Translate »

Menyusuri 7 Kuliner Jogja Andalan Mahasiswa yang Ramah di Kantong

 

foto:yusriyahs.blogspot.com - angkringan gareng petruk

foto:yusriyahs.blogspot.com – angkringan gareng petruk

Jogja terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan.”

Joko Pinurbo

Siapa pun yang pernah menetap di Jogja untuk waktu lama, pasti mengamini kalimat tersohor dari sastrawan Indonesia ini. Apalagi, mereka yang pernah menyandang status mahasiswa di Kota Pelajar. Jogja selalu menjadi rumah bagi para penghuninya. Meski bukan asli Jogja, tetapi kata ‘pulang’ lebih nyaman digunakan saat ingin berkunjung kembali ke sini.

Kira-kira apa yang membuat mereka selalu ingin kembali lagi ke Jogja? Pertama, suasana kota Jogja yang adem ayem. Di sini segala sesuatunya berjalan melambat. Alon alon waton kelakon, karena mereka yakin, setiap hal itu harus dinikmati, diresapi hingga mendalam, dan dijalani dengan sepenuh hati.

Kedua, ragam makanan dan minuman enak dengan harga bersahabat untuk mahasiswa. Sudah lama kota ini dikenal sebagai kota yang memiliki biaya hidup murah, apalagi urusan perut. Segala macam menu bisa ditemukan di kota ini, mulai dari kuliner ala Jogja, Jawa, Sunda, Makassar, Banjar, Palembang, hingga Korea, Jepang, Thailand, dan western food.

Jika Anda singgah ke Jogja, sempatkan diri untuk bertualang rasa ala mahasiswa. Meski harga mahasiswa, soal rasa dijamin enak. Hanya di Jogja Anda bisa menemukan makanan murah meriah dengan rasa yang menggoyang lidah. Berikut ini rekomendasi 7 kuliner Jogja andalan mahasiswa yang ramah di kantong.

1.     Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum merupakan sebuah warung tenda memanjang yang menempati sebidang lahan tidak begitu luas di pinggir jalan. Menu yang ditawarkan merupakan menu rumahan. Untuk lauk utama, tentu saja ayam krispi. Selain itu, ada pula tempe, tahu, telur, dan berbagai pilihan sayuran yang dapat melengkapi piring Anda.

Anda bisa mengambil sendiri nasi, lauk, dan sayuran dalam satu piring rotan beralaskan kertas minyak. Kemudian, bawa piring berisi ayam geprek itu ke pelayan yang sudah menanti dengan ulekan dan cobek besar. Ia akan menghancurkan ayam Anda dan menguleknya bersama racikan sambal. Anda bisa memilih berapa cabai rawit yang diinginkan.

Total Anda hanya merogoh kocek Rp15.000 – Rp20.000 untuk satu porsi nasi lengkap dan minum. Meski murah, dijamin Anda kekenyangan dan tidak bisa move on dari pedas dan gurihnya ayam geprek ini.

Ayam Geprek Bu Rum bisa Anda kunjungi di Jalan Wulung Lor, Papringan, berjarak sekitar 5 km dari pusat kota.

2.     Angkringan Gareng Petruk

Angkringan selalu menjadi pemadam kelaparan mahasiswa Jogja. Seperti Angkringan Gareng Petruk. Menu andalannya tentu saja nasi kucing dengan beragam pilihan rasa. Beberapa yang populer antara lain nasi oseng ayam, nasi ayam bumbu bali, dan nasi uduk spesial.

Selain itu, berbagai sate seperti sate sosis dan sate kerang juga siap melengkapi nasi kucing pilihan Anda. Variasi menu ini membuat Angkringan Gareng Petruk berbeda dari angkringan lain. Tak heran, warung kaki lima ini pun tidak pernah sepi pembeli.

Satu porsi nasi kucing dibanderol dengan harga Rp3.000 – Rp3.500. Untuk sate atau jajanan lainnya di kisaran Rp3.000 per potong. Minuman harganya juga masih di bawah Rp5.000. Bisa habis berapa jika makan di sini? Tergantung berapa banyak jenis makanan yang Anda ambil.

Angkringan ini bisa Anda jumpai di Jl. Mangkubumi/Jl. Margo Utomo sebelum Stasiun Tugu Jogja.

3.     Mister Burger

Tanyakan pada mahasiswa Jogja, apa menu burger favorit mereka? Jawabannya pasti bukan burger resto cepat saji terkenal, melainkan Mister Burger. Berdiri sejak tahun 1995 di Holland Beliving Building, burger ini bukanlah burger ‘kampung’ biasa yang menggunakan daging burger beku sebagai patty-nya.

Malah, Mister Burger layak menyandang status burger premium karena daging burger yang disajikan benar-benar juicy dan lezat. Roti burgernya juga empuk, menyatu dengan olesan saus sambal dan mayones. Saat melahapnya, hmm… Anda pasti enggan berbagi dengan siapa pun. Jangan lupa cicipi onion ring Mister Burger yang krispi di luar dan lembut di dalam. Untuk harga Rp12.500 – Rp18.500 per porsi, Anda akan mendapatkan rasa yang luar biasa.

Gerai Mister Burger di Jalan Jenderal Sudirman, tidak jauh dari Gramedia Sudirman, bisa Anda kunjungi 24 jam. Artinya, Anda tahu harus ke mana saat kelaparan di tengah malam.

4.     Parsley

Kalau yang satu ini andalan mahasiswa Jogja untuk mengajak pacar kencan atau nongkrong seru bersama teman-teman. Hadir dengan tiga restoran, dua bakery shop, dan dua food service, Parsley mengadopsi cita rasa modern dari berbagai kuliner Indonesia, Cina, Korea, dan Barat. Perpaduan konsep ini tentu memberikan Anda lebih banyak pilihan untuk bersantap. Anda bisa mengunjungi Parsley kapan saja: brunch, makan siang, camilan sore, atau makan malam.

Menu andalan Parsley adalah gulai iga. Dihidangkan bersama nasi, acar, dan emping, makanan berkuah ini terasa segar. Bumbu gulai sangat pas dan menggoyang lidah serta meresap hingga ke dalam iga. Menu favorit lainnya Bebek Peking yang masih belum ada duanya di Jogja. Dengan daging empuk dan tebal, setengah porsi masakan khas Cina ini bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Dengan harga yang cukup ramah di kantong, Anda bisa mengunjungi Parsley Bakery & Resto di tiga lokasi berikut ini.

  • Jalan Kaliurang Km 5,3
  • Jalan Laksda Adisucipto Km 6
  • Jalan Seturan Raya.

5.     Phuket

Ingin mencoba kuliner khas Thailand dengan harga bersahabat di Jogja? Phuket adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Mengusung titel “Warung Makan Khas Thailand,” Anda bisa menemukan berbagai masakan Negeri Gajah Putih di sini.

Tom Yam Goong jelas menjadi favorit pelanggan Phuket. Perpaduan rasa asam dan segar dari kuahnya meluncur mulus ke perut. Isian sopnya juga gurih dan nikmat menggoda selera. Anda juga harus mencicipi roti naan yang tidak terlalu manis, tetapi memanjakan lidah. Lengkapi santapan Anda dengan menyeruput segarnya es Thai Tea atau jus kedondong.

Dengan kisaran harga makanan per porsi Rp8.500 – Rp40.000 dan minuman Rp3.000 – Rp20.000, Anda bisa makan kenyang dan puas di sini. Tenang saja, semua menu yang disajikan halal. Restoran dengan plang warna kuning terang ini terletak di beberapa lokasi strategis di Jogja. Anda bisa menemukan Phuket di:

  • Jalan Dr. Wahidin No. 8
  • Jalan HOS. Cokroaminoto No. 240
  • Jalan Demangan Baru No. 4
  • Jalan Tamansiswa No. 18

6.     Tempo Gelato

Pecinta es krim  wajib datang ke Il Tempo Del Gelato saat berkunjung ke Jogja. Tempat berkumpul favorit mahasiswa Jogja ini tampak kecil dari luar. Namun, di bagian dalam, tersedia banyak tempat duduk yang bisa dipakai bersama teman atau keluarga.

Pilihan rasa yang ditawarkan Tempo Gelato sangat beragam. Dibuat segar setiap hari dengan resep keluarga, gelato ini berbahan dasar alami tanpa zat tambahan buatan. Desain bangunan yang unik juga menjadi daya tarik Tempo Gelato. Ada lebih dari 50 rasa es krim yang bisa memuaskan dahaga Anda di tengah panasnya cuaca Jogja. Beberapa rasa unik yang bisa Anda cicipi adalah rasa serai, jahe, kayu manis, dan serai.

Harga yang dibanderol tentu saja bersahabat. Anda bisa memilih ingin menggunakan cup atau co.ne. Untuk cone dengan dua varian rasa, Anda harus merogoh Rp25.000. Untuk cup, harganya bervariasi tergantung ukuran dari Rp20.000 s.d. Rp115.000.

Tempo Gelato bisa Anda jumpai di Jalan Prawirotaman dan Jalan Kaliurang.

7.     Tombo Ngelak

Salah satu kafe kekinian yang mengandalkan minuman segar adalah Tombo Ngelak. Minuman segar yang disajikan terinspirasi dari minuman kondang asal Taiwan, bubble milk tea. Pastinya cocok untuk mengusir dahaga yang menyerang setelah menjelajahi Jogja.

Menu favorit di sini adalah bubble waffle dengan taburan potongan ayam krispi serta hiasan saus tomat dan mayonaise. Rasa gurih topping ayam menghadirkan cita rasa berbeda di atas waffle yang umumnya disajikan manis. Untuk minuman dingin, wajib coba rainbow dessert. Empat macam topping plus es krim vanila dalam satu mangkuk cocok untuk Anda pecinta rasa manis dan segar.

Kisaran harganya pun terjangkau, Rp12.000 – Rp25.000 untuk setiap jenis makanan dan minuman. Anda bisa mengunjungi Tombo Ngelak di:

  • Jalan Bougenvile Klebengan, utara Fakultas Peternakan UGM
  • Jalan Malioboro, depan Hamzah Batik
  • Jalan DI Pandjaitan, Gading

Nah, itulah 7 kuliner Jogja andalan mahasiswa yang ramah di kantong. Sekarang percaya kan, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk makan dan minum di sini. Daftar tempat makan ala mahasiswa ini tentu akan membantu Anda saat berwisata di Jogja. Hati senang, perut kenyang, dan dompet pun aman!

Tips Menemukan Lokasi Kuliner Andalan Mahasiswa di Jogja

Memandang tempat makan enak dari kacamata wisatawan dan penduduk lokal seperti mahasiswa tentu berbeda. Kadang beberapa tempat makan murah lagi enak  sulit Anda temukan. Apalagi, Anda juga tidak familier dengan jalanan di kota tersebut. Untuk membantu Anda menemukan lokasi kuliner andalan mahasiswa di Jogja, tips berikut ini bisa Anda lakukan.

Rajin menjelajahi blog para traveler blogger

Para traveler blogger biasanya memberikan rekomendasi tempat makan lokal yang enak sekaligus murah. Anda bisa memperoleh informasi komplit dari mereka, sambil mendata tempat makan mana saja yang wajib Anda kunjungi ketika berwisata ke Jogja. Review yang jujur dan akurat jadi poin lebih dari para traveler blogger ini. Anda pun dapat mengandalkan informasi tersebut sebagai panduan wisata kuliner.

Cari informasi dari aplikasi terpercaya

Sebagai traveler, Anda pasti memanfaatkan beragam aplikasi traveling untuk kebutuhan berwisata Anda, termasuk dalam mencari tempat kuliner lokal di Jogja. Salah satu aplikasi yang bisa Anda pakai adalah Traveloka Eats. Ini merupakan sub-kategori paling baru dari Traveloka, yang lebih dulu dikenal sebagai penyedia layanan pemesanan hotel dan tiket pesawat.

Di Traveloka Eats Anda akan menemukan informasi rinci dan akurat seputar tempat kuliner di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jogja tentunya. Selain itu, Anda juga bisa membaca ulasan lengkap dan rating setiap tempat makan pilihan. Anda pun bisa menemukan tempat makan lokal dengan harga pas yang tidak melebihi budget makan harian selama traveling.

Nilai plus lain adalah Anda akan menemukan banyak promo dan penawaran khusus yang bisa Anda pakai untuk menikmati hidangan di restoran terpilih di seluruh penjuru Indonesia.

Minta rekomendasi kenalan Anda

Sebagai destinasi wisata populer, pasti banyak kenalan Anda yang sudah pernah berkunjung ke Jogja atau malah pernah menimba ilmu di sana. Rekomendasi mereka boleh jadi akan membawa Anda ke tempat makan lokal yang mungkin masih tersembunyi atau belum dikenal banyak orang.

Jadi, siap berburu kuliner murah meriah tapi lezat di Jogja?

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

class="now"