Translate »

Nihiwatu Resort Sumba, Hotel Terbaik Tahun 2016

Pics: http://simplyvacations.in/

Apakah Anda tahu dimana letak hotel terbaik tahun 2016? Bukan di London, bukan di New York, bukan pula di Hawaii yang terkenal dengan pantainya. Majalah Travel+Leisure pada awal Juli tahun 2016 menentukan bahwa hotel terbaik 2016 atau “World’s Best Travel Awards 2016” adalah Nihiwatu Resort.

Nihiwatu Resort adalah hotel terbaik 2016 yang terletak di pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini tentunya menjadi kebanggan yang besar bagi Indonesia, terutama bagi Nusa Tenggara Timur itu sendiri.

Nihiwatu mengalahkan deretan hotel terkenal di AS, Selandia Baru, Australia, serta Ekuador dan Chile.

Nihiwatu Resort terletak di Sumba yang hanya memiliki sekitar 650.000 penduduk lokal yang masih hidup dengan cara tradisional dan percaya pada ritual-ritual. Namun dengan adanya resort ini, masyarakat disana juga berkesempatan untuk berkerja di hotel ini. Pengelola Nihiwatu Resort mengklaim bahwa saat ini 90 persen pekerja mereka adalah masyarakat setempat. Tentu ini menjadi berita yang baik, karena resort ini secara langsung membangun perekonomian masyarakat sekitar.

Pics: http://assets.kompas.com/

Bupati Sumba Barat, Agustinus Niga Dapawole saat acara jumpa pers ‘Nihiwatu Resort Terpilih Sebagai Hotel Terbaik Dunia’ di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata, Jakarta, Senin (18/7/2016) mengatakan “sebanyakan 400 orang karyawan di Nihiwatu adalah karyawan lokal yang sekarang tingkat hidup mereka lebih baik dari hari kemarin.”

Menurut Bupati Agustinus, Nihiwatu memberikan penghargaan yang tinggi terhadap pekerjanya. Komunikasi dan hubungan antara manajemen dengan pekerjanya berjalan dengan baik dan harmonis. Oleh karena itu, suasana Nihiwatu begitu terbuka, begitu kekeluargaan serta tidak ada yang membeda-bedakan disana, karena antara yang bekerja di sana dengak pihak manajemennya sama.

Pekerja disana mendapatkan upah melebihi UMR, oleh karena itu pekerja disana yang mayoritas adalah penduduk asli mendapatkan kehidupan yang lebih layak dari sebelumnya. Disamping itu, manajemen Nihiwatu membayar wajib pajak daerah sebesar Rp 1,8 miliar.

Nihiwatu pada awalnya hanyalah sebuah pondok para selancar sebelum kemudian di beli oleh seorang self-made fashion bilionaire, Chris Burch dan bekerja sama dengan James McBride empat tahun yang lalu dan merubah tempat ini menjadi Nihiwatu Resort.

Pics: http://www.telegraph.co.uk/

Untuk bisa menginap di Nihiwatu Resort ini, Anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam karena harga per malamnya dimulai dari 650 dollar AS (Rp 8,5 juta) untuk One Bedroom Villa sampai 12.000 dollar AS (Rp 157 juta) untuk Five Bedroom Estate.

Namun disaat high season yang jatuh pada Juni-Oktober dan Desember-Januari, harganya bisa naik hingga dua kali lipat.

Pics: http://www.luxuriousmagazine.com/

Meskipun begitu, tak sedikit wisatawan yang mau menghabiskan budget sebesar itu karena Nihiwatu Resort memberikan kenyamanan dan kemewahan dengan fasilitas-fasilitas kelas dunia serta makanan yang di masak oleh chef terkenal dunia. Disaat yang bersamaan, Nihiwatu secara langsung membantu komunitas dan penduduk lokal Sumba itu sendiri.

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati keindahan Nihiwatu Resort, hotel terbaik di tahun 2016 dan sekaligus membantu perekonomian penduduk lokal disana?

Source: tribunnews.com

facebooktwittergoogle_plus

Related Articles

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus