Translate »

Manfaat Sehat Rutin Bermain Badminton

Badminton atau bulutangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang paling digemari masyarakat Indonesia.

Pics: http://badminton-coach.co.uk

Meskipun bermain badminton tidak bisa diaanggap sebagai aktivitas ringan, namun tentu saja jika sudah suka, maka bermainpun akan terasa menyenangkan. Selain dilakukan sebagai sarana refreshing dan berkumpul dengan kerabat, badminton juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh terutama karena banyak bagian tubuh dituntut untuk bergerak saat bermain.

Masih ada beberapa manfaat sehat lainnya yang didapat dengan bermain badminton, berikut adalah beberapa manfaat lainnya:

1. Menurunkan Berat Badan

Dengan banyaknya gerakan yang harus dilakukan, bermain badminton membakar cukup banyak kalori yaitu sekitar 480 kalori per jam.

Pics: http://a57.foxnews.com

2. Membentuk Otot

Gerakan dalam bermain badminton cukup efektif menghancurkan timbunan lemak seperti pada pinggang dan paha. Untuk bagian tubuh lainnya, gerakan-gerakan dalam permainan akan mampu membentuk otot tubuh.

3. Meningkatkan Metabolisme 

Seperti halnya banyak olahraga lain, badminton juga membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang akan mendorong racun dalam tubuh untuk keluar.

4. Menambah Kelincahan

Selain memerlukan konsentrasi, badminton juga menuntut kelincahan dari si pemain. Semakin sering dimainkan maka gerakan Anda akan semakin luwes dan Anda akan semakin lincah.

Pics: http://file2.answcdn.com

5. Meningkatkan Fungsi Jantung

Bermain badminton secara rutin akan membantu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan memperkuat otot jantung.

6. Menguatkan Tulang

Bermain badminton secara rutin juga dapat meningkatkan pertumbuhan sel tulang dan mengumpulkan matriks kalsium yang akan dapat menguatkan tulang Anda.

Pics: http://creationbasedhealth.com

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Badminton yang termasuk aktivitas intens juga mampu menurunkan kadar gula darah yang akhirnya mengurangi risiko diabetes.

8. Menurunkan Hipertensi

Bermain badminton juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Pics: https://www.healthy100.org

9. Meningkatkan Sistem Pernafasan

Berolahraga, seperti juga bermain badminton akan mampu membuat nafas lebih stabil sera meningkatkan sistem kerja sistem pernafasan tubuh.

Demikianlah beberapa manfaat dari bermain badminton secara rutin yang baik untuk menjaga kesehatan Anda.

Jika Ada gemar bermain badminton, jangan lupa untuk menyesuaikan tingkat kekerasannya dengan kemampuan tubuh Anda untuk menghindari tubuh dari cedera dan akibat lain yang jadi tidak menyehatkan.

Source: Merdeka.com

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus