Translate »

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

Untuk memiliki keseluruhan badan yang sehat, maka asupan makanan untuk melengkapi kebutuhan gizi sehari-hari sangatlah penting. Selain untuk mencerdaskan otak dan mengatur sistem kerja tubuh, asupan gizi yang baik juga dapat membantu untuk mempunyai tubuh yang kuat.

Pics: http://www.whatsnewinfitness.com.au

Salah satu bagian penting dari tubuh kita yang terkadang tidak terlalu kita perhatikan adalah tulang, padahal, tulang memiliki fungsi yang sangat baik untuk membentuk struktur tubuh dan juga meilindungi organ-organ di dalam tubuh. Kebanyakan orang akan mulai merasakan efek dari tulang yang tidak sehat atau mengeropos disaat sudah memasuki usia lanjut. Maka dari itu, tulang harus senantiasa dijaga pula kesehatannya sedari kita muda.

Kesehatan dan kepadatan tulang juga bergantung kepada banyak nutrisi, salah satunya adalah Vitamin K. Untuk membuat agar asupan Vitamin K bisa didapatkan dengan lebih praktis, maka banyak pula dijual Vitamin K yang sudah diolah ke dalam bentuk suplemen. Sayangnya, sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa  Vitamin K dalam bentuk suplemen memiliki risiko dan potensi untuk menyebabkan keracunan.

Sebenarnya, banyak cara untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup agar tulang dapat senantiasa sehat. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan tulang:

1. Sayur-sayuran

Pics: http://www.kidfresh.com

Selain mengandung beta karoten, sayuran hijau semacam kale dan bayam juga mengandung banyak Vitamin K yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Almond

Pics: http://www.the-apothecary.ca

Kacang almond sangat kaya akan magnesium yang dapat menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat. Wanita pada umumnya memerlukan 320 mg magnesium per hari sedangkan pria 400-420 mg dan mengkonsumsi almond bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Almond sendiri bisa dijadikan snack yang menyehatkan.

3. Salmon

Pics: http://freshwayfish.com

Salmon memiliki kandungan Vitamin D yang tinggi dimana Vitamin D sendiri sangat penting dalam proses penyerapan kalsium. Vitamin D sangat penting karena akan menjaga massa tulang dan menjaga keutuhan tulang. Selain Vitamin D, salmon juga memiliki kandungan nutrisi lain yang baik bagi tubuh.

4. Yoghurt

Pics: http://static.guim.co.uk

Salain kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang, yoghurt juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

5. Tahu dan Kedelai

Pics: http://img.tradeindia.com

Tahu dan kacang kedelai juga merupakan sumber kalsium yang baik selain juga kaya akan protein.

6. Susu

Pics: http://www.musingsofahousewife.com

Susu juga merupakan sumber kalsium yang baik sekaligus juga Vitamin D untuk kebutuhan tulang. Jika Anda memiliki intoleransi laktosa maka susu kedelai bisa digunakan sebagai alternatif.

 

Demikianlah jenis-jenis makanan dengan gizi baik yang bisa membantu menjaga kesehatan serta kepadatan tulang.

Senantiasa jagalah kesehatan tulang sedari dini agar Anda dapat terus beraktivitas secara maksimal hingga usia lanjut.

Source: merdeka.com

Baca juga:

10 Makanan Yang Baik Untuk Kecerdasan Otak

Makanan Untuk Kesehatan Paru-Paru

Tagged with:     , , , , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440