Translate »

Manfaat Mengurangi Konsumsi Garam Untuk Kesehatan

sodium-720-720x340

Pics: http://blog.smartbear.com

Garam sudah menjadi bumbu dapur yang tidak bisa dipisahkan dari masakan. Karena garam berfungsi memberikan rasa pada masakan Anda. Namun tahukah Anda bahwa garam mampu memberikan efek buruk untuk kesehatan entah dalam jumlah sedikit maupun jumlah banyak? Sadar akan hal itu, beberapa tips diet pun menyarankan Anda untuk mengurangi konsumsi garam.

Berikut Gosocio berikan beberapa manfaat mengurangi konsumsi garam untuk kesehatan:

Menyeimbangkan cairan tubuh
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam mampu mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Oleh karena itu batasi konsumsi garam agar cairan dalam tubuh Anda seimbang antara asam dan basanya sehingga tubuh lebih sehat.

Membuat tubuh terhidrasi dengan baik
Garam dapat mengikat cairan dalam tubuh sehingga membuat Anda dehidrasi. Sehingga jika Anda ingin tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik, maka kurangi garam.

Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk mengurangi konsumsi garam. Sebab garam hanya akan mengikat lemak dalam tubuh sehingga malah menyulitkan Anda untuk menurunkan berat badan.

Lebih berenergi
Tidak banyak yang tahu bahwa mengurangi konsumsi garam bisa membuat tubuh Anda lebih berenergi dan lebih aktif.

Mengurangi tekanan darah tinggi
Mengonsumsi garam di luar batas yang dianjurkan bisa meningkatkan tekanan darah Anda dan berujung dengan penyakit hipertensi. Oleh karena itu kurangi konsumsi garam agar Anda terhindar dari hipertensi.

Menghindarkan dari penyakit berbahaya
Beberapa penelitian kesehatan menemukan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi garam mampu menimbulkan beberapa jenis penyakit berbahaya seperti kanker. Bahkan makanan dengan kadar garam yang tinggi akan menyebabkan kanker perut, penyakit ginjal, dan gangguan usus lainnya.

Mengembalikan ketajaman indera perasa
Tanpa Anda sadari, terlalu banyak mengkonsumsi masakan dengan kadar garam yang tinggi dapat melemahkan ketajaman indera perasa Anda. Akibatnya Anda cenderung menambahkan penyedap rasa ke dalam masakan sehingga dampaknya dapat membuat tubuh Anda sakit. Oleh karena itu agar Anda tidak terjebak dalam keadaan seperti itu, maka kurangi konsumsi garam untuk mengembalikan ketajaman indera perasa Anda.

Menghindarkan dari stroke
Garam merupakan salah satu faktor utama kenapa Anda bisa terserang stroke. Oleh karena itu kurangi konsumsi garam agar kadar gula darah Anda normal dan Anda terhindar dari stroke.

Mengurangi perut kembung
Sering merasa kembung tanpa alasan? Bisa jadi Anda terlalu banyak mengkonsumsi garam. Oleh karena itu kurangi konsumsi garam agar Anda tidak mengalami kembung tanpa alasan yang jelas.

Menguatkan tulang
Tahukah Anda bahwa makan banyak garam juga dapat menghancurkan kalsium di dalam tulang? Pada akhirnya Anda pun bisa terserang penyakit osteoporosis. Sehingga agar tulang Anda kuat, maka kurangi konsumsi garam.

Pics: http://media4.onsugar.com

Salah satu cara untuk memberikan rasa pada makanan tanpa garam adalah dengan memperbanyak rempah-rempah. Selain itu penggunaan bahan makanan yang masih segar juga terasa lezat di lidah sebab rasa asli dari masakan segar sendiri sudah enak.

Sumber: Berbagai sumber

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus