kembang Goyang karena ketika akan digoreng, cetakan digoyang-goyangkan di atas minyak panas agar adonan terlepas dari cetakan. Kue Kembang goyang menjadi suguhan khas masyarakat betawi dan biasa disajikan pada saat hari raya Idul Fitri dan acara-acara hajatan

Kerak Telor

Pics: http://papasemar.com

Kerak telor merupakan salah satu makanan khas dari Jakarta. Makanan ini dibuat dari bahan-bahan antara lain seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering) dan parutan kelapa yang disangrai kering, serta bawang goreng, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir sebagai bumbu pelengkapnya. Cara membuat makanan ini cukup unik karena tidak dimasak di atas kompor namun dimasak diatas bara api. Pedagang kerak telor sesekali membalikkan wajan agar permukaan dari kerak telor tersebut juga terpanggang dan matang merata sambil dikipas-kipas agar bara api tetap menyala. Setelah kering dan matang kerak telor siap untuk disajikan.

Semur Jengkol

Pics: http://medianita.com

Semur jengkol adalah salah satu menu makanan khas, pasalnya siapa yang tidak tahu dengan rasa masakan semur jengkol ini, pastinya akan begitu banyak orang yang sudah mengetahuinya, sebab resep semur jengkol ini adalah masakan khas Betawi yang memang sangat fenomenal dan juga paling terkenal hingga keseluruh nusantara.

Gabus Pucung

https://selerasa.com

Sayur Gabus Pucung yaitu makanan yang terbuat dari buah pucung atau keluwek, Karena di buat dengan buah pucung atau keluwek maka kuah dari Sayur Gabus Pucung berwarna gelap agak kehitaman seperti halnya. Walaupun berwarna gelap tapi kalau masalah rasa jangan di tanya apalagi di padukan dengan ikan gabus yang empuk.

Itulah beberapa menu makanan khas yang berasal dari Jakarta. Anda semua para pencinta kuliner nusantara berminat untuk mencoba?

Sumber: Berbagai Sumber

About the author /


1 Comment

  1. darren

    jelek artikelnya

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"