Translate »

Makna Dibalik Tangisan Bayi

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa tangisan bayi merupakan cara mereka berkomunikasi dengan orang tua maupun orang disekitarnya. Tangisan mereka memiliki makna bertujuan untuk memberitahu orang tua bahwa mereka sedang lapar, sakit, takut dan yang lainnya. Namun bagaimana cara orang tua mengetauhi apa yang diinginkan oleh bayi mereka? Berikut ini adalah beberapa alasan tangisan bayi:

Sumber : earlyyearsparenting.files.wordpress.com

1. Lapar

Menangis karena lapar adalah hal pertama yang dipikirkan oleh orang tua ketika bayi mereka menangis. Untuk mengetahui apakah bayi Anda menangis karena lapar, Anda harus mengetahui cirri-cirinya. Tanda-tanda yang dapat dilihat dari bayi yang baru lahir ialah rewel, memukul-mukul bibirnya sendiri, dan menaruh tangan ke mulutnya.

2. Popok yang kotor

Popok yang kotor tentu akan membuat bayi Anda menangis. Namun pada beberapa kasus beberapa bayi dapat mentoleransi kotornya popok sehingga Anda harus rajin memeriksanya. Untuk kasus ini Anda dapat dengan mudah mengetahui alasan tangisannya.

3. Mengantuk

Mungkin kita berpikir bahwa bayi dapat tidur dimana saja dan kapan saja, namun pada kenyataannya tidaklah demikian. Ketika bayi mengantuk yang mereka akan rewel dan menangis, terutama ketika mereka sangat lelah.

4. Ingin di gendong

Bayi sangat suka di peluk, terutama oleh orang tuanya. Mereka suka melihat wajah orang tuanya, mendengar suara dan mendengar detak jantung orang tuanya. Mereka akan menangis ketika ingin digendong oleh orang tua.

5. Perut yang bermasalah

Masalah perut biasanya berhubungan dengan gas ataupun sakit perut (Colic) yang akan memicu terjadinya tangisan. Jika tangisan disebabkan oleh masalah perut ini maka yang terjadi ialah mereka akan menangis setidaknya 3 jam sehari, 3 hari seminggu dan 3 minggu sebulan. Bayi yang menangis karena masalah perut tidak dapat dihibur. Jika bayi Anda menangis atau rewel tepat setalah makan, maka bayi Anda mungkin merasakan masalah perut.

Sumber : versioned.nameberry.com

6. Ingin bersendawa

Sendawa mungkin bukan sesuatu yang harus dilakukan, namun jika bayi Anda menangis setelah makan ada kemungkinan yang dia butuhkan adalah sendawa.

7. Merasakan dingin ataupun panas

Ketika Bayi merasakan dingin, seperti misalnya ketika Anda mengganti baju atau memandikannya dengan air dingin, dia akan protes dengan menangis. Untuk masalah panas, bayi biasanya tidak terlalu banyak complain dibandingkan dengan masalah dingin. Jika mereka merasa panas, tangisan mereka tidak akan sekeras ketika mereka merasakan dingin.

8. Sesuatu yang kecil

Bayi sangat bermasalah dengan sesuatu yang sulit dilihat seperti rambut yang terselip diantara jari. Selain itu untuk bayi yang sangat sensitive, label baju ataupun kain akan dapat sangat mengganggu mereka.

9. Pertumbuhan gigi

Gigi yang tumbuh mengkin akan sangat menyakitkan untuk gusi yang masih baru. Jika bayi merasakan sakit karena pertumbuhan gigi, Bayi akan cenderung menangis dan rewel beberapa kali . Jika Bayi Anda terlihat kesakitan dan Anda tidak tahu kenapa, cobalah perikasa gusinya dengan jari Anda. Gigi pertama biasanya tumbuh ketika usia 4 hingga 7 bulan.

10. Kelebihan stimulasi

Bayi belajar dari stimulasi dari lingkungan disekitarnya. Namun terkadang mereka akan kesulitan untuk memproses semuanya misalnya lampu, dan suara. Tangisan dapat berarti mereka sudah cukup mendapat stimulasi.

11. Menginginkan Stimulasi

Kelebihan stimulasi akan membuat bayi menangis, namun terkadang agar mereka berhenti menangis Anda harus memberikan stimulasi dan membuat dia tetap aktif.

12. Tidak merasa baik

Ketika Anda telah memberikan segala kebutuhan dasar Bayi Anda, namun dia tetep menangis, mungkin mereka merasakan sesuatu. Anda perlu mengecek temperature agar mengetahui apakah Bayi Anda demam ataupun penyakit lainnya. Bayi yang menangis karena sakit biasanya dikarenakan lapar ataupun frustasi. Jika tangisan bayi Anda terdengar berbeda dari biasanya segera bawa ke dokter.

Sumber : spice4life.co.za

Jika Anda merasa Bayi Anda tetap menangis dan tanpa salah satu alasan pun yang tersebut diatas maka sebaiknya Anda mencoba cara lain seperti misalnya memainkan music untuknya, membawanya jalan-jalan, memandikannya dan lain-lain.

Source : babycenter.com

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , ,

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus