Translate »

Bung Coffee – Manual Brew

MANUAL BREWING

 

Dengan trend kedai kopi yang mulai marak dan menjamur dimana-mana, maka tak asing lagi para sobat_kopi dengan istilah Manual Brew. Manual brew bisa diartikan menyeduh kopi secara manual tanpa menggunakan mesin espresso. Kali ini Bung_Coffee, ingin mengajak para sobat_kopi mengenal tentang manual brew yang ada. Dari notes Bung_Coffee, ada beberapa jenis tehnik manual brewing yang dicatat antara lain : Pour Over V60, Pour Over Kalita Wave, Syphon, Aeropress, Frenchpress, Mokapot, Vietnam Drip, Turkish, dan Rokpresso. Dan mari kita mengenal :

POUR OVER
Kenapa dinamakan pour over, karena pada intinya membuat kopi dengan metode disaring menggunakan kertas filter. Atau juga ada yang menyebutnya dengan Drip brewing, filtered coffee. Kertas penyaring nya sendiri ditemukan oleh “Melitta Bentz” di jerman tahun 1908.

POUR OVER V60

Pic : http://assets-s3.mensjournal.com

Pour over v60 atau sering disebut v60,mungkin sudah tidak asing lagi karena hampir setiap kedai kopi memiliki manual brewing ini. V60 merupakan alat brewing dari pabrikan asal jepang dengan merek HARIO. Bentuk corongnya ada yang berbahan kramik, kaca dan plastik. Kertas penyaring nya berbentuk kerucut dengan unjung lancip di bawah.

POUR OVER KALITA WAVE

https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Kalita wave merupakan manual brew berasal dari Amerika. Kertas saring yang digunakan berbentuk seperti mangkok dengan dinding yang bergelombang. Menurut pengalaman Bung_Coffee, kalita wave dapat dijumpai di kedai kopi “Common Grounds” mall city walk.

SYPHON

Pic : http://img.grouponcdn.com

Syphon / Vacuum pot diciptakan oleh Loeff Berlin” pada tahun 1830. Proses manual brew sesungguhnya agak rumit tetapi prosesnya sangat menarik perhatian dan cukup entertaining. Dalam menghasilkan karakter rasa dari biji kopi syphon lebih baik di bandingkan jenis manual brew yang lainnya. Apalagi untuk biji kopi yg punya rasa / aroma buah-buahan, sangatlah tepat menggunkan syphon.

AEROPRESS

Pic : http://p-fst1.pixstatic.com

Aeropress ini di ciptakan tahun 2005 oleh presiden perusahaan Aerobie bernama “Alan Adler” di Amerika. Prosess manual brew ini mengandalkan tekanan udara yang ditekan dari ujung plunger nya. Pada awalnya lebih banyak di gunakan di Negara Amerika dan Negara-negara Skandinavia.

Frenchpress

Pic : http://2.bp.blogspot.com

Frenchpress dari namanya saja, sobat_kopi sudah tahu ini berasal dari negara Perancis. Manual Brew ini sudah sangat mendunia sejak lama dan sangat populer di 5 benua. Diperkirakan alat ini sudah ada sejak tahun 1929. New Zealand, Australia dan Sout Africa lebih populer dengan nama “Coffee Plunger”.

MOKAPOT

Pic : http://s3.amazonaws.com

Mokapot, ini sangat mengandalkan kompor. Manual Brew ini, menggunakan uap air yang mendidih untuk penyeduhan kopi. Luigi De Ponti membuat alat ini pada 1933 di Itali, yang kemudian dipatenkan untuk perusahaan bernama “Bialetti”. Sangat populer di Eropa dan Amerika Latin.

TURKISH

Pic : https://assets3.thrillist.com

Tentu saja dari namanya, manual brew satu ini berasal dari Turki. Turkish Coffee / Ibrick ini banyak diminati negara yang berada di Timur Tengah. Ibrick diseduh menggunakan pasir panas. UNESCO menetapkan bawha manual brew menjadi warisan kebudayaan milik negara Turki.

VIETNAM DRIP

Pic : https://fairgroundfox.files.wordpress.com

Vietnam drip sesuai namanya dong sob !! berasal dari vietnam. Dimana Vietnam sendiri adalah penghasil kopi terbesar ke2 didunia. Manual brew ini terasa sangat kuat, banyak orang menambahkan susu kental manis saat menyeduh kopi menggunakan vietnam drip. 10-15 menit waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan 1 gelas kopi.

ROKPRESSO

Pic : http://mozaic.co.id

Rokpresso ini juga sangat populer diberbagai negara belahan dunia. Rokpresso ini dibuat di inggris oleh “Patrick Hunt”. Manual brew ini sangat sederhana tanpa mrnggunakan listrik dan kompor hanya mengandalkan kekuatan tangan kita untuk menekan ketua tuasnya secara bersamaan.

 GMN?? Sob??

Udah ada gambaran tentang macam macam manual brew ??? dan masih banyak lagi manual brew, yang Bung_Coffee belum pelajari. nanti tulisan saya selanjut nya.

Salam Sruput,
Bung_Coffee. IG: ADRIANUSTAN

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


1 Comment

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus