Translate »

Makanan Yang Tepat Untuk Imlek? Olah dan Sajikan Ikan

Apakah Anda tahu Ikan menjadi salah satu hidangan terpenting dalam Tahun Baru Imlek? Namun bukan sembarangan masakan berbahan ikan yang disiapkan, proses penyajiannya pun tak sembarangan. Ada beberapa tahapan yang Anda harus perhatikan.

Dalam merayakan Tahun Baru Imlek, makanan memainkan peranan yang penting. Karena beberapa makanan ternyata juga memiliki simbol tersendiri bagi sejarah dan budaya China.

Ikan jadi salah satu diantaranya. Namun, makan ikan ataupun penyajiannya ada tahapan khusus agar membawa keberuntungan dan kekayaan. Dilansir dari ibitimes (14/12), ini cara mengolah dan sajikan ikan saat Imlek:

1. Alasan memilih ikan 

Pics: http://www.klikhotel.com/

Ikan dalam bahasa China terdengan seperti “surplus” dan sesuai dengan busaya Tahun Baru China, ikan dianggap mengandung arti keberuntungan atau menuntungkan. Hal ini diyakini jika tahun akan berakhir dengan surplus, dan tahun depan akan membawa keberuntungan yang banyak.

Jenis-jenis ikan pun ada beberapa saja yang biasa disantap pada perayaan tersebut.

2. Memasak ikan 

Pics: detik.com

Tidak ada aturan khusus yang wajib untuk memasak ikan. Ikan yang disuguhkan dalam perayaan Imlek bisa dimasak dengan cara direbus, kukus serta digoreng. Namun, kepala dan ekor tidak boleh dipotong. Karena orang China meyakini ikan yang disajikan utuh adalah simbol kemakmuran.

3. Waktu yang tepat untuk makan ikan 

Pics: https://www.pegipegi.com

Di antara hidangan untuk Imlek, ternyata ikan akan jadi makanan terakhir untuk dimakan bersama dengan keluarga. Karena diharapkan akan mendapat surplus. Selain itu disarankan juga tak memakan kepala dan ekor ikan.

4. Makan satu ikan dibandingkan dua 

Pics: vemale.com

Orang China juga memakan satu ikan dimalam pergantian tahun dan satu ikan keesokan harinya. Atau juga bisa memakan setengah ikan dan memakan setengah ikan lainnya di keesokan harinya.

5. Sajian ikan 

Pics: https://blog.tokopedia.com/wp-content/uploads/2015/02/ikan.jpg

Ada aturan untuk meletakkan sajian ikan. Arahkan kepalanya ke tamu terhormat atau sesepuh untuk menyimbolkan rasa hormat. Dua orang menghadap kepala dan ekor ikan harus minum duluan karena hal ini dipercaya membawa kemujuran.

Peserta jamuan makan lain baru boleh makan ikan setelah dua orang tadi menyantapnya duluan. Kebiasaan ini dijalankan dengan semangat keceriaan, penuh canda dan senda-gurau.

Demikianlah hal-hal dalam menyajikan ikan pada perayaan Imlek agat menjadi lebih semarak dan penuh berkah. Semoga bermanfaat.

Source: detik.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus