Translate »

Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Bagi anak-anak (yang belum baligh) tidak diperintahkan untuk berpuasa. Namun demikian orang tua sangat dianjurkan untuk mendorong anak-anak untuk mencoba berpuasa semampunya agar mereka terbiasa melakukannya ketika mereka tumbuh dewasa

Mengenalkan anak puasa dan makna berpuasa

pics: http://.fimela.com

Mengenalkan puasa pada anak sejak usia dini, bukanlah puasanya saja yang jadi tujuan utama, namun makna puasanya untuk memperkenalkan anak pada ajaran agama. Berikan pemahaman paling dasar dan umum tentang pengertian dan manfaat berpuasa. Gunakan bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami oleh anak.

Mengajarkan puasa secara bertahap

Untuk balita, coba latih mereka makan sahur bersama dan berpuasa hanya selama beberapa jam. Misalnya dengan berbuka di pukul 10, 12, atau 4 sore.  Untuk yang usianya lebih besar, latih mereka berpuasa selama setengah hari hingga akhirnya terbiasa berpuasa sampai maghrib.

Jadilah contoh yang baik

Cara yang paling efektif ketika orang tua ingin mengajarkan banyak hal pada anaknya yaitu dengan memberikan contoh nyata lewat dirinya. Jika orang tua mencontohkan hal yang baik, maka anak dengan mudah akan meniru apa yang orang tua contohkan.

Buatlah menu kesukaan anak untuk buka puasa

pics: http://detik.com

Anak-anak paling suka dibuatkan menu makanan kesukaannya. Apalagi jika orang tua kreatif membuat menu tersebut menjadi lebih menarik. Orang tua bisa membuatkan makanan kesukaan anak-anak dengan bentuk yang unik dan lucu-lucu. Sehingga anak senang karena dibuatkan makanan kesukaan mereka saat buka puasa.

Beri hadiah buat anak

Anda perlu memberikan hadiah atau apresiasi kepada anak jika ia mampu berpuasa sesuai target. Belikan mereka barang-barang yang diinginkan dan tentunya bermanfaat untuk mereka. Hal ini bisa memacu semangatnya untuk berpuasa.

Ajak anak melakukan aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seperti permainan edukatif di siang hari dapat dilakukan orang tua bersama anak-anak untuk mengisi waktu luang mereka. ajak anak melakukan aktivitas menyenangkan yang tak menguras tenaga bisa menghindarkan mereka dari rasa bosan dan apabila anak sudah lelah bisa mengajak mereka untuk tidur siang.

Pantau kesehatan anak

pics: http://www.mixallthing.com/

Terutama jika ini adalah tahun pertama atau tahun kedua balita berpuasa, pantau terus kesehatannya. Kondisi fisik tiap anak berbeda-beda. Walaupun mungkin anak-anak lain seusianya sudah kuat berpuasa sehari penuh, belum tentu itu berlaku pada anak lainnya. Jika balita tampak sakit atau tidak kuat, jangan paksakan. Biarkan ia makan cukup, dan apabila ia masih kuat untuk melanjutkan puasa, perbolehkan ia puasa, jika tidak, tak perlu dipaksakan.

Mengajarkan tentang puasa pada anak sejak dini penting dilakukan agar anak mengenal apa itu puasa dan bagaimana menjalankan puasa dengan baik, sehingga nantinya anak akan terbiasa menjalankan ibadah puasa.

Sumber: Berbagai Sumber

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     , , , , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus