Translate »

Makanan Yang Dihindari Sebelum Melakukan Penerbangan Jauh

Melakukan kegiatan travelling untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Hanya saja, bepergian menggunakan pesawat terbang dengan waktu tempuh yang cukup panjang tentu membutuhkan kebugaran tubuh yang prima agar menjaga kita tetap merasa nyaman di perjalanan.

Pics: http://traveltips.usatoday.com

Pics: http://traveltips.usatoday.com

Berada dalam waktu cukup lama di ketinggian seringkali membuat penumpang mengalami sindrom jet lag dan jet bloat. Jet bloat adalah suatu kondisi tidak nyaman yang dialami penumpang pesawat selama berada di dalam penerbangan.

Menurut laporan yang dirilis oleh Fox News, istilah jet bloat mengacu pada volume gas tubuh yang meningkat ketika berada di ketinggian. Semakin jauh berada di ketinggian, maka gas yang dihasilkan tubuh semakin banyak.

Untuk itu, memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum lepas landas menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan. Dua jenis minuman yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi adalah alkohol dan kopi karena minuman tersebut bisa menyebabkan cepat haus yang bisa berlanjut menjadi dehidrasi.

Pics: http://fightingmoris.com

Pics: http://fightingmoris.com

Akibatnya, hal ini dapat mengakibatkan muculnya sakit kepala dan perasaan gelisah selama berada di ketinggian.

Beberapa jenis makanan di bawah ini juga dianjurkan untuk dihindari sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat terbang untuk mencegah terjadinya jet bloat:

1. Kentang goreng

Pics: http://digitalcups.com

Pics: http://digitalcups.com

Kentang goreng sebagai sebuah sajian ringan memang sangat praktis dan lezat untuk disantap. Sayangnya, kandungan lemak dan natrium tinggi tidak mampu untuk dicerna oleh tubuh kita saat kita berada di ketinggian. Hal tersebut bisa berakibat membuat perut menjadi kembung dan menimbulkan rasa gelisah sepanjang perjalanan.

2. Apel

Pics: http://www.sun-rich.com

Pics: http://www.sun-rich.com

Buah-buahan memang menyehatkan dan mengandung serat, hanya saja, serat tersebut tidak mudah untuk dicerna oleh tubuh kita. Apel khususnya, mengandung gas yang dapat membuat perut menjadi kembung.

3. Kacang-kacangan

Pics: http://www.nutroaster.com.au

Pics: http://www.nutroaster.com.au

Kacang-kacangan juga tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai bekal di perjalanan. Tunggulah unuk mengkonsumsinya setibanya di tempat tujuan.

4. Minuman bersoda

Pics: http://qintheuk.com

Pics: http://qintheuk.com

Minuman bersoda sangat mudah membuat perut menjadi kembung dan mulas. Cobalah untuk mengganti konsumsi minuman bersoda dengan teh herbal sebelum melakukan perjalanan.

5. Cabai atau makanan pedas

Pics: https://www.statravel.co.uk

Pics: https://www.statravel.co.uk

Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lambung terutama untuk pemilik perut yang sensitif, bisa-bisa menimbulkan rasa mulas. Untuk mencegah bolak-balik ke kamar kecil, sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi makanan pedas.

6. Permen karet

Pics: http://www.americansweets.co.uk

Pics: http://www.americansweets.co.uk

Permen karet dapat membantu meminimalisir dengungan pada gendang telinga saat pesawat lepas landas dan mendarat, tetapi, kebanyakan makan permen karet juga dapat mengakibatkan perut menjadi kembung.

 

Demikianlah beberapa jenis makanan dan minuman yang baiknya tidak dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan jauh.

Semoga informasi tersebut berguna untuk membantu perjalanan Anda menjadi lebih nyaman.

Koleksi perlengkapan travelling yang berkualitas bisa Anda dapatkan disini.

Source: Kompas

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440