Translate »

Nikmati Secangkir Kopi Hangat

hot_coffee_cup_image1

Pics: https://blog.anketolog.ru

Rasa merupakan hal yang memanjakan lidah. Begitu juga halnya ketika Anda menikmati secangkir kopi di waktu pagi ataupun sore hari. Kopi memiliki banyak rasa di dalamnya, di antaranya rasa manis, pahit, dan asam. Rasa inilah yang menjadikannya nikmat dan lezat. Semua rasa ini berpadu dan menghasilkan secangkir kopi yang nikmat.

Namun pernahkan Anda mengalami kopi yang kurang panas terkadang memiliki rasa yang kurang enak, seperti rasa asamnya terasa lebih dominan dan membuat Anda cepat kembung?  Rasa secangkir kopi ketika sudah berkurang kadar panas airnya, akan terasa kurang enak.

Indera perasa sangat berpengaruh dan sensitif terhadap suhu, sehingga jika suhu kopi semakin berkurang, lidah akan dengan mudah mendeteksi rasa asam pada kopi tersebut. Inilah mengapa rasa asam pada kopi akan membuat rasa kopi menjadi kurang nikmat ketika mulai dingin.

Peneliti dari Laboratory of Ion Channel Research di Kuba menemukan bahwa reseptor dalam lidah kita lebih sensitif terhadap molekul makanan yang sesuai dengan suhu ruangan (20-35 C). Artinya, makanan yang lebih panas atau lebih dingin dari suhu tersebut tidak terdeteksi oleh indera pengecap. Karenanya, kopi panas terasa tidak begitu pahit dan asam, namun sebaliknya menjadi lebih nikmat.

Pics: http://dailycoffeenews.com

Selain itu suhu kopi yang panas akan membuat aroma kopi meruat dengan sempurna, sehingga dapat membuat aroma penciuman Anda sejenak melupakan rasa asam dan pahit pada kopi. Permainan rasa dan aroma pada kopi ini dipengaruhi oleh suhu. Jadi bagi Anda pecinta kopi, agar pengalaman ngopi Anda semakin berkesan, nikmatilah di waktu panas.

Selamat beraktivitas dengan secangkir kopi panas.

Sumber: Berbagai sumber

facebooktwittergoogle_plus
Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus