Translate »

Makanan Yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

Salah satu faktor yang sangat membantu dalam berhasilnya seseorang melangsingkan badan adalah dengan mengatur pola dan jam makan yang teratur.

Sayangnya, terkadang, tuntutan pekerjaan ataupun kegiatan lain seakan menyita waktu dan perhatian sehingga jadwal makanpun menjadi kacau. Misalnya saja seseorang sedang menghadapi deadline sehingga larut malam baru sempat pulang kerumah, langsung makan dan selanjutnya tidur. Seperti kedengarannya saja, gaya hidup yang demikian tentulah tidak sehat, terlebih lagi untuk program diet.

Pics: http://2.bp.blogspot.com

Parahnya lagi, kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan makanan apa yang dimakan sebelum tidur sehingga tertidur dengan perut yang sangat penuh. Padahal, sangat disarankan untuk menyantap makanan yang ringan untuk perut paling tidak 2 sampai 3 jam sebelum pergi tidur.

Berikut adalah beberapa contoh makanan yang baiknya dihindari untuk dimakan sebelum tidur:

1. Pasta

Pics: http://www.pastavandaag.nl

Pasta boleh saja praktis untuk dibuat ataupun mudah didapatkan di banyak tempat, tetapi bayangkan apa yang akan terjadi jika pasta kombinasi tepung, krim, daging dan keju dikonsumsi sebelum Anda pergi tidur? Pasta sendiri sangat tinggi akan karbohidrat dan akan secara otomatis berubah menjadi lemak jika tubuh tidak banyak bergerak setelah mengkonsumsinya.

2. Pizza

Pics: http://halalbite.com

Seperti halnya pasta, pizza sangat mudah didapat dan dapat dengan cepat dipanaskan. Saat metabolisme tubuh bekerja di siang hari, sistem pencernaan sudah kesulitan untuk mengolah pizza, bayangkan bagaimana jadinya saat tubuh sedang berisitirahat! Perlu diketahui bahwa pizza sangat berminyak dan mengandung banyak asam yang akan menggangu kesehatan jika tidak segera dibakar.

3. Permen

Pics: http://www.schoolsworld.tv

Permen ataupun hidangan manis lainnya dikabarkan dapat mempengaruhi sistem kerja otak dan mengkonsumsinya sebelum tidur bisa menciptakan mimpi buruk. Jika ingin mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, coba untuk hindari junk food dan hidangan manis.

4. Daging Merah

Pics: http://steamykitchen.com

Daging merah seperti steak tentu saja sangat lezat untuk dikonsumsi dan sangat kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sayangnya, mengkonsumsi daging merah sebelum tidur juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

5. Cokelat

Pics: http://i.toau-media.com

Dark chocolate sangat baik untuk menguatkan ingatan Anda, tetapi kurang baik untuk diet. Cokelat juga memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi sebelum Anda tidur. Selain itu, cokelat juga memiliki kandungan kafein tinggi yang terus memacu jantung Anda sehingga menggangu proses Anda untuk dapat tidur dengan tenang.

6. Sayuran

Pics: http://finedininglovers.cdn.crosscast-system.com

Sayuran terutama yang hijau sangat baik untuk diet dan sangat bernutrisi. Sayangnya, sayuran bergerak cukup lambat dalam sistem pencernaan sehingga ada baiknya memberikan jeda waktu untuk bisa diproses perut Anda sebelum Anda tidur,

7. Alkohol

Pics: http://ak.picdn.net

Terlepas dari adanya pro dan kontra terkait alkohol dan pengaruhnya terhadap kualitas tidur, alkohol memiliki kadar kalori tinggi yang tidak baik dikonsumsi sebelum Anda pergi tidur.

8. Hamburger

Pics: http://aht.seriouseats.com

Hamburger selayaknya makanan tinggi kalori lainnya dapat merangsang produksi asam dalam lambung dan akan menggangu tidur Anda.

9. Sambal

Pics: http://www.chinatouradvisors.com

Jangan mengkonsumsi sambal jika Anda berencana untuk segera tidur setelahnya karena sambal sangat kaya akan protein dan karbohidrat yang dibakar sangat perlahan oleh tubuh.

10. Makanan Ringan

Pics: http://www.epicurious.com

Makanan ringan dan olahan seperti kripik kentang tidak baik dikonsumsi sebelum tidur karena tingginya kandungan MSG yang sudah dikenal mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Demikianlah beberapa daftar makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi sebelum Anda tidur.

Cobalah memberikan jeda waktu agar makanan yang masuk bisa dicerna dengan baik sebelum akhirnya tubuh Anda akan beristirahat. Jika memang terpaksa memakan sesuatu sebelum tidur, cobalah makanan yang lebih ringan dan mudah dicerna seperti oatmeal.

Semoga bermanfaat.

Source: Healthierfoods

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440