Translate »

Manfaat Jagung Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Manfaat khasiat jagung untuk kesehatan jagung banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Jagung merupakan tanaman pangan dunia selain gandum dan padi. Buahnya yang banyak sumber karbohidrat dan nutrisi tinggi ini jagung juga banyak yang mengolah menjadi makanan ringan. Selain daripada itu jagung dapat di bakar sudah pastilah rasanya begitu Enak. dibawah ini ada beberapa manfaat dan khasiat jagung bagi kesehatan tubuh kita.

Jagung Dapat Memerangi Kanker

pic : cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Jagung kaya akan asam fenolik senyawa ferulic agen anti kanker yang telah terbukti efektif memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Pada jagung ungu terdapat kandungan anthocyanin yang mampu membasmi radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan pada jagung juga dapat membuat kulit sehat dan awet muda. Selain untuk melawan kanker, tepung jagung selain untuk membuat kue ternyata juga digunakan sebagai bahan pembuat kosmetik dan dapat berfungsi sebagai obat ruam dan iritasi kulit.

Dapat Mencegah Anemia

pic : cdn.myhealthtips.in

Bila Anda kurang darah atau anemia, jagung manis adalah alternatif penambah sel darah merah dan juga zat besi. Vitamin B12 pada jagung mampu mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini. Selain itu kandungan B2-nya berfungsi mempertahankan keseimbangan sel tubuh.

Sumber Mineral

pic : oxyro.in

Mineral penting yang didapat dari jagung terutama fosfor yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Selain itu sumber magnesium, besi, mangan, seng dan tembaga. Magnesium membantu menjaga kesehatan jantung. Sumber kalori tertinggi dalam kelompok sereal yang rendah gula dan kadar Indeks Glikemiknya. Sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi atau beras, terutama pada penderita diabetes dan hipertensi. Makan jagung membantu pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus NIDDM dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung.

Menurunkan Asam Urat

pic : www.bundasehat.com

Kalium berperan penting sebagai elektrolit yang membantu mengatur tingkat cairan dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan tepat. Kalium bersifat diuretik yang bisa melancarkan pembuangan air seni, sehingga bisa mengatasi infeksi saluran kemih, menurunkan kadar asam urat dan mencegah batu ginjal.

Mengendalikan Kolesterol

pic : halosehat.com

Konsumsi minyak kulit jagung dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Serat Tinggi

pic : spirit.web.id

Jagung adalah sumber serat yang sangat baik sehingga sehat untuk sistem pencernaan. Dalam satu cangkir jagung mengandung 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena kaya serat, makan jagung dapat mencegah sembelit, wasir dan risiko kanker usus besar. Selain itu, serat kasar pada jagung memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok untuk yang ingin menurunkan berat badan.

Sumber Protein

pic : www.vegparadise.com

Dalam 100 ram jagung mengandung 9,2gram protein. Protein membantu membentuk jaringan otot baru dan meningkatkan kerja sel dalam tubuh. Selain itu protein juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pelepasan insulin.

Asam Folat

pic : sehatcenter.com

Ibu hamil butuh sekali asam folat. Karena jika kekurangan asam folat, bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Asam folat mencegah bayi kekurangan berat badan dan cacat lahir. Selain itu konsumsi jagung pada ibu hamil juga dapat memperlancar ASI.

Menyehatkan Jantung

pic : upload.wikimedia.org

Organ lain yang diuntungkan jika mengonsumsi jagung adalah jantung. Sama seperti kegunaannya pada mata, carotenoid pada jagung berperan dalam menurunkan risiko penggumpalan arteri.

Menyehatkan kulit

pic : blog.awalbros.com

Jagung dalam bentuk minyak adalah produk kecantikan yang mulai banyak ditemukan di pasaran. Minyak jagung memang punya kemampuan dalam menyehatkan kulit secara alami.

Baik bagi ibu hamil

pic : www.ibudanbalita.com

Ibu hamil perlu mengonsumsi jagung. Sebab makanan ini kaya akan asam folat. Sementara asam folat sendiri adalah nutrisi yang diperlukan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Tak hanya kaya serat, jagung juga sumber karbohidrat kompleks, dan sejumlah zat gizi lainnya seperti vitamin B, dan C, karoten, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, omega 6, dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Kandungan nutrisi dalam 100gram jagung:

  • Energi: 129 kal
  • Protein: 4,1 g
  • Lemak: 1,3 g
  • Karbohidrat: 30,3 g
  • Serat: 2,9 g
  • Kalsium: 5 g
  • Fosfor: 108 mg
  • Zat Besi: 1,1 mg
  • Vitamin A: 117 IU
  • Vitamin B1: 0,18 mg
  • Vitamin C: 9 mg
  • Air: 63,5 g

Untuk mendapatkan kandungan serat dari jagung, Anda harus mengkonsumsi jagung utuh, bukan jagung olahan.

Demikianlah ulasan mengenai jagung dan manfaatnya, mengkonsumsi satu jagung saja sudah mendapatkan sebegitu banyak manfaatnya. Tunggu ulasan menarik lainnya ya..

Source: Dari Berbagai Sumber

Tagged with:    

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"


200-125 200-125 exam 200-125 pdf 200-125 200-125 exam 200-125 pdf IY0-120 EX0-118 HP5-K03D HP0-J64 ACA001 QAW1301 GB0-363 HP0-661 000-M72 080-888 A2090-733 E20-465 1Z1-510 MOS-EXP2002 ST0-093 P_SD_64 HP2-N49 HP0-P14 1Z0-414 HP0-P22 JN0-140 000-M230 C2140-637 TM12 LOT-440 P6040-018 HP2-B96 000-899 HP2-E30 EE0-071 C2170-009 VCS-271 RF0-001 1T6-222 A00-280 CBAP JK0-015 HP0-262 CTS-I HP2-E57 HP2-056 E20-001 HP2-H11 642-582 050-ENVCSE01 C_TCRM20_72 1Z1-854 ZJN0-360 650-312 CGEIT ST0-141 646-206 HP2-H30 1Z0-212 FC0-U51 1Z0-223 VCP310-UP-VCP410 251-521 C_HANATEC141 ACSO-L2-REVGEN-02 1Y0-456 ISEB-ITILF 000-170 CAT-200 920-440