Translate »

Pakai Alumunium Foil Saat Memanggang, Berbahayakah?

Pics: http://55945d5f29d2776ad161-0197fd9e624e97b97827ca91c240c05f.r11.cf1.rackcdn.com/prev/papas_al_horno_0.jpg

Apabila Anda ingin membuat makanan dengan cara memanggangnya ataupun lewat oven pasti Anda akan takut bahwa makanan tersebut akan menjadi lengket dengan alasnya.

Oleh karena itu kebanyakan Anda akan menggunakan alumunium foil sebagai alasnya  karena bahan alumunium foil berfungsi mencegahnya makanan menjadi lengket atau menempel dengan alasnya. Selain itu, alumunium foil juga bisa menambah aroma yang khas dan harum pada makanan setelah dipanggang.

Namun untuk Anda penggemar makanan yang dipanggang, mulai sekarang tinggalkanlah memakan makanan yang dipanggang menggunakan alumunium foil saat ini! Anda ingin tahu mengapa alumunium foil bisa berdampak buruk pada tubuh? Berikut penjelasannya:

Pics: https://pixabay.com

Kebanyakan orang menggunakan alumunium foil akan sangat membantu memasak khusunya dalam memanggang. Memanggang bahan makananan yang panas akan membuat lengket seperti pada ikan dan daging, tentu alumunium bisa mencegah menempelnya makanan pada alas karena bahan tersebut menjadi lengket.

Tapi apakah Anda tahu bahan dari alumunium foil? Ya, itu adalah logam. Logam yang terdapat dalam alumunium foil dapat masuk ke dalam makanan disaat dipanggang dan masuk kedalam tubuh bersama makanan yang dimakan.

Tentu sangat tidak baik bagi tubuh bila sampai terkonsumsi. Akibat dari memakan logam dapat memberikan penyakit yang serius bagi tubuh, seperti penyakit Alzheimer dan Osteoporosis. Selain itu studi juga mengatakan bahwa paparan konsumsi logam juga bisa menimbulkan akibat yang berbahaya seperti gagal ginjal.

Pics: http://www.calgarycmmc.com/

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa hanya 40kg logam lah yang masih aman untuk di konsumsi. Diatas 40kg, Organisasi Kesehatan Dunia melarang hal tersebut sebab dapat menimbulkan penyakit-penyakit seperti sudah disebutkan diatas.

Berdasarkan para peneliti di American University of Sharjah, makanan yang dimasak menggunakan alumunium foil bisa mengandung logam 6 kali lebih banyak dari jumlah yang disarankan.

Selain itu, apabila Anda menambahkan bahan asam, seperti lemon dan saus tomat saat memanggang, kandungan logam yang berada di alumunium foil akan semakin banyak yang diserap dan masuk ke makanan.

Sedangkan, jika menggunakan alkohol dan garam, maka tidak akan banyak menyerap logam saat memanggang menggunakan alumunium foil.

Oleh karena itu untuk menghindari penyakit diatas yang bisa disebabkan oleh makanan yang dipanggang, hindarilah memakan  makanan yang di panggang menggunakan alumunium foil! Tentu ini demi kesehatan Anda dan menghindari datangnya berbagai penyakit di masa depan.

Pics: http://cdn-2.tstatic.net/

Source: tribunnews.com

facebooktwittergoogle_plus

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *



facebooktwittergoogle_plus