Translate »

Makanan Khas Negara-Negara ASEAN

gadogado2

Negara-negara di Asia Tenggara yang termasuk di wilayah ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) memiliki keunikannya masing-masing di berbagai bidang. Begitu juga dalam hal kuliner, setiap negara memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri.

Walaupun di beberapa negara makanan khasnya mungkin saja mirip atau terinspirasi dari negara lain, tetapi tetap saja cita rasa khas dari kuliner sebuah negara tidak bisa disamakan dengan negara lain.

Berikut adalah daftar makanan khas negara-negara di Asia Tenggara:

1. Ambuyat (Brunei Darussalam)

Pics: http://3.bp.blogspot.com

Ambuyat adalah makanan yang paling populer di negara Brunei. Bahan utamanya adalah sagu dan dimakan dengan dicelupkan saus kental yang dinamakan cacah. Ambuyat biasanya disajikan juga bersamaan dengan beberapa jenis lauk pelengkapnya.

2. Amok (Kamboja)

Pics: http://www.movetocambodia.com

Amok, makanan tradisional negara Kamboja, adalah ikan yang direndam dalam kuah kari, santan, dan dikukus diatas sebuah anyaman daun pisang berbentuk menyerupai perahu.

3. Gado-Gado (Indonesia)

Pics: http://media.maangchi.com

Gado-gado adalah sebuah hidangan yang sangat populer di Indonesia selain sayur asam dan rendang. Banyak yang mengatakan bahwa gado-gado adalah saladnya Indonesia. Beberapa jenis bahan yang dicampur di dalamnya antara lain kecambah, tahu, kol, telur rebus dan beberapa jenis sayuran hijau lain yang ditambahkan sesuai selera dan disiram dengan bumbu kacang.

4. Sup Ayam (Laos)

Pics: http://farm2.static.flickr.com

Makanan tradisional Laos sangatlah sederhana. Sup ayam khas negara Laos berisikan serai, daun kemangi, bawang putih dan bawang bombay sebagai bumbu utamanya. Bisa dikatakan, makanan Laos ini adalah salah satu yang paling menyehatkan karena kandungan bahan-bahan alaminya.

5. Nasi Lemak (Malaysia)

Pics: http://www.healthworks.my

Nasi lemak asal Malaysia sangatlah populer di berbagai belahan dunia. Nasi dibuat dengan campuran beras dan santan serta disajikan dengan teri gurih. Nasi lemak dilengkapi juga dengan kacang goreng garing, irisan timun, telur rebus dan sambal.

6. Nem (Vietnam)

Pics: http://chosinhvien.info

Vietnam memiliki beberapa hidangan khas termasuk Pho dan Nem. Nem adalah hidangan lokal yang banyak disukai masyarakat Vietnam. Bahan utamanya adalah daging cincang, daging kepiting atau udang, jamur, bawang bombay, terlur bebek, lada, garam dan beberapa bumbu penyedap lainnya. Kesemuanya diaduk merata sebelum dimasukkan kedalam kulit luar yang terbuat dari beras dan digulung dengan ukuran kecil. Gulungan ini lalu digoreng di dalam minyak panas.

7. Adobo (Filipina)

Pics: https://lh5.googleusercontent.com

Adobo adalah makanan khas negara Filipina yang paling populer. Adobo Bisa dibuat menggunakan daging ayam ataupun babi, tetapi kebanyakan orang menggunakan daging ayam. Proses memasaknyapun cukup mudah,  cukup masukkan daging ayam kedalam panci ditambahkan dengan air, kecap, cuka, paprika dan daun salam lalu direbus sampai daging terasa lembut dan lunak. Biasanya dinikmati bersama nasi putih.

8. Laksa (Singapura)

Pics: http://rasamalaysia.com

Laksa adalah sajian mie yang sangat terkenal di Singapura. Pada dasarnya, laksa adalah mie yang direndam di dalam kuah kari yang terbuat dari santan dan ditambahkan pelengkap seperti potongan bakso ikan ataupun telur rebus.

9. Tom Yum Goong (Thailand)

Pics: http://aboutcheapholidays.com

Tom Yum Goong atau ‘sup asam pedas dengan udang’ tentulah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Bahan utama untuk membuatnya adalah serai, lengkuas, daun jeruk purut, kecap ikan, cabai merah, sambal Thai, jeruk limau, jamur dan tomat.

10. Lahpet (Myanmar)

Pics: http://www.thesmartlocal.com

Lahpet adalah makanan nasional negara Myanmar. Biasanya, hidangan ini ditempatkan pada sebuah wadah yang  dinamakan ‘lahpet ohk’ yang membatasi beberapa bagian. Di bagian tengah diisi dengan  acar teh dengan minyak wijen, bagian lainnya berisikan bawang putih goreng, kacang-kacangan, wijen panggang, udang kering, parutan jahe dan parutan kelapa yang sudah digoreng.

Demikianlah makanan-makanan khas negara-negara di Asia Tenggara. Mungkin bisa Anda coba cicipi jika berkesempatan untuk mengunjungi negara-negara tersebut.

Anda juga bisa mencoba membuat sendiri makanan-makanan diatas dengan resep yang mudah untuk didapatkan. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan dapur yang berkualitas agar proses memasak menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Selamat Mencoba!

Source: aseanzone.wordpress.com

 

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


1 Comment

  1. Debra

    I got this site from my pal who shared with me regarding this site and at the
    moment this time I am visiting this web site and reading very informative posts at this time.

    My web page เอมมูร่า

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus